Sponsors Link

8 Cara Memeriksa Demam Tanpa Termometer Dengan Cara Mudah

Sponsors Link

Seseorang bisa dikatakan demam jika suhu tubuh meningkat dari kisaran normal yang bisa terjadi karena banyak jenis penyakit. Demam bisa dijadikan indikasi sesuatu yang tidak berbahaya dan serius berdasarkan dari penyebab dari demam tersebut. Cara terbaik untuk mengukur demam adalah dengan menggunakan termometer. Namun, jika anda tidak memiliki termometer di rumah, maka masih ada beberapa cara memeriksa demam tanpa termometer yang bisa dilakukan sehingga anda mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan pertolongan medis.

ads
  1. Periksa Leher dan Dahi

Cara memeriksa demam tanpa termometer yang pertama bisa dilakukan dengan cara memeriksa dahi dan leher penderita untuk mengetahui apakah area tersebut terasa lebih panas dari biasanya. Pakai punggung tangan anda sebab area tersebut lebih peka jika dibandingkan dengan area kulit yang lainnya. Hindari untuk memeriksa panas pada area tangan dan kaki karena umumnya akan terasa lebih dingin saat suhu tubuh sedang meningkat.

  1. Perhatikan Tanda Kemerahan

Demam berkepanjangan umumnya juga bisa menyebabkan area pipi penderita dan juga wajah berubah menjadi lebih merah dan ini bisa dilakukan untuk memeriksa apakah seseorang sedang mengalami demam atau tidak meski terkadang sangat sulit dilakukan jika penderita memiliki warna kulit yang lebih gelap.

  1. Perhatikan Tanda Lesu

Demam yang terjadi juga sering disertai dengan lesu atau kelelahan ekstrim seperti berbicara semakin lambat atau menolak untuk bangun dari tempat tidur merupakan salah satu gejala demam. Anak anak yang mengalami demam biasanya akan mengeluhkan gejala tersebut dan tidak mau bermain sekaligus kehilangan nafsu makan.

  1. Tanyakan Keluhan Sakit

Pegal yang terjadi pada otot atau area persendian juga umumnya terjadi bersamaan dengan beberapa jenis demam. Selain itu, sakit kepala juga sering dialami saat seseorang sedang demam. Hal ini bisa anda pertanyakan pada penderita untuk memastikan apakah orang tersebut sedang mengalami demam atau tidak.

  1. Perhatikan Tanda Dehidrasi

Pada saat seseorang mengalami demam, maka nantinya juga akan sangat mudah mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan yang juga bisa digunakan sebagai cara memeriksa demam tanpa termometer. Tanyakan pada penderita apakah merasa haus atau perhatikan jika bagian mulut terlihat kering. Selain itu, perhatikan juga warna urin yang berubah warna menjadi kuning agak gelap yang menjadi indikasi jika seseorang sedang mengalami demam dan juga dehidrasi. 

Sponsors Link

  1. Perhatikan Gejala Mual

Cara selanjutnya untuk mengetahui apakah seseorang sedang mengalami salah satu dari tipe demam adalah dengan melihat tanda atau gejala mual. Mual sendiri merupakan salah satu gejala utama dari demam dan juga beberapa jenis penyakit lain seperti flu. Perhatikan jika penderita mengalami gejala mual atau muntah serta selalu mengeluarkan makanan sesudah makan yang juga bisa menjadi pertanda dari demam.

  1. Perhatikan Tanda Menggigil dan Berkeringat

Karena suhu tubuh seseorang yang mengalami demam biasa selalu naik dan turun, maka umumnya penderita akan menggigil sekaligus merasa kedinginan bahkan saat orang lain dalam ruangan yang sama tetap merasa nyaman atau bahkan kepanasan. Penderita yang mengalami pergantian panas dan dingin tersebut bisa terjadi karena demam dan sudah cukup untuk dijadikan pertama jika seseorang sedang mengalami demam. 

Sponsors Link

  1. Mengalami Kejang

Kejang atau juga disebut dengan kejang demam merupakan gangguan yang terjadi sebelum atau pada saat seorang anak mengalami kenaikan suhu tubuh yang tinggi yang bahkan juga bisa disertai dengan halusinasi. Sekitar 1 dari 20 anak dibawah umur 5 tahun bisa mengalami kejang demam pada beberapa bagian atau titik. Meski terlihat mengerikan, namun kejang demam tersebut sebenarnya tidak akan menyebabkan kerusakan permanen pada tubuh anak yang juga bisa dijadikan pertanda jika anak anda sedang mengalami gejala demam.

Beberapa cara memeriksa demam tanpa termometer yang sudah kami berikan diatas bisa dijadikan solusi mudah dan praktis untuk mengetahui apakah anak atau orang terdekat anda sedang mengalami demam. Jika memang terbukti, maka segera lakukan langkah pengobatan tepat seperti pengobatan alami atau memberikan obat obatan untuk menurunkan demam sebelum komplikasi bisa terjadi dan bertambah parah.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan