Sponsors Link

6 Cara Mengeluarkan Keringat saat Demam Secara Alamai

Sponsors Link

Demam adalah suatu kondisi dimana suhu tubuh kita lebih dari batas normalnya. Untuk meredakan demam, setidaknya kita harus mengeluarkan keringat yang ada didalam tubuh dan diimbangi dengan mengkonsumsi air putih yang banyak agar tidak dehidrasi. Mungkin masih banyak yang menanyakan bagaimana cara mengeluarkan keringat saat demam. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak ulasannya dibawah ini.

ads

1. Mandi Air Hangat

Mandi dengan air hangat saat demam memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat membantu mengeluarkan keringat secara alami. Ketika menerapkannya, usahakan suhu airnya melebihi suhu tubuh Anda agar dapat mempertahankan suhu tubuh. Air hangat yang mengguyur tubuh nantinya akan membuka seluruh pori-pori kulit dan memberikan efek hangat sehingga keringat dapat keluar.

Selain itu, mandi dengan air hangat juga membantu membunuh bakteri atau virus yang menempel di tubuh kita, sehingga dapat membantu proses pemulihan sistem imun. Perlu diperhatikan juga untuk tidak mandi air dingin saat demam karena dapat menghambat peredaran darah dan membuatnya mengalir ke dalam, tidak keluar dan tentunya hal ini memicu suhu tubuh menjadi naik.

2. Kompres Hangat

Jika kondisi Anda masih belum meyakinkan untuk mandi karena masih lemas, cobalah dengan mengkompres dengan air hangat. Caranya sangatlah mudah, yaitu basahi saja handuk kecil dengan air hangat, kemudian letakkan pada bagian dahu atau ketiak. Bagian ketiak merupakan bagian tubuh yang mudah mengeluarkan keringat, jadi alangkah lebih baik kain rendaman air hangat tersebut diletakkan pada bagian tersebut. Hindari menggunakan air dingin untuk mengkompres karena tindakan tersebut merupakan hal tidak boleh dilakukan saat demam karena dapat menutup pori-pori tubuh dan membuat keringat gagal keluar tubuh.

Selain mengkompres dengan air hangat, Anda juga bisa menggunakan kaos kaki yang dibasahi untuk mengkompres bagian kaki. Caranya adalah rendam kaki Anda terlebih dahulu dalam air hangat sekitar 2-5 menit, kemudian angkatlah. Selanjutnya gunakan kaos kaki tipis yang sudah dibasahi air dingin, akan tetapi peraslah hingga kering sebelum digunakan. Apabila sudah, lapisilah kaos kaki tadi dengan kaos kaki tebal yang masih kering. Tujuan dari cara ini adalah untuk tetap menjaga sirkulasi darah agar tetap berjalan dengan lancar dan bekerja lebih baik.

3. Gunakan Selimut Tipis

Banyak orang yang salah kaprah ketika mendengar saran “coba gunakan selimut, biar nanti suhunya turun”. Mereka beranggapan bahwa semua jenis selimut dapat digunakan, pdahal yang boleh digunakan saat demam akut hanyalah selimut yang tipis. Banyak dari mereka yang sering menggunakan selimut tebal ketika demam dan mengakibatkan suhu mereka menjadi naik. Kenapa bisa demikian? Karena selimu tebal dapat menutup uapan dari tubuh kita, sehingga panas tersebut kembali lagi ke tubuh dan menjadi lebih panas. Sedangkan, apabila kita menggunakan selimut yang tipis, udara panas tersebut bisa keluar dan membuat tubuh menjadi lebih nyaman.

Sponsors Link

4. Makan Pedas

Cabai memiliki kandungan zat yang menimbulkan efek pedas dan panas. Bagi Anda yang menyukai makanan pedas, cobalah untuk makan makanan yang pedas untuk membantu Anda mengeluarkan keringat. Sedangkan bagi Anda yang tidak terlalu suka, cobalah untuk makan sedikit saja karena kandungan zat yang terdapat pada cabai terbukti dapat meningkatkan sirkulasi darah dan juga mendorong keringat menjadi keluar. Tidak mengherankan apabila kita mengkonsumsi makanan pedas seringkali merasa panas dan berkeringat. Akan tetapi, jangan mengkonsumsinya terlalu sering karena nantinya akan mempengaruhi sistem pencernaan Anda. Setidaknya konsumsilah 1x dalam 2-3 hari kedepan.

ads

5. Minum Teh Jahe

Seperti halnya cabai, jahe juga memiliki kandungan zat yang dapat membantu pori-pori tubuh terbuka dair dalam. Selain itu, bagi Anda yang terserang demam flu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi minuman ini, karena jahu juga memiliki kandungan yang dapat membuat flu mereda.

Adapun cara membuat minuman jahe sangatlah mudah, yaitu potong jahe menjadi beberapa bagian kemudian rebus dengan 2 gelas air, tunggu sampai matang dan menyisakan 1 gelas. Saringlah terlebih dahulu dan Anda bisa menambahkan sedikit madu untuk cita rasa yang lebih enak. Akan tetapi, jika Anda menginginkan yang lebih kental, caranya adalah dengan diparut atai diblender kemudian disaring hingga tuntas dan tambahkan sedikit air serta madu.

6. Berjemur

Seperti yang telah kita ketahui bahwa sinar matahari sangat bagus untuk kulit kita. Selain itu, sinar matahari juga bermanfaat untuk membantu mengeluarkan keringat. Caranya adalah berjemurlah dibawah sinar matahari pada pukul 07.00-10.00 selama 10-15 menit atau sampai tubuh Anda mulai mengeluarkan keringat.

Akan tetapi, apabila dirasa mulai pusing sebaiknya disudahi saja agar tidak semakin parah. Lakukanlah secara rutin setiap hari agar demam batuk pilek pada anak Anda cepat turun dan diperhatikan juga untuk tidak berjemur melebihi waktu tersebut karena akan membahayakan kondisi demam Anda, terlebih sangat berbahaya bagi kulit Anda.

Obat Penurun Demam Panas

Selektif dalam memilih dan menggunakan obat untuk menurunkan demam sangatlah penting, karena banyak orang yang asal-asalan dalam mengkonsumsinya. Berikut ini beberapa obat yang disarankan untuk mengatasi demam Anda.

  • Aspirin

Aspirin merupakan obat untuk menurunkan demam yang disertai dengan sakit kepala dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Selain itu penggunaan aspirin dengan dosis yang rendah biasanya digunakan untuk mencegah terjadinya penggumpalan darah serta mengurangi resiko terserang stroke dan serangan jantung tiba-tiba. Apabila anak-anak dibawah 12 tahun ingin mengkonsumsinya, sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

  • Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat yang multifungsi, dimana penggunaan obat ini sering digunakan untuk meredakan demam, sakit gigi bahkan flu. Ibuprofen akan bekerja menekan atau menghambat produksi zat alami yang terdapat dalam tubuh penyebab terjadinya peradangan, sehingga hal ini tentunya dapat membantu meredakan demam ataupun nyeri. Secara umum, konsumsi ibuprofen dalam jangka waktu 4-6 jam, akan tetapi lebih baik konsultasikan kepada dokter.

  • Acetaminophen

Acetaminophen merupakan obat demam tulang ngilu untuk orang dewasa. Obat ini dapat ditemukan dalam bentuk sirup ataupun tablet. Untuk dosis pemakaian, sesuaikan dengan usia Anda dan jangan sekali-kali obat acetaminophen dewasa tersebut diberikan untuk anak-anak karena akan berbahaya. Apabila dalam 3 hari tidak ada perubahan, sebaiknya hentikan penggunaan dan konsultasilah ke dokter.

Itulah beberapa cara mengeluarkan keringat saat demam yang paling mudah dan dapat dilakukan oleh orang dewasa ataupun anak-anak. Agar demam tidak menyerang, sebaiknya jaga selalu kondisi tubuh Anda dengan rutin berolahraga dan mengkonsumsi makanan sehat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan