Sponsors Link

Cara Mengobati Demam Zika Dengan Cepat dan Terampuh

Sponsors Link

Demam zika belum banyak terjadi di Indonesia dan belum dikenal oleh masyarakat sebagaimana demam denggi berdarah, demam kuning, demam malaria, dan lain-lain. Namun, dilansir seribu orang Indonesia per tahun sudah terjangkit. Angka yang dari tahun ke tahun dapat terus bertambah, mengingat cara penyebarannya yang utama adalah nyamuk Aedes aegephty.

ads

Nyamuk yang banyak berkembangbiak di Indonesia di musim-musim tertentu. Ditambah cara penularan lain, seperti hubungan seks, trasnfusi darah, dan penularan ibu hamil ke janin, tentunya demam ini harus diwaspadai. Cara mengobati demam zika harus diketahui.

Demam ini mempunyai gejala seperti umumnya demam virus. Dapat dikatakan beberapa di antaranya mirip demam berdarah, namun tidak seberbahaya demam dengue. Gejala demam zika, antara lain:

Cara mengobati demam zika, pertolongan pertama, juga mirip dengan demam virus, demam bakteri, dan demam karena infeksi jamur.

1. Banyak Minum Air Putih

Seperti demam infeksi virus umumnya, penderita demam zika akan mengalami panas cukup tinggi. Maka, banyak minum air putih menjadi cara mujarab untuk menaklukannya di awal. Air putih dapat menurunkan demam dari dalam. Air putih juga mengatasi dehidrasi karena cairan dalam tubuh penderita banyak menguap karena panas tinggi.

2. Minum Obat Penurun Panas Badan

Obat penurun panas badan tetap menjadi pilihan utama banyak orang, meski mengandung zat kimia. Obat penurun panas, seperti merek Sanmol dapat dengan cepat menurunkan suhu tubuh yang meningkat.

3. Obat tradisional Penurun Panas

Selain obat apotek, obat herbal demam dan sakit kepala yang ringan juga dapat digunakan. Namun, harus diketahui bahwa reaksi obat herbal tidak akan secepat obat kimia. Penderita dan keluarga harus sabar dalam menggunakannya. Contoh obat herbal yang dapat digunakan adalah bawang merah, jahe, madu, dan sebagainya.

4. Banyak Mengkonsumsi Buah-Buahan

Buah-buahan banyak mengandung air dan vitamin C. Selain itu, konsumsi buah sangat menyegarkan bagi orang yang nafsu makannya sedang menurun. Air dalam buah berfungsi hampir sama dengan ai putih. Sementara vitamin C akan meningkatkan kekebalan tubuh agar dapat melawan infeksi secara lebih baik dan berguna dalam pemulihan. Buah penurun panas dewasa dan anak, antara lain jeruk, semangka, delima merah, pisang, dan lain-lain.

Sponsors Link

5. Istirahat Cukup

Virus akan semakin cepat berkembangbiak dalam tubuh jika kondisi tubuh terus menurun. Aktivitas yang masih terus dilakukan salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, setiap orang yang sakit disarankan untuk istirahat. Ketika istirahat, energi yang dimiliki akan lebih fokus untuk melawan infeksi yang semakin menyebar.

6. Makanan Penurun Demam

Tetap mengkonsumsi makanan bergizi meski sedikit demi sedikit akan sangat membantu cara mengobati demam zika. Makanan lunak , direbus, buah-buahan, dan sayuran yang sangat dianjurkan. Makanan penyebab demam tinggi, seperti makanan mengandung gula, makanan dengan karbohidrat tinggi sehingga sulit dicerna, alkohol, dan lain-lain harus dijauhi selama sakit.

7. Kompres

Kompres penurun panas efektif untuk menurunkan suhu badan dan membuat penderita sakit menjadi lebih nyaman. Cara kompres yang benar untuk demam tinggi  harus diketahui, seperti dengan air hangat dan diletakkan di dahi, lipatan ketiak, dan lipatan paha. Selanjutnya kompres harus diganti beberapa menit sekali ketika sudah mulai kering. Untuk kepraktisan, penggunaan plester kompres demam untuk anak dan dewasa mempunyai fungsi yang sama degan kompres air hangat.

8. Tidak Memberikan Aspirin dan Obat Anti Inflamasi

Aspirin dan obat anti inflamasi biasa digunakan untuk menghilankan nyeri. Ternyata penggunaannya tidak diijinkan tanpa resep dokter. Penggunaan aspirin dan obat anti infalamasi pada cara mengobatai demam zika dikhawatirkan akan membuat pendarahan di beberapa organ tubuh bagian dalam.

Sponsors Link

9. Mengisolasi Penderita Demam Zika

Mengisolasi penderita demam zika dari orang di sekeliling bagian dari pengobatan. Usahakan juga penderita untuk beristirahat di kamar yang bebas nyamuk. Jika tidak, dikhawatirkan demam zika akan menular kepada orang dan menciptakan sebaran demam panas yang tidak ada akhirnya.

10. Ke Dokter

Mengunjungi dokter adalah pengobatan terakhir yang dapat dilakukan pada demam zika. Jika demam tidak membaik, demam tidak kunjung sembuh pada orang dewasa dan anak, dan kondisi penderita terus menurun, maka ke dokter menjadi kewajiban. Dokter dengan berbagai peralatan akan lebih mudah dan cepat menangani penderita dengan tepat.

Itulah 10 cara mengobati demam zika secara pertama. Akan lebih baik jika kita semua mencegah berjangkitnya demam tersebut dengan cara mencegah demam berdarah dengan 3M, memeriksa negara yang akan dikunjungi jika ke luar negeri, dan menjauhi penderita demam zika. Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,



Oleh :
Kategori : Pengobatan