Sponsors Link

7 Cara Menghilangkan Demam dari Dokter

Sponsors Link

Demam bukanlah penyakit namun menjadi tanda jika tubuh sedang bekerja melawan penyakit. Demam terjadi karena tubuh sedang berusaha untuk mengganggu serangan dari bakteri atau virus di tubuh anda. Tergantung dari apa yang menyebabkan demam, anda mungkin saja bisa membiarkan demam tersebut atau mencari perawatan medis untuk menyembuhkan penyakit yang menyadarinya. Jika demam membuat anda tidak nyaman atau anda khawatir demam terlalu tinggi, maka ada banyak cara menghilangkan demam sesuai dengan saran dokter seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

ads
  1. Tanggalkan Sedikit Pakaian Anda

Anda mungkin memang akan merasa sedikit kedinginan saat sedang mengalami gejala demam meski sebenarnya suhu tubuh anda tinggi sehingga harus sedikit diturunkan agar terasa lebih hangat. Cara menghilangkan demam sesuai dengan saran dokter yang bisa anda lakukan adalah membiarkan tubuh anda melepaskan panas berlebih dengan cara menggunakan pakaian yang tipis dan hanya ditutup dengan selimut yang juga tipis.

  1. Jaga Suhu Ruangan

Menjaga suhu ruangan terlalu tinggi bisa mencegah tubuh melepaskan panas terlalu berlebih namun suhu kamar juga tidak boleh terlalu dingin. Penyebab demam menggigil menjadi cara tubuh anda untuk meningkatkan suhu internal secara alami, sehingga apabila ruangan terlalu dingin sampai membuat tubuh anda menggigil hanya akan membuat demam semakin memburuk. Namun sebaliknya, jika ruangan terlalu panas dan pengap, maka sebaiknya buka jendela atau nyalakan kipas angin agar suhu bisa tetap stabil.

  1. Dinginkan Tubuh Dengan Air

Meredam kulit juga menjadi cara yang baik untuk menurunkan panas suhu tubuh anda, namun pastikan anda berhati hati agar suhu air tidak terlalu dingin. Oleskan handuk basah ke dahi dan juga ekstremitas atau spons diri anda dengan air hangat. Pastikan air suam suam kuku untuk mencegah tubuh anda merespon dengan cara menggigil.

  • Mandi spons sangat ideal untuk anak anak yang sedang demam.
  • Alkohol mungkin bisa mengurangi demam namun sebenarnya mudah terserap ke dalam kulit sehingga bisa menyebabkan keracunan alkohol, untuk itu tempelkan dengan saja dengan air dan bukan menggunakan alkohol.
  1. Konsumsi Obat Dijual Bebas

Apabila demam panas yang anda alami sampai menyebabkan kondisi yang tidak nyaman, maka anda bisa menggunakan obat obatan demam yang dijual bebas seperti acetaminophen atau ibuprofen. Namun pastikan anda mengikuti instruksi dosis dengan hati hati.

Acetaminophen bisa membantu untuk mengurangi demam dan rasa sakit serta efek samping lain di dalam tubuh. Apabila anda memiliki masalah pada organ hati, maka jangan konsumsi acetaminophen tanpa berkonsultasi dengan dokter. Aspirin juga bisa digunakan untuk menurunkan demam orang dewasa namun tidak boleh diberikan untuk anak anak sebab dikaitkan dengan penyakit serius yang disebut dengan sindrom reye.

  1. Banyak Istirahat

Bantu juga tubuh anda untuk melawan penyakit penyebab demam berkepanjangan dengan tidur ekstra dan menghabiskan banyak waktu untuk bersantai. Namun tidak berarti anda hanya harus berdiam di tempat tidur sepanjang hari. Sebaiknya, tinggal di rumah karena memang tubuh sedang membutuhkan istirahat yang cukup sekaligus untuk menghindari penularan virus atau infeksi bakteri ke orang lain.

  1. Pastikan Tubuh Terhidrasi

Segala jenis demam bisa dengan mudah menyebabkan tubuh anda terserang dehidrasi dan berbagai gejala lainnya. Anda juga bisa merasa lebih baik sekaligus meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan penyakit jika anda minum banyak cairan. Jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh juga bervariasi tergantung dari beberapa faktor termasuk berat badan dan juga tingkat aktivitas anda. Umumnya, seseorang harus minum antara sembilan hingga 13 cangkir air setiap hari. Air merupakan komponen terbaik yang harus dikonsumsi ketika demam. Selain air putih, anda juga bisa minum jus buah murni, minuman olahraga atau larutan elektrolit oral. 

Sponsors Link

  1. Makan Dengan Benar

Makan makanan tinggi akan nutrisi dan mudah dicerna sangat penting supaya tubuh bisa kuat untuk melawan penyakit penyebab demam biasa. Cobalah untuk makan sayuran serta buah sekaligus menghindari junk food. Protein tanpa lemak dan juga lemak sehat dari sumber seperti minyak zaitun juga sangat penting untuk dikonsumsi.

Konsumsi juga makanan yang mengandung probiotik ketika sedang demam seperti yogurt yang sangat membantu tubuh untuk melawan penyakit. Anda juga bisa melengkapi diet dengan multivitamin kesehatan umum atau vitamin C dan asam lemak omega 3 untuk kekuatan dan juga kekebalan tubuh sekaligus mengurangi peradangan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan