Sponsors Link

Badan Panas Kepala Pusing Perut Mual – Penyebab dan Tips Meredakannya

Sponsors Link

Sering kali masalah kesehatan seseorang mengalami penurunan yang drastis , hal ini di sebabkan oleh beberapa faktor. MulaI dari fakor makanan , faktor lingkungan dan lain sebagainya. Keseatan yang mengalami penurunan biasanya ditandai oleh gejala seperti badan panas kepala pusing perut mual. Hal tersebut bisa disebabkan adanya indikasi penyakit tertentu.

ads

Demam juga akan berdampak pada hal tersebut , beberapa jenis demam pastinya disebabkan oleh beberapa faktor tertentu seperti demam air mata keluar , demam akibat radang lambung , demam karena radang amandel , demam karena ambeien dan lain sebagainya. Demam demam tersebut akan menimbulkan dampak seperti badan panas kepala pusing perut mual , berikut mengenai penjelasannya.

Badan Panas Kepala Pusing Perut Mual

Badan panas kepala pusing perut mual kemungkinan merupakan bbagian dari gejala penyerta infeksi. Dimana saat seseorang terkena infeksi akan menimbulkan sakit kepala, mual, lemas, tidak enak badan nyeri otot maupun tulang, serta demam. Infeksi biasanya disebabkan oleh beberapa faktor seperti batuk pilek, radang tenggorokan serta disebabkan karena adanya demam berdarah.

Kondisi badan panas kepala pusig perut mual mungkin merupakan salah satu jenis demam. Dimana demam yang menyerang seseorang berbeda-beda tergantung pada faktor penyebab. Gejala demam malaria pada seseorang juga mengalami suhu badan panas, kepala pusing dan perut mual. Tidak hanya pada demam malaria gejala demam dengue , gejala demam berdarah pada bayi , gejala demam rematik dan lain sebagainya.

Saat seseorang mengalami badan panas sakit kepala dan derut mual maka akan mengakibatkan kesulitan atau terkena hambatan saat melakukan aktivitasnya sehari-hari. Hal tersebut sangat mengganggu sekali dan akan membuat seseorang tidak nyaman. Biasanya saat kondisi seperti ini memilih untuk istirahat total dan tidur.

Penyebab Badan Panas Kepala Pusing Perut Mual

Setiap kondisi yang abnormal pasti disebabkan oleh beberapa faktor penyebab Faktor penyebab tersebut juga menentukan tingkat keparahan dari kondisi tersebut. Berikut mengenai penyebab badan panas kepala pusing perut mual.

1. Hormon

Salah satu penyebab seseorang mengalami rasa pusing , badan panas , maupun mual adalah adanya perubahan hormon yang secara drastis. Biasanya sakit kepala dan mual akibat hormon terjadi pada perempuan.

Perubahan hormon ini terjadi biasanya dikarenakan siklus menstruasi, kehamilan, menopause atau penggunaan kontrasepsi hormon atau terapi penggantian hormon HRT. Selain itu perubahan hormon juga disebabkan oleh stress, saat stress akan menyebabkan sakit kepala dan mual. Hormon kortisol yang diproduksi ketika stress juga dapat mengganggu hormon-hormon lainnya. Badan terasa panas dingin mungkin juga disebabkan karena hormon yang tidak stabil. 

Sponsors Link

2. Infeksi

Infeksi merupakan suatu hal yang mampu membuat imunitas tubuh menurun , selain itu infeksi ini juga mampu menyerang sistem saraf pusat. Seperti otak dan susmsum tulang belakang yang mungkin akan menyebabkan mual dan muntah serta disertai nyeri kepala. Infeksi yang disebut bisa jadi meningitis ( peradangan pada membran yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang ).

selain itu infeksi juga bisa disebabkan adanya tanda adanya viral gastroenteritis (gastric flu ) dan infeksi saluran pernapasan. Demam yang tak kunjung sembuh pada anak mungkin juga dapat disebabkan adanya demam karena infeksi. 

ads

3. Trauma Pada Kepala

Seringkali trauma kepala menimbulkan rasa mual dan sakit kepala serta muntah . Namun trauma pada kepala ini terkadang tidak menimbulkan tanda-tanda atau gejala yang jelas dari cedera kepala. Saat seseorang trauma kepala banyak sekali hal-hal yang dirasakan seperti rasa sakit kepala yang mendalam.

Namun sering kali trauma kepala juga tidak disertai tanda dan gejala. Apabila merasakan badan panas serta kepala sakit segera melakukan konsultasi dengan dokter , untuk mengetahui lebih lanjut penyebab adanya kondisi tersebut. Kepala Kepala pusing badan panas lemas mungkin merupakan salah satu indikasi adanya trauma pada kepala.

4. Peradangan Telinga

Pada kondisi ini peradangan dapat menyebabka pusing atau vertigo erta dapat melemahkan keseimbangan tubuh seseorang. Selain itu juga dapat meyebabkan pendengaran lainnya seperti gangguan penyakit unilateral. Tak hanya itu , biasanya juga akan menimbulkan sakit kepala dan mual , hal ini dapat diidentifikasi sebagai adanya nyeri yang terjadi pada jauh pelipis.

5. Sakit Maag

Penyakit maag merupakan kondisi masalah tubuh yang sering kali dialami oleh seseorang. Penyakit maag merupakan kondisi pencernaan yang tidak stabil dimana asam lambung mengalami kenaikan yan signifikan. Maag biasanya disebabkan karena telat makan.  Gejala yang biasanya timbul antara lain demam atau badan panas, sakit kepala atau pusing , serta sakit perut yang terdiri dari perut mual dan ingin muntah. Efek demam tinggi pada penyakit maag juga akan mengakibatkan rasa mual yang hebat dan rasa sakit kepala yang hebat.

6. Penyakit Lainnya

Penyakit serius lainnya juga dapat menyebabkan seseorang mengalami badan panas , sakit kepala serta sakit perut. Penyakit penyakit serius seperti contohnya penyakit pada organ dalam atau penyakit yang disebabakan lesi pada saraf. Saat seseorang disertai dengan penyakit serius maka dibutuhkan dalam penanganan yang khusus.

Biasanya dalam penegakan diagnosis perlu berbagai pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan darah , pemeriksaan urine, ct scan. Pemeriksaan-pemeriksaan itu digunakan sebagai dasar dalam penegakan penentuan diagnosisi suatu penyakit yang akan mempengaruhi penanganan kondisi tersebut.

Tips Meredakan Badan Panas Kepala Pusing Perut Mual

Saat seseorang sedang merasakan sakit kepala , badan panas atau perut sakit ada beberapa penanganan yang biasa dilakukan . Berikut mengenai tipsnya dalam penanganan pertama yang bisa kita lakukan :

  • Kompres air hangat , bertujuan untuk menstabilkan suhu tubuh yng tidak stabil. Sebaiknya saat mengkompres ini haru segera dilakukan agar kondisi suhu tubuh cepat stabil dan tidak mengalami kenaikan.
  • Mengkonsumsi Obat , penurun panas , pereda rasa sakit kepala serta mengkonsumsi obat untuk mengatasi mual dari apotik terdekat. Apabila tidak ada perubahan maka dianjurkan untuk periksa ke dokter.
  • Cukupi Cairan , didalam tubuh untuk menstabilkan aliran darah serta kandungan cairan di dalam tubuh. Cairan sangat di butuhkan sekali untuk proses metabolisme tubuh guna menjaga sistem imunitas di dalam tubuh.
    Sponsors Link

  • Istirahat Cukup , saat sedang sakit digunakan untuk mengistirahatkan organ-organ dalam serta sel saraf.  Saat sedang tidur semua komponen yang ada didalam tubu sedng mengalami regenerasi dan mengganti sel sel yang rusak menjadi sel baru lagi.

Pada dasarnya setiap kondisi akan menimbulkan gejala-gejala berupa demam (badan panas) , sakit kepala , perut mual , nyeri pusing dan lain sebagainya. Untuk itu pentingnya penanganan yang cepat sangat diperlukan agar kondisinya tidak semakin parah. Segera melakukan konsultasi dengan dokter jika dalam keadaan darurat.

Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pra Demam