Sponsors Link

Bolehkah Menyalakan AC Pada Saat Anak Demam?

Sponsors Link

Pada anak anak, suhu tubuh normal mereka berada di kisaran 37.2 derajat celcius ketika diukur dari ketiak dan 37.8 derajat celcius ketika diukur dari mulut. Apabila anak anda mengalami suhu tubuh melewati batas normal ini, anak anda berarti mengalami demam. Anda harus mengukur suhu tubuh anak anda ketika anda memegang kening anak anda dan merasakan tubuhnya lebih hangat dari pada biasanya. Namun, jika anda ingin menggunakan termometer hindari termometer yang berisi carian merkuri ataupun air raksa, karena apabila pecah hal ini akan berbahaya bagi anak anak.

ads

Demam pada anak anak bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti virus flu atau bakteri yang menyerang pertahanan tubuh sang anak. Demam pada anak anak memang cukup sering terjadi. Berikut beberapa tanda dan gejala demam pada anak anak yang sering terjadi.

  • Mudah rewel dan menangis
  • Terlihat lebih lesu daripada biasanya
  • Nafsu makan berkurang
  • Bernafas dengan lebih cepat
  • Mengalami kejang
  • Kesulitan untuk tidur

Itulah beberapa tanda yang kemungkinan muncul ketika anak anda mengalami demam, meskipun bisa juga terjadi gejala-gejala lain yang tidak disebutkan diatas. Anak anak akan mudah terkena demam apabila mereka dekat dengan orang orang yang sakit, untuk itu ketika anda sakit sebisa mungkin anda menjauhi anak anak anda agar mereka tidak tertular.

Ketika anak anda sakit, anda pasti panik dan kebingungan bagaimana membuat anak anda sembuh kembali. Ada berbagai pertanyaan tentang hal apa saja yang boleh dan tidak boleh anda lakukan. Salah satunya ialah bolehkah anda menyalakan AC saat anak ana mengalami demam. Tubuh anak anda yang mengalami demam cenderung lebih mudah berkeringat dan merasa tidak nyaman dengan tubuhnya sendiri sehingga mereka tidak dapat tidur dengan nyaman.

Beberapa orang tua juga ada yang memakaikan anak anak mereka pakaian yang tebal dan berlapis lapis ketika anak anak sedang demam dan mematikan pendingin ruangan dengan maksud untuk membuat demam anak cepat turun, namun ternyata hal ini justru membuat anak anak semakin tidak nyaman.

Nyatanya, menggunakan pendingin ruangan tidak membuat kondisi tubuh anak semakin buruk, jadi jika anda ingin tetap menyalakan AC di kamar anak anda boleh boleh saja. Namun, anda tetap harus memerhatikan beberapa hal jika tetap ingin menyalakan AC di kamar anak anda yang sedang demam. Berikut ini ialah hal-hal yang harus anda perhatikan:

  • Mengatur suhu dengan baik

Hal pertama yang anda harus perhatikan ketika menyalakan AC di kamar anak anda yang demam ialah suhu AC kamar tersebut. Jangan nyalakan AC dengan suhu yang terlalu rendah karena akan membuat ruangan sangat dingin, pilihlah suhu ruangan yang sejuk sehingga anak anda dapat beristirahat dengan nyaman dan tenang.

  • Jangan Arahkan Hembusan Langsung ke Badan Anak

Ketika anda menyalakan AC pastikan bahwa arah hembusan angin AC tersebut tidak mengarah langsung ke badan anak anda. Karena angin ini bisa membuat anak anda mengalami masuk angin. Perhatikan juga besaran hembusan AC kamar anak anda jangan terlalu besar sehingga anak anda tidak terlalu terpapar hembusan AC.

  • Jaga Kebersihan AC

AC yang anda gunakan dikamar anak anda haruslah bersih dari kotoran, sarang debu maupun tungau. Ketika ac kotor, nantinya akan menyebabkan alergi pada anak anak dan justru akan memperburuk kondisi tubuh anak anda yang memang sedang demam. Untuk itu anda harus secara rutin untuk menghindari anak anak anda mengalami batuk, pilek dan penyakit lainnya yang bisa menganggu pernafasan anak anak.

Sponsors Link

  • Gunakan Timer

Dengan langkah aman menggunakan AC di kamar anak anda ialah dengan mengatur timer sehingga anak anda tidak terpapar AC terlalu lama. Ketika anak anda sudah nyaman dan tertidur dengan pulas, anda bisa mematikan AC kamar anak anda. Supaya lebih mudah anda bisa menggunakan timer dengan memperkirakan waktu berapa lama anak anda dapat tertidur.

Sebagai orang tua anda bisa melakukan berbagai cara dan upaya untuk membuat anak anda bisa lekas sembuh dari demam. Berikut ialah cara cara yang anda dapat lakukan.

  • Cek Suhu Tubuh Secara Teratur

Ketika anda memiliki anak kecil, barang yang harus anda miliki ialah termometer. Anda harus mengecek suhu tubuh anak anda secara berkala. Dengan suhu tubuh yang tidak normal anda bisa menentukan pengobatan yang tepat.

  • Mengompres dengan air suhu ruangan

Anda bisa membantu menurunkan demam si kecil dengan mengompres tubuhnya dengan air suhu ruangan. Gunakan air hangat untuk membersihkan tubuhnya ketika mereka tidak mau mandi.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika si kecil demam, menggunakan AC tidak ada salahnya apabila anda memperhatikan hal hal yang sudah dijelaskan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan