Sponsors Link

Cara Menurunkan Demam dengan Daun Sirsak (#Wajib Dicoba)

Sponsors Link

Salah satu jenis penyakit yang paling umum diderita oleh semua orang mulai dari bayi hingga dewasa adalah Demam. Namun perlu dipahami juga bahwa demam sebenarnya bukanlah merupakan sebuah penyakit. Demam adalah gejala yang ditunjukkan oleh tubuh saat dirasa ada benda asing yang masuk. Benda asing yang dimaksud adalah virus dan bakteri.

ads

Di antara banyaknya Jenis Demam yang ada, terdapat 2 demam yang paling sering diderita oleh anak anak hingga dewasa:

  • Demam Infeksi. Yaitu demam yang disebabkan oleh infeksi bakteri di bagian tubuh tertentu. Bakteri bisa masuk ke dalam tubuh melalui banyak medium, seperti pori pori kulit yang terbuka, tempat yang lembab, hingga makanan yang tidak bersih.
  • Demam Virus. Adalah demam yang diderita seseorang setelah ada Virus Penyebab Demam yang masuk ke dalam tubuh. Penularan demam lewat virus ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti gigitan serangga, sentuhan, atau penggunaan barang barang yang sama dengan orang yang sudah lebih dulu terinfeksi virus.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan demam, antara lain adalah secara medis dan secara alami. Meski teknologi kedokteran telah maju, banyak orang masih menggunakan cara tradisional untuk menurunkan demam. Banyak obat tradisional yang berasal dari tumbuhan yang bisa digunakan untuk menurunkan demam secara efektif. Salah satunya adalah dengan menggunakan daun sirsak.

Cara Menurunkan Demam dengan Daun Sirsak

Mungkin banyak yang belum tahu bahwa daun sirsak adalah Daun Penurun Panas Badan yang sangat efektif dan dipercaya. Di dalam daun sirsak terdapat berbagai macam vitamin seperti kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, B, C, flavonoid, tannin, alcaloid, saponin, kalsium oksalat, dan fitosterol. Selain itu daun sirsak juga mengandung annona acetogenis, yaitu asam lemak alami yang sangat baik untuk tubuh.

Daun sirsak bisa diolah menjadi Obat Tradisional Penurun Panas Orang Dewasa dan akan akan yang ampuh, terutama untuk Demam Disertai Nyeri Tulang Belakang pada lansia.

  • Ambil 20 lembar daun sirsak, usahakan yang masih segar langsung dari daunnya.
  • Cuci daun sirsak dengan menggunakan air yang bersih, lalu sobek sobek menjadi lebih kecil.
  • Panaskan api, kemudian rebus daun sirsak bersama dengan 500 ml air.
  • Biarkan sampai mendidih, jangan matikan apinya sampai air rebusan hanya tersisa 1/3 bagian saja.
  • Matikan api, biarkan ramuan daun sirsak sampai dingin.
  • Sebelum diminum, saring ramuan daun sirsak terlebih dahulu.
  • Minum ramuan dalam satu tegukan.

Mengobati demam dengan bahan tradisional seperti sirsak memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, terutama untuk anak anak. Sesuaikan takaran minum dengan usia si penderita demam. Jika penderita masih anak anak, makan 2 sampai 3 sendok saja sudah cukup. Berbeda dengan orang dewasa yang boleh meminum hingga 1 gelas.

Jika panas tidak kunjung reda selama 3 hari, segera periksakan diri ke dokter. Jangan sampai ada penyakit yang lebih serius dan berbahaya untuk tubuh.

Sponsors Link

Manfaat Daun Sirsak Untuk Demam

Sebagai obat tradisional yang telah dipercaya, banyak manfaat yang bisa didapatkan untuk kesehatan tubuh, terutama untuk meredakan demam. Apa saja manfaat dari daun sirsak? Ini dia:

  1. Meredakan Demam tubuh yang ringan, seperti Demam Biasa yang bisa sembuh hanya dalam waktu 1 atau 2 hari saja.
  2. Meredakan gejala Demam Malaria dengan sangat efektif sehingga virus tidak sempat melakukan inkubasi di dalam tubuh.
  3. Dapat digunakan sebagai Obat Tradisional Demam Rematik karena daun sirsak mampu mengurangi rasa sakit yang diakibatkan oleh nyeri sendi. Nyeri tulang dan sendi yang dibarengi dengan demam tubuh biasanya adalah Gejala Demam Malaria yang harus diwaspadai.
  4. Mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh, seperti Demam Karena Radang tenggorokan atau radang sendi. Meminum daun sirsak secara rutin bisa mengurangi resiko nyeri sendi dan penyakit rematik.
  5. Menurunkan kadar gula pada penderita diabetes secara alami. Bahkan jika penderita diabetes mengalami demam, daun sirsak dapat digunakan untuk obat Demam Pada Penderita Diabetes.
  6. Meringankan Diare Disertai Demam yang bisa menyerang anak anak atau orang dewasa. Minum ramuan daun sirsak 2 kali sehari untuk meredakan diare dan menurunkan demam tubuh.
  7. Menghambat pertumbuhan sel kanker dengan sangat efektif. Kandungan senyawa fitokimia di dalam daun sirsak dapat menghambat aktivitas sel kanker.
    Sponsors Link

  8. Bagi penderita hipertensi, daun sirsak adalah obat alami untuk menurunkan tekanan darah. Seperti diketahui, hipertensi dalam menyebabkan penyakit lain yang lebih parah seperti komplikasi pada ginjal dan jantung.
  9. Ekstrak daun sirsak dapat mengobati penyakit kelebihan bilirubin dalam darah atau jaundice. Gejala penyakit ini adalah kulit dan selaput mata yang berubah warna menjadi kekuningan.
  10. Daun sirsak dapat mempekuat sistem imun di dalam tubuh. Dengan sistem imun yang kuat, seseorang tidak akan mudah terserang berbagai penyakit dan tubuh menjadi lebih sehat.

Itulah penjelasan tentang cara menurunkan demam dengan daun sirsak yang alami, beserta manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari daun sirsak. Selain melakukan pengobatan, demam juga perlu dirawat dengan baik agar cepat sembuh, yaitu dengan memakan Makanan Penurun Demam Orang Dewasa dan anak serta menjauhi Makanan yang Harus Dihindari Saat Demam.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan