Sponsors Link

Kenapa Anak Demam Tapi Tetap Aktif? Ini Penjelasannya

Sponsors Link

Demam adalah suatu kondisi dimana suhu tubuh manusia berada diatas batas normal suhu tubuh. Demam bisa menyerang siapa saja baik orang dewasa maupun anak anak. Apabila anak anak mengalami demam, tentu kita sebagai orang tua akan panik. Terlebih apabila anak anak yang demam mengalami penurunan nafsu makan yang akan membuat mereka jadi lebih lambat sembuhnya.

ads

Namun, ternyata tidak semua demam itu adalah penyakit serius. Dikatakan oleh David Hornik seorang dokter anak di klinik Cleveand tidak semua demam itu berbahaya, banyak orang tua yang berpikir bahwa demam hanya bisa terjadi karena disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri, pada kenyataannya demam bisa disebabkan ketika sistem kekebalan tubuh anak anda sedang melawan kuman kuman dalam tubuhnya. Kuman tidak suka suhu yang lebih tinggi. Itulah sebabnya tubuh Anda akan mengirim hormon untuk meningkatkan panas setiap kali melawan infeksi. Baca juga mengenai cara mengatasi anak demam menggigil di malam hari

Menurut dokter anak ini, demam memang bisa tidak bersahabat, namun demam bukanlah musuh. Apabila anak anda masih bisa melakukan berbagai kegiatan dan masih sangat aktif, anda tidak perlu khawatir dengan demam yang dirasakannya. Bisa jadi kala itu sistem imunitas anak anda sedang bekerja untuk melawan kuman kuman yang akan menyebabkan penyakit.

Wajar jika sebagai orang tua khawatir apabila sang anak mengalami demam terlebih demam dalam waktu yang lama. Namun, ternyata demam tidak selalu menakutkan. Kali ini kami akan membahas mitos dan kebenaran tentang demam. Ini dia mitos mitos yang sering berkembang mengenai demam pada anak anak:

  • Semakin tinggi suhu tubuh semakin serius penyakit yang diderita anak

Faktanya, suhu tinggi dapat mengindikasikan penyakit serius pada remaja dan dewasa, tetapi tidak pada anak-anak yang berusia 12 tahun ke bawah. Sistem kekebalan anak tidak seimbang, sehingga sistem imun akan menyerang setiap kuman dengan kekuatan penuh.

Seperti disinggung sebelumnya, kuman tidak suka dengan kondisi suhu tubuh yang tinggi. Itulah sebabnya anak-anak bisa menderita demam tinggi karena pilek sederhana sementara orang dewasa biasanya tidak. Dan hal ini juga yang menyebabkan anak anak masih bisa aktif meskipun saat demam. Untuk mengatasinya, berikan ibuprofen pada anak anda tentunya dengan dosis yang tepat.

  • Termometer Rektal adalah yang terbaik

Faktanya, mengukur suhu tubuh anak tidak harus selalu menggunakan metode ataupun termometer rektal. Suhu rektal adalah perhitungan suhu tubuh yang paling akurat dan sering digunakan pada bayi dan anak anak dibawah satu tahun. Namun, ternyata menggunakan metode oral juga tidak kalah pentingnya meskipun anak anak sampai usia 4 tahun tidak bisa memegang termometer dibawah lidah mereka sendiri.

  • Mengukur suhu tubuh dari dahi dan telinga memiliki keakuratan yang sama dengan termometer digital

Saat anak anda sakit, anda menggunakan termometer telinga dan memegang suhu tubuh anak anda melalui dahi untuk mengetahui apakah mereka mengalami demam atau tidak. Nyatanya, menggunakan metode tersebut tidak seakurat dengan menggunakan termometer digital yang dapat menunjukkan secara pasti suhu tubuh anak anda. Apabila anda memakai termometer dot ataupun strip, tentu anda bisa saja salah membaca suhu tubuh anak anda. Banyak dokter anak yang menyarankan setiap keluarga memiliki termometer digital. Baca juga mengenai ciri-ciri demam biasa.

  • Demam dapat menimbulkan kejang

Banyak orang tua yang mengangggap bahwa kejang dapat diakibatkan oleh demam, faktanya hanya sekitar 4% demam yang berpotensi dan berujung pada kejangg kejang. Kejang demam tidak menyerang semua anak hanya anak anak dengan kondisi kesehatan tertentu yang rentan mengalami kondisi ini. Sementara itu, kondisi anak yang sering kejang saat mengalami demam bisa hilang saat mereka beranjak dewasa.

Sponsors Link

  • Anak yang demam harus disembuhkan dengan antibiotik

Ketika anak demam kita langsung memberikan antibiotik agar pertahanan tubuh mereka lebih kuat dan demam cepat selesai. Padahal demam bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri, jika memang demam disebabkan oleh bakteri maka antibiotik diperlukan namun jika disebabkan oleh virus, maka antibiotik tidak diperlukan.

  • Badan anak hangat berarti demam

Tidak semua kasus badan anak anda demam lalu anda mereka mengalami demam. Demam adalah kondisi dimana tubuh manusia berada diatas suhu tubuh normal, bagi anak anak jika kondisi tubuh mereka berada diatas 37 derajat celcius maka mereka demam, jika tidak maka kondisi badan hangat tersebut bukan disebabkan oleh demam.

Jadi, demam bukanlah suatu musuh yang besar ya bagi anak anak. Terkadang, tubuh mereka harus melawan kuman kuman dengan mengatur suhu tubuh lebih tinggi. Kuman-kuman dalam tubuh akan mati bila suhu tubuh tinggi. Itu sebabnya anak anak masih bisa aktif meskipun mengalami demam.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab