Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Heatstroke Secara Alami dan Langkah Pencegahan

Sponsors Link

Heatstroke atau serangan panas adalah kondisi serius yang terjadi saat panas tubuh terlalu tinggi. Heatstroke ini biasanya terjadi karena aktivitas fisik terlalu berlebihan sehingga suhu tubuh meningkat lebih dari 40 derajat celcius. Heatstroke adalah masalah serius yang membutuhkan penanganan secepatnya karena jika dibiarkan bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa organ seperti jantung, otak, otot dan juga ginjal. Namun, untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan dari heatstroke tersebut, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan di rumah sambil menunggu pertolongan medis.

ads
  1. Pindahkan ke Ruangan Teduh

Saat seseorang terkena heatstroke, maka segera pindahkan dari sengatan matahari dan pindahkan pada tempat sejuk atau ber-AC. Suhu dingin dari AC sangat penting untuk menurunkan suhu tubuh penderita. Jika tidak terdapat AC, maka segera lepaskan pakaian yang tidak terlalu dibutuhkan dan kipas bagian tubuh penderita.

  1. Tutup Dengan Kain Basah

Cara mengatasi heatstroke atau serangan panas berikutnya bisa dilakukan dengan menutupi tubuh penderita memakai kain atau selimut yang sudah dibasahi dengan air dingin dari bagian leher hingga ujung kaki. Jika tidak terdapat kain, maka bisa diganti dengan menyemprotkan tubuh penderita memakai botol yang diisi dengan air dingin atau menggunakan spons yang sudah dibasahi dengan air.

  1. Kompres Es Batu

Letakkan beberapa bongkah es batu di beberapa bagian tubuh penderita seperti bawah ketiak, di bagian belakang lekukan lutut, leher dan juga bagian punggung. Beberapa area tersebut merupakan tempat paling dekat dengan pembuluh darah sehingga bisa menurunkan demam suhu tubuh lebih cepat. 

Sponsors Link

  1. Berikan Banyak Cairan

Berikan juga banyak cairan pada penderita seperti minuman olahraga yang menjadi minuman ideal karena sudah mengandung cairan serta garam yang dibutuhkan untuk memulihkan heatstroke seperti yang juga harus diberikan untuk segala tipe demam. Cara lainnya, anda bisa membuat larutan garam sendiri yakni dengan mencampur 1 sendok teh garam dengan 4 cangkir air.

Pastikan penderita minum dengan perlahan dan hindari menuangkan cairan ke dalam mulut penderita saat tidak dalam keadaan sadar sepenuhnya karena bisa menyebabkan tersedak dan semakin memperparah kondisi penderita yang sebenarnya sudah kritis.

  1. Hindari Soda dan Minuman Penambah Energi

Hindari memberikan cairan pada penderita heatstroke berupa soda atau minuman berenergi pada penderita sebab kandungan kafein didalamnya hanya akan mengganggu kemampuan tubuh untuk mengatur suhu sehingga hanya akan semakin memperburuk gejala dari heatstroke dan juga menjadi pantangan semua jenis demam.

  1. Perhatikan Gejala Gemetar

Perhatikan juga beberapa gejala yang ditimbulkan seperti gemetar dan juga suhu tubuh yang sulit untuk diturunkan. Gemetar merupakan mekanisme alami tubuh yang dilakukan untuk menghangatkan suhu tubuh. Namun pada penderita heatstroke, hal yang terjadi adalah sebaliknya. Gemetar yang terjadi pada penderita heatstroke menjadi tanda jika proses penurunan suhu tubuh yang dilakukan terlalu cepat sehingga harus segera dikurangi prosesnya agar gemetar tersebut bisa berhenti. 

Sponsors Link

Pencegahan Heatstroke

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah agar heatstroke tersebut bisa dihindari seperti beberapa cara berikut ini.

  • Minum banyak cairan: Saat beraktivitas diluar ruangan saat terik sambil melakukan aktivitas menguras tenaga, maka konsumsi lebih banyak air dan juga minuman olahraga agar tubuh tetap terhidrasi untuk mencegah heatstroke seperti tanda bayi dehidrasi karena demam. Usahakan untuk minum sekitar 4 gelas setiap jam.
  • Hindari Bekerja Diluar Ruangan: Hindari bekerja terlalu keras di luar ruangan saat sedang panas dan pilih berkegiatan saat pagi atau sore hari untuk mengurangi risiko heatstroke.
  • Kenakan pakaian longgar: Usahakan untuk selalu menggunakan pakaian yang longgar, berwarna terang dan juga ringan seperti yang dilakukan untuk mengatasi penyebab anak panas mendadak. Jika pakaian yang digunakan terlalu ketat, maka hanya akan mempersulit tubuh untuk menyejukkan diri sekaligus meningkatkan risiko heatstroke.
  • Baringkan penderita: Saat anda melihat seseorang terkena heatstroke sambil mengeluh pening atau sakit kepala, maka segera baringkan penderita untuk mencegah hilang kesadaran atau bahkan pingsan.

Demikian ulasan yang bisa kami berikan tentang cara mengatasi heatstroke atau serangan panas secara alami yang kami harapkan bisa menambah wawasan anda sekaligus membantu untuk mencegah masalah tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan