Sponsors Link

5 Cara Menurunkan Demam Pada Bayi 7 Bulan dengan Cepat

Sponsors Link

Gejala penyakit pada bayi yang paling dicemaskan oleh orang tua adalah Demam. Jika sudah demam, orang tua pasti akan panik mencari cara menurunkan demam pada bayi 7 bulan yang aman dan efektif. Ada 2 macam jenis demam yang bisa menyerang bayi, yaitu demam yang disebabkan oleh virus dan demam yang disebabkan oleh bakteri. Demam pada bayi memang harus segera disembuhkan agar tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih parah lagi.

ads

Kenali pula macam macam demam pada bayi karena tidak semua demam yang menyerang bayi adalah demam yang berbahaya. Bisa jadi demam tersebut hanyalah demam biasa yang merupakan efek samping dari imunisasi atau tumbuh gigi. Meskipun demikian, jangan pernah menyepelekan demam yang diderita anak dan segera cari penanganan yang tepat agar demam anak bisa turun dengan cepat.

Inilah cara menurunkan demam pada bayi 7 bulan yang paling efektif dan ampuh:

1. Sering Memberi ASI

Meski sudah mendapatkan makanan pendamping, ASI masih menjadi makanan utama untuk bayi. Saat demam nafsu makan bayi biasa menurun sehingga bayi harus lebih sering diberi ASI. Ini juga penting untuk menghindarkan bayi dari dehidrasi. Salah satu tanda bayi dehidrasi karena demam adalah seluruh tubuh memerah dan bibir kering. Hubungan dehidrasi dengan demam memang sangat erat, yaitu cairan tubuh cenderung mudah menguap karena suhu panas yang tinggi.

2. Menambah Waktu Tidur Bayi

Bayi sebenarnya dapat menyembuhkan panasnya sendiri sehingga orang tua tidak perlu pusing memikirkan cara menurunkan panas pada bayi 7 bulan. Caranya adalah dengan menambah waktu tidur bayi. Selama bayi tidur, sel sel tubuhnya akan membentuk sistem imun baru yang lebih kuat untuk melawan demam. Dengan demikian gejala demam pada bayi akan cepat reda. Tetapi waspadai juga jika bayi demam tidur terus karena bisa jadi tubuh bayi justru menjadi lebih lemah.

3. Memberi Bayi Baju yang Tipis

Tubuh yang panas tentu saja akan membuat bayi menjadi mudah gerah dan berkeringat. Jangan memberikan pakaian yang tebal pada bayi karena hanya akan membuat panas dalam tubuhnya terperangkap dan tidak bisa keluar. Akibatnya, panas bayi justru akan semakin menjadi. Berikan bayi pakaian tipis dari bahan katun yang menyerap keringat. Dengan demikian panas di dalam tubuh bayi bisa keluar dengan lancar dan demam akan segera turun.

Selain itu perhatikan juga suhu ruangan tempat bayi tidur. Tempatkan bayi di dalam ruangan yang sejuk dengan sirkulasi udara lancar. Tidak terlalu panas, tetapi juga tidak terlalu dingin. Pastikan ruangan tidur bayi memiliki ventilasi yang cukup untuk masuk dan keluarnya udara.

4. Mengecek Suhu Tubuh Bayi Secara Rutin

Saat bayi demam, periksalah suhu tubuh bayi setiap 1 jam sekali. Dengan demikian bisa diketahui apakah demam bayi semakin menurun atau justru bayi mengalami demam naik turun yang menjadi gejala penyakit lain seperti demam berdarah. Atau malah bayi mengalami demam berkepanjangan dimana suhu tubuhnya terus panas tanpa mengalami penurunan sedikitpun.

5. Diberi Kompres Demam

Satu lagi cara yang harus dicoba orang tua untuk menurunkan demam bayi 7 bulan dengan cepat. Berikan kompres air hangat pada bayi. Manfaat kompres demam sangatlah besar, yaitu menurunkan demam bayi secara efektif karena suhu hangat kompres akan menyerap panas tubuh bayi juga. Cara menurunkan panas dengan kompres sudah menjadi tradisi dan dilakukan sejak lama. 

Sponsors Link

Penyebab Panas Pada Bayi 7 Bulan

Demam atau panas yang menyerang bayi 7 bulan tentu terjadi karena suatu penyebab. Agar orang tua tahu cara yang tepat untuk menurunkan demam pada bayi 7 bulan, inilah berbagai penyebab yang harus dipahami terlebih dahulu:

  • Imunisasi

Efek samping imunisasi demam yang diderita oleh bayi bisa jadi karena vaksin yang disuntikkan sedang bekerja. Lakukan perawatan bayi demam setelah imunisasi dengan baik agar bayi tidak menjadi semakin rewel dan panasnya bisa cepat reda.

  • Flu

Jika bayi sedang demam, perhatikan apakah ada gejala lain yang menyertai, seperti flu. Jika ada, maka penyebab utama bayi mengalami demam adalah flu yang diderita. Segera sembuhkan flu bayi agar demamnya juga segera reda. 

Sponsors Link

  • Difteri

Penyakit difteri kini memang sedang mewabah dan mengancam bayi hingga remaja usia 17 tahun. Jika demam bayi tidak kunjung turun dalam 3 hari, segera bawa ke dokter. Jangan lupa untuk memberikan vaksin bayi tepat waktu.

  • Bakteri dan Virus

Kedua benda asing ini dianggap sebagai ancaman oleh tubuh yang bisa menyebabkan berbagai macam penyakit. Kenali tanda dan gejala lainnya karena virus dan bakteri bisa menyebabkan tifus dan demam berdarah.

Itulah berbagai cara menurunkan demam pada bayi 7 bulan yang bisa dilakukan oleh orang tua. Beserta dengan penyebab yang harus diwaspadai. Bagi bayi yang masih berusia 7 bulan, asupan gizi terpenting adalah ASI disertai dengan makanan pendamping ASI yang harusnya kaya nutrisi untuk membantu pertumbuhan anak dan menguatkan daya tahan tubuhnya. Sebagai orang tua yang baik, selalu jaga kesehatan anak dengan memperhatikan faktor eksternal seperti kebersihan lingkungan dan kebersihan orang tua saat melakukan kontak dengan bayi.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan