Sponsors Link

6 Cara Menurunkan Demam Bayi 3 Bulan Dengan Cepat

Sponsors Link

Cara Menurunkan Demam Bayi 3 BulanBerbagai macam cara menurunkan demam bayi 3 bulan dapat dilakukan baik secara medis maupun tradisional. Setiap metode tentu akan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Metode yang satu belum tentu cocok dengan yang lain.

ads

Oleh sebab itu kenali kondisi fisik bayi sebaik mungkin supaya jika demam lassa dapat diatasi dengan pendekatan yang paling maksimal manfaatnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa cara menurunkan demam bayi 3 bulan baik secara medis maupun tradisional.

1. Obat Turun Panas

Jika sedang demam maka umumnya dokter akan memberikan resep berupa obat penurun panas badan yang paling minim efek sampingnya. Terutama karena diberikan pada bayi dua bulan yang masih sangat kecil. Umumnya bayi akan diberikan obat berupa parasetamol yang paling minim efek samping. Atau dapat juga dengan pemberian ibuprofen yang tidak hanya dapat menurunkan demam, namun akan membantu supaya rasa nyeri di badan maupun sakit kepala yang membuat bayi menangis rewel dapat segera diatasi.

2. Parutan Bawang Merah

Cara tradisional yang telah banyak dipakai sejak jaman nenek moyang yaitu dengan menggunakan parutan bawang merah. Cara ini paling mudah untuk dilakukan. Cukup oleskan hasil parutan bawang ke punggung dan perut bayi. Usapkan perlahan sehingga perlahan penyebab demam bayi naik turun disertai batuk pilek akan mulai pulih dan turun dengan sendirinya. Karena cara ini minim efek samping, maka ini merupakan cara alami paling digemari oleh kebanyakan orang tua.

3. Minum Air Putih

Demam pada bayi bisa saja terjadi karena hal sepele, contohnya yaitu dehidrasi. Oleh sebab itu jika mendapati suhu badan tubuh bayi meningkat perlahan, sebaiknya berikan asupan cairan yang cukup. Berikan bayi minum air putih yang memadai sehingga penyebab demam hilang timbul yang terjadi pada bayi berangsur-angsur turun dengan sendirinya. Sehingga bayi dapat melakukan aktivitasnya dengan normal kembali.

4. Perbanyak ASI

Cara menurunkan demam bayi 3 bulan berikutnya yang paling penting yaitu dengan memaksimalkan pemberian ASI. Karena bayi berusia dua bulan belum boleh menerima makanan padat. Akhirnya bayi hanya dapat menerima cairan terutama ASI. Jika diberikan susu formula, sebaiknya pantau terus keadaan dan suhu tubuh bayi. Karena khasiatnya akan berbeda antara menggunakan ASI dan susu formula.

Sponsors Link

5. Uap Minyak Kayu Putih

Untuk menurunkan demam dengan cara alami dapat pula dengan menggunakan uap minyak kayu putih. Sehingga hal ini tidak hanya membantu menurunkan gejala demam tifoid pada anak bayi, namun juga mengatasi gejala yang menyertai demam seperti misalnya batuk pilek. Dengan uap maka pernafasan akan lancar dan dahak akan dibuang secara alamiah.

6. Kompres Dingin

Sebaiknya jika bayi mengalami demam ringan segera berikan plester kompres demam untuk anak yang diletakkan pada dahi. Dapat dengan menggunakan handuk dingin dan dapat pula dengan menggunakan kompres instan yang tersedia di toko obat. Pantau terus suhu badan bayi supaya terhindar dari resiko kejang demam yang berbahaya. Jika demam makin tinggi segeralah bawa bayi ke dokter atau rumah sakit untuk penanganan yang lebih tepat.

Sponsors Link

Demikian beberapa cara menurunkan demam bayi 3 bulan secara medis ataupun tradisional yang dapat memberikan manfaat maksimal bagi kesembuhan bayi dalam melawan demam. Dengan penanganan yang tepat, maka diharapkan demam segera turun dengan sendirinya dan bayi tidak merasa rewel lagi akibat demam yang diderita. Sehingga tumbuh kembang bayi tetap maksimal dan kesehatan bayi dapat pulih dengan cepat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan