Sponsors Link

10 Cara Menyembuhkan Panas Dingin dan Pusing dengan Cepat

Sponsors Link

Saat tubuh sedang tidak sehat, maka ia akan menunjukkan gejala tertentu yang menandakan adanya penyakit yang akan menyerang. Salah satu pertandanya adalah demam. Demam merupakan kondisi di mana suhu tubuh mengalami peningkatan di atas suhu normal. Jenis demam ada banyak, salah satunya adalah demam yang terjadi akibat masuknya virus penyebab demam ke dalam tubuh. Demam ini disebut dengan demam virus.

ads

Sebenarnya demam bukanlah penyakit, namun cara tubuh untuk mempertahankan diri dari serangan benda asing yang masuk. Benda asing yang dimaksud adalah virus atau bakteri. Demam atau panas tubuh biasanya dating dengan gejala lain, seperti pusing dan dingin. Ada banyak penyebab panas dingin dan pusing yang dialami seseorang.

Tubuh panas dingin dan pusing bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari bayi hingga anak anak. Inilah beberapa cara menyembuhkan panas dingin dan pusing yang ampuh.

  1. Banyak Minum Air Putih

Air putih adalah sumber cairan utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan metabolisme. Terutama saat tubuh sedang demam, konsumsi air putih harus diperbanyak untuk mencegah dehidrasi. Hubungan dehidrasi dengan demam memang sangat erat karena suhu yang panas mudah menguapkan air yang ada di dalam tubuh.

  1. Minum Air Hangat

Saat gejala panas dingin dan pusing mulai dirasa, segera ambil langkah pencegahan yang tepat agar demam tidak menjadi semakin parah. Salah satunya adalah dengan minum banyak air hangat. Suhu hangat air akan meredakan panas yang ada di dalam tubuh secara perlahan serta gejala lain yaitu dingin dan pusing. Hindari minum es atau minuman dingin lain saat tubuh sedang panas.

  1. Cukup Istirahat

Tubuh yang lelah lebih mudah terserang penyakit. Hal ini karena sistem imun tubuh sedang rendah saat seseorang lelah sehingga virus dan bakteri mudah masuk. Mengistirahatkan untuk adalah cara mengatasi demam sesuai usia, yaitu untuk orang dewasa yang terlalu lelah bekerja. Tidurlah di ruangan yang sejuk dengan sirkulasi udara yang lancer.

  1. Larutan Air Garam

Salah satu cara mengobati panas dingin secara alami adalah dengan merendam kaki ke dalam larutan air garam. Air garam mampu membuat tubuh terasa lebih rileks dan tenang, sehingga pusing cepat menghilang. Larutkan sedikit garam ke dalam air hangat. Ambil wadah baskom besar atau ember agar kedua kaki dapat masuk secara bersamaan. Rendam kaki di dalam air hingga suhu air menurun dan tidak terasa hangat lagi.

  1. Kompres Air Hangat

Jangan menyepelekan manfaat kompres demam saat tubuh sedang panas. Cara sederhana ini sangat ampuh untuk menurunkan panas yang disertai badan dingin dan pusing. Kompres air hangat mampu menyerap panas yang ada di dalam tubuh dan mengembalikan suhu tubuh ke angka yang normal. Kompres dengan air hangat lebih disarankan karena suhu hangat mampu menyerap panas yang ada di dalam tubuh. Sedangkan kompres dengan air dingin atau air es dapat mendinginkan tubuh namun sifatnya hanya sementara. Setelah kompres diangkat, tubuh akan kembali panas.

  1. Minyak Kayu Putih

Minyak yang berasal dari tumbuhan alami memang bisa memberikan sensasi menenangkan pada tubuh yang sedang tidak sehat. Salah satu minyak tersebut adalah minyak kayu putih. Penggunaan minyak kayu putih untuk demam yang disertai badan dingin dan pusing memang sangat umum. Rasa hangat dan bau harum minyak kayu putih membuat tubuh bisa berisitirahat dengan nyenyak dan cepat pulih seperti semula.

Sponsors Link

  1. Obat Penurun Panas

Salah satu cara cepat dan ampuh untuk segera meredakan panas tubuh adalah dengan meminum obat penurun panas badan. Jenis dan dosis obat tentu tidak bisa sembarangan, namun harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Obat penurun panas yang ampuh biasanya adalah obat yang memiliki kandungan paracetamol seperti Sanmol yang mudah didapatkan di apotek terdekat.

  1. Kunyit Putih

Sama halnya dengan kunyit kuning, kunyit putih dapat digunakan sebagai cara menyembuhkan panas dingin dan pusing pada seseorang. Haluskan kunyit putih, peras sarinya lalu campur dengan madu. Dapat diseduh dengan air hangat sebelum diminum oleh penderita. Kunyit putih dikenal sebagai obat herbal demam meriang yang berkhasiat.

  1. Teh Jahe

Obat penurun demam untuk dewasa yang banyak disukai adalah teh panas yang dicampur dengan jahe. Sensasi hangat yang diberikan oleh minuman tersebut akan memulihkan metabolisme tubuh yang menurun akibat serangan virus dan penyakit.

Sponsors Link

  1. Bawang Merah

Satu lagi bahan alami yang bisa menyembuhkan gejala panas dingin dan pusing. Bawang merah sering digunakan ibu ibu jaman dahulu untuk menyembuhkan anak yang sedang demam. Bawang putih mampu menghangatkan tubuh anak yang terasa dingin. Cara menurunkan demam dengan bawah merah yang benar adalah dengan mengiris bawang merah menjadi 2 bagian, lalu digosokkan ke punggung anak secara merata.

Itulah berbagai cara menyembuhkan panas dingin dan pusing yang bisa diterapkan pada bayi, anak anak, maupun dewasa. Perlu diingat bahwa menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang paling utama sebelum penyakit menyerang. Jalani gaya hidup sehat dengan istirahat cukup dan rajin olahraga untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan