Sponsors Link

4 Cara Menurunkan Demam Malaria Terbukti Ampuh dan Cepat

Sponsors Link

Penyakit malaria merupakan penyakit yang berhubungan dengan peredaran darah serta butuh pengetahuan tentang cara menurunkan gejala demam malaria. Penyakit malaria ini jika dibiarkan dan tidak segera ditangani akan menjadi penyakit yang berbahaya bagi penderitanya dan bahkan dapat menyebabkan kematian yang berbahaya. Jenis penyakit malaria yang paling berbahaya adalah Malaria Tropica.

ads

Penyakit malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium. Parasit Plasmodium disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina. Gigitan nyamuk malaria ini sering terjadi pada malam hari. Setelah terjadi gigitan, maka parasit akan masuk ke dalam darah. Selain gigitan nyamuk secara langsung, penyakit malaria juga bisa terjadi melalui transfusi darah atau melalui pemakaian jarum suntik yang dipakai secara bergantian.

Penyakit malaria memunculkan beberapa gejala, antara lain demam jerami, berkeringat, menggigil dan kedinginan, muntah, sakit kepala, diare, dan nyeri otot. Penyakit malaria juga mengakibatkan turunnya berat badan seseorang secara drastis. Oleh karena itu, penyakit ini harus segera diatasi.

Mengingat bahwa penyakit malaria ini merupakan penyakit yang berbahaya sekaligus bisa mematikan, maka dari itu, alangkah baiknya bila kita segera melakukan penanganan untuk meringankan gejala dari penyakit malaria seperti demam, dan lainnya. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai cara menurunkan tanda demam malaria yang paling alami.

1. Air Putih

Demam yang ditimbulkan oleh penyakit malaria, terutama pada anak, dapat meningkatkan resiko terjadinya dehidrasi atau kekurangan cairan. Tanda yang menyatakan terjadinya dehidrasi antara lain berkurangnya kencing serta warna dari air kencing tersebut tampak lebih gelap dari biasanya. Oleh karena itu, pada saat penyebab demam hilang timbul muncul, penderita sebaiknya segera diberi konsumsi air putih dalam jumlah yang memadai untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

2. Air Lemon

Gejala awal dari penyakit malaria yaitu timbulnya demam enterik yang tinggi. Oleh karena itu, untuk menurunkan suhu tubuh pada saat terjadi demam, kita dapat menggunakan air lemon. Cara membuatnya pun sederhana, yaitu cukup dengan mencampurkan air lemon ke dalam segelas air putih hangat. Setelah itu, air campuran tersebut dapat diminumkan pada penderita. Dengan meminum campuran air lemon tersebut, suhu tubuh akan menurun, begitu pula dengan penyakit demam. Konsumsi air lemon ini pun dapat dilakukan setiap hari agar penyembuhan penyakit malaria bisa terbantu.

3. Pohon Kina

Sejak dulu, pil kina diketahui sebagai obat yang bisa berfungsi untuk meningkatkan kondisi kesehatannya. Hal ini bisa terjadi karena kandungan pada kina dapat membunuh parasit malaria yang ada di dalam aliran tubuh sehingga berbagai gejala dari penyakit malaria itu dapat dikurangi, termasuk demam. Selain itu, kulit pohon kina juga dapat digunakan untuk mengurangi gejala demam denggi sebab kulit pohon kina mengandung zat yang dapat mencegah infeksi serta dapat berfungsi sebagai analgesik yang menghilangkan rasa sakit dan mengurangi demam.

Sponsors Link

4. Kompres Dingin

Kompres dingin diperkirakan dapat menjaga suhu tubuh agar tetap stabil. Dengan kompres dingin, penderita penyakit malaria dapat mengalami penurunan suhu tubuh sehingga kemunculan demam biasa dapat ditekan semaksimal mungkin. Cara kompres dingin pun sangat mudah, yaitu dengan merendam kain, washlap, atau handuk di dalam air dingin. Setelah itu, letakkan di beberapa area tubuh penderita demam malaria, seperti pada bagian dahi, tangan, atau kaki. Kompres tersebut sebaiknya didiamkan selama kurang lebih 10 menit dan dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari. Kompres juga dapat dilakukan secara lebih sering ketika suhu tubuh penderita sedang meningkat.

Itulah tadi cara menurunkan demam malaria yang paling alami dan tanpa efek samping. Dengan demikian maka penderita akan dapat lekas sembuh. Sehingga aktifitas sehari-hari juga dapat berjalan normal kembali.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan