Sponsors Link

Badan Menggigil Tiba-Tiba Saat Tidur (Ini Bahaya!!)

Sponsors Link

Penyakit atau terjadi sesuatu yang tidak normal pada tubuh tidak dapat diketahui kapan datangnya. Orang yang sebelumnya sehat, bisa tiba-tiba sakit beberapa menit atau jam setelahnya. Pada dasarnya kondisi tubuh seorang tidak terlihat dalam pandangan kasat mata.

ads

Mungkin beberapa orang pernah mengalami, ketika menjelang tidur sehat dan segar. Namun, ketika sedang terlelap badan menggigil tiba-tiba saat tidur. Sementara badan tidak demam panas dan tidak meriang. Apa yang terjadi?

Ada banyak penyebab badan menggigil tiba-tiba saat tidur. Penyebab tersebut diuraikan secara singkat di bawah ini.

1. Kelelahan

Tubuh yang kelelahan sebenarnya sangat memerlukan istirahat. Namun, terkadang terjadi sebaliknya. Karena fungsi organ tubuh tidak bekerja baik, maka Anda dapat kesulitan tidur. Insomnia, sering terbangun, sampai badan tiba-tiba menggigil. Ini menjadi suatu proses otak menyesuaikan diri dengan kondisi tubuh.

2. Kehamilan

Wanita yang sedang hamil.mengalami banyak perubahan dalam tubuhnya, khususnya perubahan hormon. Perubahan tersebut sangat mempengaruhi fisik. Ketika memasuki trimester ketiga, banyak wanita hamil yang sering  meriang saat hamil 9 bulan dan merasa kedinginan tiba-tiba saat tidur.

3. Stres

Bila hormon wanita hamil berubah secara alami, stres juga dapat mengubah hormon tubuh. Bahkan beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa stres menjadi sumber berbagai penyakit. Termasuk kondisi Anda mengalami stres cukup berat adalah merasa kedinginan tiba-tiba.

Menghindari stres dengan olah raga, terapi, dan berbagai langkah lain akan sangat baik bagi kesehatan.

4. Sirkulasi Darah Kurang Lancar

Peredaran darah yang lancar mempengaruhi suhu dalam tubuh. Sirkulasi yang lancar di antaranya karena metabolisme yang juga lancar serta tidak tersumbatnya peredaran darah karena lemak.

Orang yang gemuk seharusnya memiliki banyak lemak tetapi masih kedinginan tiba-tiba berarti ada penyumbatan di tubuhnya. Olah raga menjadi alternatif mengatasi yang alami.

5. Gangguan Hormon Tiroid

Hormon tiroid merupakan hormon yang berperan sangat penting dalam tubuh. Hormon ini mengatur sebagian besar fungsi organ. Kelebihan atau kekurangannya akan mengganggu keseimbangan dan menurunkan daya tahan. Akibatnya, Anda yang mengalaminya akan sangat mudah terserang demam infeksi dan menggigil tiba-tiba.

Sponsors Link

6. Usia

Tidak dapat dipungkiri bahwa semakin lanjut usia Anda berarti organ dan fungsinya akan semakin menurun. Lemak tubuh juga akan semakin berkurang. Akibatnya metabolisme, sistem peredaran darah, hormom dan kekekebalan tubuh akan berkurang. Tubuh yang demikian akan mudah sekali merasa kedinginan.

Olahraga dan konsumsi makanan bergizi menjadi cara terbaik untuk mengatasi segala macam keluhan di usia lanjut.

7. Penyakit Infeksi

Penyakit infeksi menjadi penyebab terbesar tubuh tiba-tiba kedinginan di malam hari. Di antara penyakit demam infeksi yang menyebabkan demam gigil di malam hari adalah demam tifus, demam malaria, demam infeksi saluran kemih, dan demam denggi berdarah.

Jika Anda dan orang di sekeliling mempunyai gejala jenis demam berbahaya di atas maka sebaiknya segera ke dokter.

ads

8. Penyakit Non Infeksi

Penyakit demam non infeksi juga dapat menyebabkan demam kedinginan. Yang termasuk demam non infeksi adalah demam pada kanker payudara, kista, dan demam pada penderita diabetes.

Penyakit di atas jika diketahui diderita harus mendapat perawatan intensif dari dokter.

9. Kurang Tidur atau Kurang Istirahat

Semua makhluk hidup sudah diciptakan sesuai dengan kondisi tubuhnya masing-masing. Ada waktu istirahat dan ada waktu aktif. Waktu istirahat yang kurang, begadang tanpa istirahat atau kurang tidur membuat keseimbangan tubuh terganggu. Otak bekerja terlalu keras. Akibatnya, sinyal suhu tubuh terganggu. Anda dapat menggigil kedinginan.

10. Kurang Makan

Terkadang Anda yang sibuk tidak memperhatikan waktu makan. Makan yang tidak teratur mengganggu kesehatan. Selain penyakit maag, kurang makan akan mempengaruhi metabolisme, sirkulasi darah, lalu Anda dapat kedinginan dan menggigil tiba-tiba.

11. Keracunan

Makan di malam hari dan keracunan dampaknya terasa saat tidur. Namun, gejala kedinginan karena keracunan dapat dicirikan dengan tambahan mual sampai muntah.

Jika Anda mengalami keracunan, atasi dengan minum segelas susu agar menetralisir racun. Setelah itu, segeralah ke dokter.

12. Digigit Serangga

Serangga bukan hanya menggelikan buat sebagian orang. Beberapa serangga mengeluarkan racun yang mempunyai efek berbeda-beda. Efek tersebut seperti beracun, membuat reaksi gatal, panas dingin, dan ada yang mematikan. Kedinginan karena gigitan serangga dapat dilihat dari benjolan yang mungkin ada di permukaan tubuh.

Untuk mencegah gigitan serangga yang demikian sebaiknya jagalah kebersihan khususnya karpet dan tempat tidur.

13. Terlalu Kurus

Badan yang terlalu kurus tidak ada lemak di bagian bawah kulitnya. Suhu luar yang masuk akan langsung mempengaruhi suhu tubuh. Selain itu, metabolisme tubuh yang menghasilkan panas tubuh juga sedikit. Tubuh akan mudah sekali kedinginan terutama di malam hari saat suhu udara memang menurun.

14. Menopause

Wanita pra menopause dan menopause akan mengalami perubahan hormon tubuh seperti orang hamil. Terkadang dapat merasakan kepanasan tiba-tiba atau hot flashes, sementara di lain waktu akan merasakan sebaliknya.

15. Udara Dingin

Malam hari saat tidur, suhu udara lingkungan cenderung turun. Apalagi jika musim dingin atau di musim penghujan di Indonesia. Jadi, wajar ketika badan menggigil tiba-tiba di malam hari. Ini dipengaruhi oleh beberapa kondisi lain yang telah disebutkan sebelumnya.

Sponsors Link

16. Konsumsi Obat

Penyebab terakhir yang mungkin menyebabkan menggigil kedinginan di malam hari adalah konsumsi obat tertentu. Obat anti serangan jantung dan obat kanker misalnya, akan mengubah susunan kimia otak dan berefek kedinginan bagi penggunanya.

Jika Anda mengalami menggigil setelah minum obat ini, sebaiknya ke dokter untuk konsultasi lebih lanjut.
Sekian 16 penyebab menggigil kedinginan tiba-tiba di malam hari. Mengetahui kondisi tubuh Anda adalah kunci dari segalanya.

Semoga bermanfaat. Salam sehat!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab