Sponsors Link

Badan Dipijat Saat Panas, Boleh atau Tidak?

Sponsors Link

Kondisi pada saat badan panas atau demam terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman seperti tubuh yang pegal dan nyeri di seluruh bagian tubuh. Dalam beberapa kasus lain, demam juga bisa menyebabkan sensasi ngilu pada otot dan persendian sehingga banyak penderita yang mengatasi hal tersebut dengan cara dipijat. Akan tetapi, apakah sebenarnya badan dipijat saat panas memang boleh dilakukan dan tidak berbahaya?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads

Boleh Tidak Dipijat Saat Panas?

Menurut para pakar kesehatan, ketika seseorang sedang mengalami gejala demam atau suhu tubuh yang meningkatk terlalu tinggi, sebenarnya badan dipijat saat panas tidak dianjurkan sebab pijatan yang diberikan tidak boleh sembarangan. Meski tubuh terasa sakit, ngilu atau pegal, namun pijat bukanlah solusi terbaik yang bisa dilakukan.

Pada dasarnya, demam panas yang dialami seseorang adalah reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap inflamasi atau infeksi bakteri serta virus yang sedang menyerang tubuh. Tidak hanya bisa menyebabkan peredaran darah meningkat, namun suhu tubuh juga akan naik secara signifikan ditambah dengan penguapan cairan tubuh yang terjadi sangat cepat sehingga memicu dehidrasi.

Mungkin untuk sebagian orang, tujuan dari pijat adalah untuk melancarkan peredaran darah sekaligus membuat kondisi tubuh terasa lebih baik karena rasa nyeri di seluruh tubuh yang disebabkan karena demam biasa. Namun hal yang harus diingat, selama badan panas karena demam, maka aliran darah sebenarnya sedang meningkat dan cepat sehingga memijat tubuh hanya akan meningkatkan suhu tubuh menjadi lebih panas.

Efek buruk yang bisa terjadi ketika badan dipijat saat sedang demam adalah kejang demam yang teradi karena suhu tubuh terlalu panas dan aliran darah mengalir terlalu cepat. Untuk itu sebaiknya, ketika anda sedang mengalami demam, hindari memijat tubuh karena bisa menyebabkan hal berbahaya sebab suhu tubuh yang semakin meningkat. Selain itu, memijat tubuh saat sedang demam juga bisa menyebabkan efek buruk lainnya seperti:

  • Energi yang tersimpan di dalam tubuh akan terkuras.
  • Bisa menyebabkan dehidrasi.
  • Bisa menyebabkan pembuluh darah pecah.

Kapan Pijat Tidak Diperbolehkan?

Dari sebuah sumber, ada beberapa kondisi lain yang membuat pijatan sebaiknya tidak dilakukan sama sekali selain ketika tubuh sedang demam atau panas. Meski terkadang ketika sakit rasanya pijat akan memberikan kenyamanan, namun beberapa kondisi berikut ini hanya akan memperburuk kondisi kesehatan jika pijatan tetap dilakukan.

  • Hipertensi: Tekanan darah tinggi sangat rentan terhadap pembuluh darah yang pecah ketika dipijat terlalu keras. Namun untuk pijatan yang lembut masih bisa ditolerir dan aman. Namun jika terlalu keras memijat, maka hanya bisa menyebabkan pembuluh darah pecah.
  • Kanker: Penyebab kanker bisa terjadi lewat sistem limfatik yang ketika ditambah dengan pemijatan, maka aliran limfatik bisa meningkat dan membuat sel sel kanker semakin mudah menyebar dengan cepat.
  • Gangguan kulit: Ketika kulit sedang bermasalah seperti memar atau luka, maka pijatan di area kulit tersebut bisa menyebabkan kondisi luka pada kulit semakin parah sehingga sebaiknya dihindari.
  • Kerusakan tulang: Ketika ada tulang yang sedang rusak atau bermasalah, maka tidak dianjurkan untuk melakukan pemijatan. Meski pemijatan ringan bisa melancarkan aliran darah, namun jika teknik memijat yang dilakukan salah, maka bisa memperburuk kondisi tulang.
  • Varises: Selain demam, ketika sedang mengalami varises juga tidak diperbolehkan untuk dipijat khususnya jika pijatan dilakukan pada area varises secara langsung sebab bisa semakin buruk akibat pijatan yang diberikan tersebut.
  • Osteoporosis: Pengeroposan tulang yang juga sering disebut dengan osteoporosis bukanlah penyakit yang tidak boleh dianggap sepele. Sama seperti ketika sedang demam kronis, seseorang yang menderita osteoporosis juga sebaiknya tidak melakukan pemijatan karena kondisi tulang yang sudah rapuh bisa semakin membahayakan.

Dari ulasan di atas bisa dilihat jika meski pijatan bisa memberi rasa nyaman saat sedang demam atau menderita penyakit lain, namun sebaiknya jangan dilakukan sebab ada beberapa kondisi yang memang tidak diperbolehkan untuk dipijat sebab bisa membahayakan kondisi penderita.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup