Sponsors Link

10 Cara Menurunkan Demam Dalam Sehari dengan Cepat

Sponsors Link

Demam memang tidak tergolong sebagai sebuah penyakit, namun sebagai respon alami yang diberikan oleh tubuh saat ada virus atau bakteri yang masuk dan akan menyerang tubuh. Untuk mencegah virus dan bakteri berkembang lalu menyebabkan penyakit yang cukup parah, tubuh kemudian menaikkan suhunya.

ads

Saat sedang demam, tentu akan banyak aktivitas yang terganggu karena kesehatan seseorang tidak baik. Agar tidak berlarut larut, demam harus sembuh dalam sehari. Sebenarnya hal tersebut bukan mustahil, asal tahu bagaimana cara menurunkan demam dalam sehari dengan tepat.

1. Berendam Air Hangat

Cara Mengobati Demam Tinggi yang bisa menurunkan demam dalam sehari adalah dengan berendam air hangat. Persiapkan air di bak dengan kadar hangat yang diinginkan. Tambahkan rempah atau minyak aromaterapi yang bisa membuat tubuh menjadi rileks. Berendamlah sampai suhu air perlahan turun. Dengan demikian suhu tubuh juga akan turun. Tapi jangan sampai menunggu air benar benar dingin ya.

2. Memakai Kaus Kaki Basah

Ini adalah Perawatan Anak Demam Tinggi yang bisa dilakukan jika anak tidak ingin minum obat. Cara menurunkan demam dalam sehari ini cukup sederhana, yaitu dengan memakaikan kaus kaki basah ke anak. Celupkan kaus kaki ke air, peras airnya lalu pakaikan pada kaki anak selama semalam.

Cara ini bisa dibilang sangat ampuh, karena hanya dalam beberapa jam saja suhu tubuh anak akan turun dan menjadi lebih normal.

3. Kompres Handuk Dingin

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membebat kepala orang yang sedang demam dengan handuk dingin. Selama ini banyak pertanyaan tentang Kompres Demam Pakai Air Hangat atau Dingin. Dengan kompres dingin, demam dapat turun lebih cepat karena terpengaruh suhu yang lebih rendah.

Manfaat Kompres Demam dengan handuk dingin bisa didapatkan dengan cara berikut: Celupkan handuk ke air dingin atau air es, lalu peras airnya. Balutkan handuk secara melingkar di kepala, leher, pergelangan kaki dan tangan. Jadi handuk yang digunakan kurang lebih berjumlah 4 buah.

4. Menghindari Makanan Tidak Sehat

Asupan makanan juga penting untuk diperhatikan jika ingin menurunkan demam dalam sehari. Jangan pernah menyentuh Makanan yang Harus Dihindari saat demam seperti gorengan atau makanan junk food cepat saji yang mengandung banyak pengawet.

5. Banyak Konsumsi Vitamin C

Seseorang akan mudah terserang demam saat daya tahan tubuhnya lemah. Lemahnya daya tahan tubuh ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara alin adalah kurang istirahat, makan makanan yang bergizi dan vitamin.

Sponsors Link

Vitamin C dapat membantu memulihkan daya tahan tubuh seseorang secara efektif. Manfaat Vitamin C Saat Demam memang sangat besar. Pilih buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk. Manfaat  Buah Jeruk Untuk Demam bisa didapatkan dari kandungan vitamin C di dalamnya.

6. Makan Sup Hangat

Sup hangat adalah Makanan Untuk Orang Demam Tinggi dan Panas yang sangat manjur. Selain karena mengandung banyak nutrisi dari sayur, sup hangat bisa menenangkan perut yang tidak nyaman akibat demam.

Tidak hanya hangat untuk tubuh, kuah yang ada pada sup juga bisa membantu mencukupi kebutuhan cairan dan menghindarkan penderita demam dari dehidrasi. Buatlah sup dengan bahan bahan yang mengandung gizi seimbang seperti sayur dan daging ayam atau daging sapi.

7. Banyak Minum Air

Hubungan Dehidrasi Dengan Demam cukup erat karena demam yang terlalu tinggi cepat membuat penderitanya mengalami dehidrasi. Hindari hal ini dengan cara minum banyak air putih selama dehidrasi. Habisnya cairan di dalam tubuh memang salah satu Efek Demam Tinggi yang biasa dialami oleh siapa saja, termasuk anak anak hingga orang tua.

8. Minum Teh Herbal

Cara menurunkan demam dalam sehari yang selanjutnya adalah dengan meminum teh herbal. Terutama jika demam disertai dengan batuk pilek dan hidung tersumbat, maka teh herbal bisa meredakan hidung yang mampet. Obat Tradisional Demam Menggigil yang satu ini sudah dipercaya khasiatnya untuk menyembuhkan demam dalam waktu singkat. Buat teh dari pepermin, raspberry, calendula, dan basil.

Teh herbal sangat mudah didapatkan karena banyak dijual di supermarket.

Sponsors Link

9. Wedang Jahe

Minuman tradisional yang satu ini telah dipercaya khasiatnya sebagai Obat Panas Dingin Menggigil yang bisa menghangatkan badan. Jahe memiliki manfaat menenangkan untuk tubuh sekaligus juga menghangatkan. Minum wedang jahe kemudian istirahat yang cukup agar kondisi tubuh cepat pulih dan panas sembuh dalam sehari.

10. Obat Penurun Panas Badan

Cara tercepat untuk menurunkan demam dalam sehari tentu saja dengan minum obat. Bahkan hanya dalam hitungan jam, panas tubuh akan turun. Pilih obat yang mengandung paracetamol seperti Sanmol. Paracetamol mampu menurunkan demam dengan efektif.

Itulah berbagai cara menurunkan demam dalam sehari yang patut dicoba. Terutama bagi Anda yang bekerja, tentu saja demam akan merugikan karena banyak waktu yang tersita untuk istirahat. Menurunkan demam dengan cepat adalah solusi terbaik agar semua aktivitas dapat kembali berjalan lancar seperti biasa. Namun jangan lupa untuk menjaga kesehatan dengan baik agar tidak sampai terkena demam. Jalani pola hidup sehat dengan makan makanan yang bergizi, rajin olahraga, dan istirahat yang cukup.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan