Sponsors Link

4 Cara Mengobati Bayi Demam setelah Imunisasi dan Perawatannya

Sponsors Link

Perawatan bayi demam setelah imunisasi adalah juga informasi yang banyak dicari oleh orang tua saat ini, untuk mengatasi demam yang sering menyerang bayi yang baru saja diimunisasi. Anda tentu sudah pernah mendengar keluhan banyak orang tua bahwa setelah melalui imunisasi bayinya memiliki suhu tubuh yang tinggi dan juga menjadi rewel. Kondisi ini memang hampir pasti terjadi pada bayi manapun tanpa terkecuali. Jadi anda tidak perlu panik dan tetaplah tenang. Anda hanya perlu memastikan bahwa demam pada bayi anda memang benar terjadi karena imunisasi dan bukan karena penyakit lainnya. Lalu cobalah gunakan obat penurun panas bayi setelah imunisasi.

ads

Setiap bayi perlu mendapatkan imunisasi. Imunisasi sangat dibutuhkan oleh bayi untuk melawan berbagai penyakit yang dapat menyebabkan kelainan selama pertumbuhannya. Tidak hanya itu, imunisasi pada bayi pun dapat membuat keselamatan bayi tersebut terancam. Jadi memang imunisasi harus dilakukan dan efek sampingnya tidak dapat dihindarkan. Salah satu efek samping yang paling umum dirasakan oleh bayi adalah suhu tubuh yang meningkat atau demam.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan perlu diketahui apa saja bentuk perawatan bayi demam setelah imunisasi yang perlu diketahui oleh orang tua. Perawatan untuk bayi setelah melakukan imunisasi memanglah begitu wajar untuk diberikan orang tua kepada si bayi ini. Apalagi jika memang bayi menunjukkan tanda tanda bahwa tubuhnya demam dan perlu pengobatan.

Beberapa jenis imunisasi seperti imunisasi BCG dan Polio merupakan imunisasi yang biasanya menimbulkan gejala demam. Tidak jarang bayi demam setelah imunisasi pneumokokus atau juga hepatitis. Jadi menurut anda bagaimana anda dapat memastikan bahwa demam ini tidak membahayakan bayi anda? Tentunya adalah dengan menggunakan berbagai jenis perawatan ini.

Cara Mengobati Bayi Demam setelah Imunisasi

Penjelasan sebelumnya sudah menyebutkan bahwa seorang bayi yang mengalami imunisasi akan mengalami demam juga. Anda tidak perlu panik menghadapi demam ini dan lebih baik memberikan perawatan untuk bayi anda. Apa saja jenis perawatan yang baik untuk bayi yang sedang demam pasca imunisasi ini akan coba dijelaskan pada bagian di bawah ini.

Semoga anda dapat melakukannya dengan mudah dan aman. Beberapa upaya perawatan di bawah ini pun diharapkan dapat membuat bayi anda kembali sehat dan tidak terkena efek demam yang terlalu berlebihan hingga mengancam keselamatan nyawa bayi anda. Simaklah penjelasan mengenai 4 jenis perawatan berikut ini yang sekaligus dapat menjadi cara menurunkan demam bayi setelah imunisasi nantinya.

  1. Berikan Peningkatan Konsumsi ASI untuk Bayi Anda

Saat bayi anda demam, anda tidak bisa sembarangan memberikan obat panas. Salah salah, obat panas ini yang malah akan membahayakan kesehatan bayi anda. Lebih baik anda berikan minuman dan makanan alaminya saja yaitu ASI. ASI adalah obat alami terbaik untuk menurunkan panas bayi anda. Hanya dengan meningkatkan konsumsi ASI ini maka bayi anda akan lebih kuat untuk mengalahkan demam yang sedang melandanya.

Jadi anda tidak perlu panik dan siapkan banyak persediaan ASI di jadwal jadwal bayi anda akan melakukan imunisasi. Terus berikan konsumsi ASI ini sebagai cara meredakan demam bayi setelah imunisasi untuk menenangkan bayi yang gelisah dan rewel dan anda akan mendapatkan kondisi yang membaik dari bayi yang sebelumnya demam tadi.

Sponsors Link

  1. Cobalah Kompres Bayi pada Bagian yang Diberikan Suntikan Imunisasi

Setelah itu orang tua juga bisa memberikan perawatan pada bayi yang setelah imunisasi mengalami demam dengan cara mengompres. Bedanya, kompres ini tidak dilakukan pada bagian kepala seperti biasanya. Demam akibat imunisasi sebaiknya dikompres pada bagian yang diberikan suntikan saat imunisasi. Anda misalnya dapat mengompres lengan atau paha bayi yang disuntik, karena mungkin saja demam terjadi karena pembengkakan luka suntikan di daerah yang sebelumnya disuntik.

Jadi anda sebaiknya menyediakan air dingin atau es batu dan tempelkan atau kompres pada bagian yang disuntik imunisasi selama 20 menit hingga 30 menit. Anda akan merasakan adanya perubahan suhu yang cukup cepat pada bayi anda.

  1. Temani Bayi Anda Beristirahat Lebih Sering dan Lebih Cukup Pasca Imunisasi

Cara perawatan selanjutnya saat anda demam setelah imunisasi yang dapat orang tua lakukan adalah memastikan bahwa bayi mendapatkan istirahat yang lebih setidaknya cukup.  Alasannya saat si bayi mempunyai waktu banyak dalam beristirahat maka bayi akan memiliki rasa nyaman dan mengoptimalkan sistem kerja kekebalan tubuh yang tadinya lemas menjadi lebih kuat untuk melawan efek samping demam.

Akhirnya, bayi pun tidak mengalami efek samping imunisasi demam lagi jika istirahatnya tercukupi dengan baik. Jadi pastikan untuk memberikan waktu menemani bayi anda istirahat selama sedang demam setelah imunisasi ini.

Sponsors Link

  1. Jika Demam Tidak Kunjung Turun, Maka Segera Periksakan pada Dokter

Bentuk perawatan terakhir yang memang sudah menjadi cara terakhir ketika demam pada bayi anda tidak kunjung turun setelah imunisasi adalah dengan melakukan pemeriksaan ke dokter. Tidak ada salahnya anda memeriksakan kondisi kesehatan bayi anda ini. Jangan sampai karena anda lengah maka penyakit demam ini menjadi semakin parah dan tubuh anda pun menderita karenanya. Cobalah untuk segera mengetahui penyebab sebenarnya dan bagaimana anda dapat mengatasinya dengan tepat.

Berikut tadi berbagai informasi terkait cara perawatan bayi demam setelah imunisasi yang dijalankan oleh bayi anda. Bagaimana menurut anda? Apakah anda dapat melakukan berbagai bentuk perawatan tersebut? Tentunya diharapkan anda dapat melakukannya dan tidak panik lagi mulai sekarang. Saat bayi anda demam setelah melakukan imunisasi, maka yang perlu anda lakukan adalah melakukan tindakan yang tepat.

Tindakan perawatan yang tepat ini sangat efektif untuk membuat tubuh anak anda kembali sehat dan tidak mudah lagi mengalami penyakit lanjutan. Selamat mencoba menjaga kesehatan anak anda mulai dari sekarang dan jangan hanya karena bayi demam setelah imunisasi anda jadi enggan melakukannya. Tetap lakukan imunisasi dan atasi masalah demam agar bayi anda tidak perlu melakukan masalah yang lebih membahayakan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan