6 Buah Penurun Panas Dewasa yang Wajib Dikonsumsi

Sakit panas diare demam menggigil tentu rasanya tidak menyenangkan, sehingga jika badan terasa panas biasanya akan segera mencari obat yang tepat. Obat penurun panas sendiri bisa jadi alami dan bisa dari resep dokter. Untuk cara yang alami dapat dengan mengkonsumsi buah penurun panas dewasa.

Panas atau demam merupakan kondisi badan seseorang yang bekerja melawan infeksi virus ataupun penyakit. Sehingga ini merupakan  mekanisme alami tubuh untuk menyembuhkan diri dari serangan penyakit. Denga  buah penurun panas dewasa yang dijelaskan berikut ini, maka umumnya demam panas dapat mereda secara alami.

Penyebab

Adapun mengigau ketika demam dan panas biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

  • Infeksi virus yang menular dari hewan maupun dari sesama manusia yang terjangkit virus tersebut misalnya gejala demam berdarah;
  • Infeksi bakteri yang berasal dari lingkungan dan menular melalui makanan ataupun kotoran di sekitar kita misalnya gejala penyakit demam tifus;
  • Penyakit influenza yang umum terjadi akibat perubahan cuaca yang sangat ekstrim;
  • Berkurangnya daya tahan tubuh akibat kurang istirahat atau makanan makanan bergizi;
  • Dehidrasi yang disebabkan oleh kurang minum atau kurang memperoleh cairan tubuh yang cukup.

Gejala Dan Ciri

Adapun gejala panas atau demam biasanya meliputi beberapa gejala berikut ini:

  • Demam ringan selama beberapa hari yang tidak kunjung sembuh.
  • Rasa sakit di kepala yang cenderung nyeri dan pusing seperti vertigo.
  • Menggigil di tengah malam akibat demam dan kedinginan.
  • Dapat mengalami kejang demam hingga tidak sadarkan diri.
  • Gejala batuk pilek berupa batuk kering maupun batuk berdahak.
  • Merasa mual dan ingin muntah serta berkurangnya nafsu makan.
  • Rasa nyeri di perut yang dapat menimbulkan diare disertai demam pada dewasa.
  • Kelelahan yang membuat penderita selalu beristirahat.

Buah Penurun Panas Dewasa

Adapun untuk mengobati dan mencegah panas pada tubuh, dapat dilakukan dengan memberikan beberapa macam buah penurun panas dewasa berikut ini:

1. Labu Siam

Labu siam merupakan buah yang termasuk sayuran pula. Selain dingin di perut, buah ini juga dapat menyembuhkan demam. Oleh sebab itu buah labu siam cocok diberikan pada saat sedang mengalami gejala influenza.

2. Buah Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga dengan buah jeruk maka demam dapat sembuh secara alami dan tubuh menjadi lebih sehat.

3. Ketimun

Buah ketimun selain segar juga dingin di tubuh. Karena itu ketimun sangat bagus untuk menurunkan gejala macam-macam panas pada bayi yang meningkat. Selain itu ketimun juga kaya akan vitamin dan mineral yang membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

4. Semangka

Buah semangka selain mengandung vitamin juga mengandung banyak air. Oleh sebab itu cocok untuk mengatasi dehidrasi. Sehingga suhu tubuh dapat kembali normal dan tidak panas lagi.

5. Melon

Melon mengandung banyak vitamin dan air. Sehingga cocok untuk mengatasi mencret setelah panas tinggi dan demam yang tidak kunjung sembuh. Selain itu buah ini mudah untuk didapatkan.

6. Blewah

Buah blewah memang tidak mudah diperoleh karena sifatnya yang musiman. Namun buah ini berkhasiat menurunkan demam dan dapat meredakan suhu tubuh yang meningkat. Rasanya segar dan mendinginkan lambung sehingga cocok untuk penurun suhu badan dewasa yang meningkat.

Demikian penjelasan singkat mengenai buah penurun panas dewasa. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka sekarang tidak perlu khawatir berlebihan jika terserang demam menggigil di malam hari. Atasi dengan mengkonsumsi buah yang disarankan, maka demam panas akan segera kembali normal.