Sponsors Link

7 Cara Mencegah Demam Q Dari Hewan Ternak

Sponsors Link

Demam Q bisa terjadi karena infeksi bakteri coxiella burnetti yakni infeksi dari hewan pada manusia. Seseorang yang mengalami demam Q ini akan memiliki beberapa gejala seperti flu yang parah. Tidak seperti jenis bakteri lainnya, coxiella burnetti ini tahan terhadap panas dan juga iklim kering dan bahkan tahan dengan disinfektan peralatan rumah tangga biasa. Bakteri ini merupakan jenis bakteri kuat yang bisa bertahan beberapa waktu tanpa ada perlindungan. Untuk cara mencegah demam Q ini sangat penting dilakukan khususnya saat berada di sekitar hewan yang bisa menjadi pembawa penyakit seperti cara cara pencegahan berikut ini.

ads
  1. Mencegah Infeksi Coxiella Burnetti

Coxiella burnetti diekskresikan dalam susu, urin dan juga kotoran dari hewan yang sudah terinfeksi. Beberapa jenis hewan ternak seperti sapi, domba dan juga kambing menjadi pembawa utama meski ada juga beberapa jenis hewan lain yang bisa menyebabkan gejala demam Q tersebut. Bakteri ini juga dikeluarkan dalam jumlah banyak lewat cairan ketuban dan juga plasenta hewan yang sedang melahirkan.

Jika anda memiliki pekerjaan di sekitar ternak termasuk pertanian, pekerja domba, pemerah susu atau dokter hewan serta pekerja pabrik pengolahan daging dan penelitian bisa meningkatkan risiko terkena gejala demam Q.

  1. Pakai Masker Bedah

Memakai masker bedah sangat penting untuk mencegah inhalasi bakteri yang menjadi cara mudah untuk menjaga udara yang terhirup saat bernapas. Maker bedah atau penutup hidung dan mulut lainnya harus digunakan terutama jika sedang berada di luar ruangan seperti lumbung, kandang atau terlibat dengan ternak.

  1. Waspada Cara Penularan Lain

Meski coxiella burnetti ini sebagian besar memang ditularkan dari pekerjaan yang berhubungan dengan hewan ternak dan kotoran ternak, masih ada beberapa cara transmisi bakteri yang harus diwaspadai. Manusia bisa tertular jenis demam Q ini lewat gigitan kutu jika kutu sudah terinfeksi dengan bakteri, melalui kontak dengan manusia yang terinfeksi dan juga karena minum susu yang tidak melewati proses pasteurisasi.

Untuk menghindari gigitan kutu, anda bisa memeriksa seluruh bagian tubuh khususnya ketiak dan selangkangan sesudah beraktivitas dengan dengan hewan ternak atau juga bisa memakai obat nyamuk seperti DEET. Sedangkan untuk susu, hindari minum susu yang belum dipasteurisasi dan pastikan untuk merebus susu murni yang baru saja anda beli.

  1. Batasi Akses Hewan Terinfeksi

Jika ditemukan hewan yang sudah terinfeksi dengan bakteri penyebab demam Q, maka batasi akses menuju fasilitas hewan terinfeksi tersebut berada. Karantina ini sangat penting dilakukan agar infeksi tidak semakin menyebar ke hewan dan manusia lain mengingat penyakit ini sangat mudah ditularkan dan menimbulkan demam kronis.

  1. Buang Produk Samping Kelahiran Hewan

Sesudah anda membantu hewan ternak melahirkan, maka segera buang segala barang secara saniter sesudah kelahiran hewan. Buang plasenta, segala produk kelahiran, selaput janin dan juga janin yang di aborsi dengan cara yang baik. Jangan lupa juga untuk memakai masker ketika anda membantu hewan untuk melahirkan, sarung tangan karet dan pakaian pelindung. 

Sponsors Link

  1. Mengikuti Praktik Keselamatan Kerja

Jika anda bekerja atau mengelola orang yang pekerjaannya berhubungan dengan ternak seperti dokter hewan, pengolahan daging, pemerah susu, peternak, peneliti hewan ternak dan pekerja yang berhubungan dengan hewan ternak lain, maka pastikan juga anda mengikuti panduan keamanan industri untuk mencegah transmisi demam Q yang bisa menyebabkan demam akut. Beberapa praktik keselamatan kerja ini meliputi menggunakan sarung tangan dan pakaian pelindung, melakukan prosedur yang ketat dan tepat, mensterilkan dan juga mencuci pakaian kerja.

Asuransikan juga semua personel dengan memakai peralatan keselamatan yang sesuai dan terapkan langkah langkah pencegahan aliran udara dari satu daerah hewan ke daerah lain yang terdapat manusia dan juga jenis hewan lainnya. Patuhi semua panduan dengan ketat untuk mensterilkan dan juga merakit peralatan pengolahan daging. 

Sponsors Link

  1. Minimalisisr Kemungkinan Demam Q

Jaga juga populasi hewan dan manusia terpisah sejauh mungkin dan cegah demam Q dengan obat obatan yang. Sesuai agar demam panas tidak terjadi. Vaksinasi sangat penting dilakukan untuk semua orang yang bekerja berhubungan dengan hewan ternak. Selain itu, uji juga hewan ternak untuk antibodi pada bakteri dengan teratur dan satwa liar atau hewan peliharaan harus dihindari untuk mengais produk kelahiran dari hewan ternak dan harus sesegera mungkin dikubur atau dikomposkan dan dibuang dalam wadah tertutup.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pencegahan