Sponsors Link

Aturan Mandi Ketika Demam yang Harus Dipatuhi

Sponsors Link

Pertanyaan yang sering diajukan banyak orang diantaranya adalah apakah sebenarnya mandi ketika demam masih diperbolehkan?. Banyak orang yang ragu untuk mandi ketika demam sebab khawatir bisa memperburuk kondisi demam. Lalu, bagaimana jawaban dari para dokter dan bagaimana aturan mandi ketika demam yang paling benar?, simak jawaban selengkapnya berikut ini.

ads

Kondisi Tubuh Saat Demam

Demam panas sebetulnya bukan sebuah penyakit namun merupakan gejala umum dari begitu banyak penyakit penyebab demam. Gejala demam terlihat dari suhu tubuh yang meningkat melebihi suhu tubuh normal manusia, sakit kepala, badan lemas, menggigil dan disertai juga dengan nyeri sendi atau otot.

Gejala demam merupakan hasil dari proses peradangan yang terjadi di dalam tubuh ketika sistem imun berjuan melawan infeksi. Proses peradangan tersebut yang kemudian melepaskan senyawa kimia khusus lalu akan dibawa ke hipotalamus melalui aliran darah. Hipotalamus sendiri merupakan struktur pada otak yang berguna untuk mengatur suhu tubuh.

Di hipotalamus, senyawa kimia akan meningkatkan suhu tubuh lebih panas atau tinggi. Oleh karena senyawa tersebut, tubuh keliru dan beranggapan jika suhu tubuh yang normal adalah suhu yang panas sehingga akhirnya menyebabkan seseorang terkena demam.

Untuk bayi dan anak anak, demam umumnya terjadi ketika suhu tubuh sudah melebihi 37 derajat celcius. Sedangkan orang dewasa bisa dikatakan terkena demam ketika suhu tubuh sudah sampai 38 atau 39 derajat celcius.

Aturan Mandi Ketika Demam

Sebenarnya, seseorang yang sedang mengalami gejala demam masih diizinkan untuk mandi sebab mandi tidak berhubungan dengan proses demam yang terjadi. Bahkan jika memang mungkin, penderita demam disarankan untuk mandi dua kali sehari agar kebersihan tubuh bisa terjaga dengan baik. Selain itu, mandi saat sedang demam memang dianjurkan untuk menghindari penderita dari infeksi lainnya.

Namun, hal yang harus lebih diperhatikan adalah suhu airnya. Anda mungkin beranggapan jika suhu air yang dingin bisa memberi kenyamanan sebab tubuh dalam kondisi panas. Namun sebenarnya, dokter serta tenaga kesehatan seluruh dunia tidak pernah menyarankan seseorang untuk mandi memakai air dingin baik saat tubuh sedang sehat atau tidak sebab bisa memperburuk kondisi seseorang.

Tubuh yang panas pada saat demam merupakan hal alami yang memang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan diri. Sehingga ketika penderita mandi dengan air dingin, maka tubuh akan beranggapan jika hal ini merupakan ancaman terhadap proses melawan infeksi. Akhirnya, suhu tubuh akan semakin meningkat dan demam biasa yang terjadi semakin kronis sebab air dingin bekerja dengan cara menutup pori pori yang menghambat perpindahan suhu tubuh,

Selain itu, mandi air dingin juga bisa meningkatkan risiko suhu tubuh turun secara tiba tiba yang kemudian menyebabkan tubuh jadi menggigil sehingga sangat disarankan untuk mandi dengan air dingin ketika sedang sakit. 

Sponsors Link

Perawatan Diri Saat Demam

Jika sesudah mandi anda merasa tidak nyaman atau suhu tubuh yang semakin meningkat melebihi suhu normal tubuh manusia, maka anda bisa minum obat pereda rasa nyeri seperti ibuprofen, acetaminophen atau aspirin dengan dosis yang sesuai. Anda juga harus lebih berhati hati supaya tidak memakai lebih dari satu obat yang mengandung acetaminophen seperti obat untuk batuk dan pilek.

Segera juga hubungi dokter apabila demam yang anda alami tidak membaik melebihi waktu tiga hari dan suhu tubuh sudah mencapai 39 derajat celcius atau lebih supaya bisa segera mendapatkan penanganan ahli secepatnya sekaligus diobati hingga sembuh..

Dari ulasan diatas bisa diketahui jika mandi ketika tubuh sedang demam sebenarnya diperbolehkan sebab sebenarnya tidak ada hubungan antara mandi dengan proses terjadinya demam dan sebenarnya sangat dianjurkan untuk menjaga kebersihan tubuh penderita sehingga tidak menyebabkan penyakit lain timbul akibat kondisi tubuh yang tidak bersih.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup