Sponsors Link

13 Cara Mengobati Anak Panas Dingin Secara Alami dan Pencegahannya

Sponsors Link

Anak anak memang sangat rentan terkena demam panas karena daya tubuh anak umumnya lebih rendah dari orang dewasa. demam sebenarnya bukanlah sebuah penyakit, namun indikasi bahwa ada virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh anak. Panas pada anak umumnya memang ditandai dengan naiknya suhu tubuh melebih normal.

ads

Namun di samping itu, anak juga bisa merasa kedinginan pada saat bersamaan. Badan terasa panas dingin yang dirasakan anak adalah gejala umum yang bisa segera disembuhkan. Gejala semacam ini disebut dengan demam menggigil pada anak.

Kondisi anak panas dingin tidak bisa dibiarkan begitu saja karena bisa menjadi semakin parah. Ibu harus cepat menemukan cara mengobati anak panas dingin yang ampuh dan cepat. Berikut adalah daftar bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengobati anak panas dingin dengan segera:

1. Jeruk

Jeruk adalah buah yang wajib dikonsumsi saat anak panas. Buah ini kaya akan kandungan vitamin, sehingga dapat memberikan manfaat vitamin c saat demam pada anak. Konsumsi buah jeruk membantu memperkuat daya tahan tubuh anak dalam melawan demam.

2. Semangka

Selain jeruk, semangka juga baik dimakan saat demam. Buah semangka memiliki kandungan air sebanyak 91 persen, sehingga manfaat buah semangka untuk demam adalah membantu mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya dehidrasi.

3. Mentimun

Satu lagi sayuran yang mengandung banyak air, yaitu mentimun. Jika dikonsumsi saat demam, mentimun selain bisa memberikan asupan cairan juga bisa menyegarkan tubuh yang lemas saat demam. Selain itu mentimun juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk anak.

4. Apel

Kandungan anti oksidan di dalamnya membuat manfaat buah apel untuk demam pada anak sangat besar. Apel akan membantu meredakan panas dan melawan semua bakteri dan virus yang ada di dalam tubuh anak. Konsumsi buah apel juga disarankan untuk membantu menjaga kesehatan.

5. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan kandungan vitamin B6. Untuk anak yang sedang demam, buah pisang membantu mencukupi kebutuhan vitamin di dalam tubuh. Manfaat buah pisang untuk demam pada anak tidak hanya itu, buah ini juga bisa membantu membangkitkan nafsu makan karena rasanya yang lezat.

Sponsors Link

6. Madu

Bahan alami yang satu ini bisa menjadi obat untuk segala penyakit, juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Pilihlah madu mentah atau madu alami yang belum diproses, karena kandungan probiotik dan anti bakteri di dalamnya masih melimpah. Manfaat madu untuk penurun panas adalah melawan bakteri dan virus yang menyebabkan demam itu sendiri dan menyembuhkan panas secara lebih cepat.

ads

7. Kompres Daun

Kompres penurun panas biasanya menggunakan air hangat. Namun ada pula bahan alami yang bisa digunakan sebagai kompres untuk membantu meredakan panas dingin anak. Kompres tersebut dibuat dari daun penurun panas badan seperti daun pepaya yang ditumbuk, lalu ditempelkan ke dahi anak secara langsung. Lakukan sampai panas anak benar benar sembuh.

8. Minum Air Hangat

Fungsi utama air hangat adalah mencegah dehidrasi. Adanya hubungan dehidrasi dengan demam membuat orang tua harus waspada, jangan sampai anak kekurangan cairan. Tanda dehidrasi yang utama adalah bibir anak kering dan kulit sedikit kisut.

Cara Mencegah Agar Panas Tidak Semakin Parah

Badan panas dingin pada anak sebenarnya adalah penyakit ringan yang dapat dicegah agar tidak semakin parah melalui beberapa cara di bawah ini:

1. Banyak Istirahat

Istirahat yang cukup saat demam akan membantu memulihkan kondisi kesehatan anak. Gejala demam biasa yang membuat tubuh anak menjadi panas dingin akan segera sembuh, karena saat anak tidur, sel sel di dalam tubuhnya akan memperbaharui diri.

2. Gunakan Selimut dan Pakaian yang Tipis

Agar panas anak dapat segera keluar dan tidak terjebak di dalam tubuh, beri anak pakaian yang tipis dan menyerap keringat. Selain itu ketika anak sedang tidur, hindari memberikan selimut yang tebal. Pakaian dan selimut tebal akan membuat panas semakin parah.

3. Pantau Perkembangan Panas

Agar mengetahui siklus demam anak dengan baik, pantau perkembangan demam dengan menggunakan termometer demam. Jika demam terpantau dengan baik, maka gejala penyakit yang lebih parah seperti tifus atau demam berdarah dapat dicegah.

4. Banyak Minum Air Putih

Memberi anak air putih akan mencegah terjadinya dehidrasi yang sering diderita anak. Pastikan anak tidak kekurangan cairan di dalam tubuhnya.

Sponsors Link

5. Periksa ke Dokter

Jika gejala panas dingin anak tidak kunjung sembuh, ada kemungkinan demam tersebut bukanlah demam biasa. Untuk penanganan yang lebih lanjut, segera bawa anak periksa ke dokter. Dengan demikian anak bisa mendapatkan pertolongan segera apabila ditemukan penyakit yang lebih parah.

Itulah berbagai cara mengobati panas dingin pada anak yang bisa dilakukan oleh ibu. Pemilihan bahan alami untuk meredakan gejala sakit yang ringan banyak dipilih oleh ibu karena dinilai lebih aman karena tidak mengandung unsur kimia. Namun demikian, hal terbaik adalah mencegah anak terkena penyakit. Perhatikan kebersihan lingkungan dan diri anak, serta pastikan anak memakan makanan yang higienis. Jangan lupa pula untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin anak yang mampu meningkatkan kekebalan tubuhnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan