Sponsors Link

31 Cara Mengatasi Demam Pada Anak Usia 11 Bulan – Penyebab – Gejala

Sponsors Link

Bayi memiliki kondisi tubuh yang bisa dikatakan cukup rentan terhadap serangan bermacam-macam penyakit. Banyak sekali penyakit yang bisa saja menyerang tubuh bayi. Pada masalah ini, biasanya penyakit yang paling sering muncul adalah demam. Banyak sekali demam pada anak yang muncul pada awal-awal saat masih bayi. Demam pada bayi yang berusia 11 bulan pada dasarnya memiliki metode penanganan yang tak jauh berbeda dengan penanganan demam pada bayi umur beberapa bulan.

ads

Hal ini dikarenakan,meskipun usia 11 bulan bisa dikatakan sudah cukup dewasa. Tapi kondisi badan masih belum benar-benar siap. Banyak sekali penyebab demam pada anak yang bisa saja menyerang setiap saat. Dengan kemungkinan penyerangan penyakit yang cukup banyak, maka cara mengatasi demam pada bayi usia 11 bulan juga cukup banyak dan beragam.

Setiap metode yang digunakan untuk mengatasi demam pada bayi harus disesuaikan dengan demamnya. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali macam-macam demam yang memiliki kemungkinan untuk menyerang kondisi tubuh dari bayi. Pada tahap ini, cara mengatasi demam harus dilakukan dengan tepat, sehingga hasil yang didapatkan benar-benar hasil yang optimal.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak Usia 11 Bulan

Ada banyak cara mengatasi demam, setiap metode yang dipilih akan memiliki pengaruh tersendiri pada anak. Namun, sebagai orang tua sebaiknya kita jangan cepat menjadi panik ketika anak mengalami demam. Ada banyak klasifikasi demam pada anak yang bisa saja muncul. Untuk dapat mengatasi hal tersebut kita dapat melakukan beberapa tindakan awal seperti,

  1. Penggunaan pakaian yang longgar dan tipis
  2. Jangan gunakan selimut tebal
  3. Kompres anak dengan air hangat
  4. Perbanyak asupan asi
  5. Pastikan sirkulasi udara di ruangan berjalan baik
  6. Berikan waktu istirahat yang cukup pada anak
  7. Lakukan terapi peluk, unutk membantu penurunan suhu
  8. Awasi selalu suhu tubuh anak

Tindakan tersebut dapat kita lakukan selama kurang lebih 3 hari sejak bayi menderita panas. Jika tak ada perubahan yang signifikan, maka sebaiknya kita bisa membawa bayi menemui dokter anak untuk mendapatkan pengobatan yang lebih lanjut. Ada banyak obat penurun panas bayi 11 bulan yang bisa digunakan.  Penggunaan jenis obat sendiri harus benar-benar obat yang direkomendasikan oleh dokter. Pastikan, bahwa kita mengikuti petunjuk dari dokter saat memberikan obat, jika ada hal yang terlupa maka dapat menimbulkan efek yang tidak kita inginkan.

Selain penggunaan obat-obatan modern, kita juga bisa menggunakan obat tradisional penurun panas, seperti

  1. Kunyit
  2. Temulawak
  3. Sambiloto
  4. Pegagan
  5. Lempuyang emprit
  6. Meniran
  7. Air kepala muda
  8. Bawang Merah
  9. Daun Bunga Sepatu
    Sponsors Link

Penyebab Demam Pada Anak Usia 11 Bulan

Telah kita katakan sebelumnya bahwa penyebab dari demam yang muncul pada anak sangatlah beragam. Untuk dapat mengetahui jenis dari demam tersebut maka kita harus mengetahui lebih dahulu gejala demam yang muncul. Dari gejala yang kita kenali maka, setidaknya kita bisa melakukan tindakan awal yang cukup bermanfaat bagi bayi. Ada beberapa penyebab yang bisa saja menjadi salah satu penyebab demam pada anak usia 11 bulan, seperti

  • Batuk
  • Pilek
  • Radang tenggorokan
  • Demam berdarah
  • Imunisasi
  • Malaria
  • Tumbuh gigi
    Sponsors Link

  • TBC
  • Tifus
  • Gangguan metabolisme
  • Sisitem imun yang lemah
  • Kurangnya asupan gizi
  • Adanya infeksi bakteri atau virus
  • Kurangnya asupan gizi pada anak

Penyebab demam yang disebutkan diatas hanya sebagian kecil saja dari kemungkinan-kemungkinan yang mungkin saja bisa menimbulkan gejala demam pada buah hati kita. Hal yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana untuk dapat mengatasi hal tersebut sehingga kemungkinan yang lebih buruk tidak mungkin untuk terjadi.

Itu tadi beberapa cara mengatasi demam pada anak usia 11 bulan yang bisa kita gunakan. Pastikan terlebih dahulu bahwa kita sebagai orang tua tidak menjadi cepat panik saat anak mengalami kondisi demam. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan