Sponsors Link

6 Cara Meredakan Demam Batita Paling Aman dan Mudah

Sponsors Link

Demam bisa terjadi karena respon tubuh terhadap cedera atau infeksi yang akan merangsang tubuh untuk lebih banyak mengerahkan leukosit atau sel darah putih dan juga antibodi sehingga infeksi yang terjadi didalam tubuh bisa teratasi. Sebenarnya, demam bisa sembuh dengan sendirinya seiring dengan penyembuhan penyakit yang menjadi penyebab demam. Namun pada demam batita atau anak dibawah umur 3 tahun, maka membutuhkan perawatan khususnya untuk demam untuk memberikan kenyamanan pada bayi. Perlu diketahui jika juga demam yang terjadi pada batita bisa menjadi pertanda serius meski jarang mengancam jiwa. Agar tidak mengembangkan komplikasi dan bisa memberikan kenyamanan bayi untuk beristirahat, berikut ini kami memiliki beberapa cara meredakan demam batita yang bisa anda lakukan di rumah secara mudah.

ads
  1. Optimalkan Suhu Kulit dan Ruangan

Cara meredakan demam batita pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengoptimalkan suhu kulit dan juga ruangan. Kenakan batita pakaian satu lapis saja dengan bahan ringan agar panas bisa dikontrol dengan optimal. Perlu diketahui jika setiap lapisan pakaian akan lebih banyak menahan panas pada tubuh, sehingga memakaikan pakaian yang longgar sangat baik untuk membiarkan udara mengalir lebih bebas.

  1. Perbanyak Cairan

Demam panas yang terjadi pada batita bisa menyebabkan dehidrasi yang akan membuat kondisi kesehatan batita semakin menurun drastis. Untuk itu, sangat penting untuk memberikan cairan pada anak yang sedang demam agar terhindar dari dehidrasi. Pilihan cairan terbaik adalah air putih, namun jus buah atau air yang ditambah dengan buah buahan juga bisa diberikan pada anak.

  1. Mandikan Batita

Mandi juga menjadi cara efektif untuk meredakan demam biasa pada bayi bahkan bisa dikatakan lebih cepat dibandingkan dengan obat obatan sebab air bisa menghilangkan panas lebih baik jika dibandingkan dengan udara. Selain itu, memandikan batita juga bisa meredakan demam sambil menunggu efek dari obat obatan penurun panas atau pereda sakit yang diberikan pada bayi.

  • Gunakan air hangat dan jangan gunakan air dingin untuk memandikan bayi.
  • Hindari menambahkan etanol pada air mandi sebab tidak dianjurkan oleh pakar kesehatan.
  1. Berikan Obat Penurun Panas

Menyembuhkan gejala demam pada batita harus dilakukan pada saat yang tepat untuk menurunkan demam yang kemungkinan bisa menyebabkan komplikasi serius. Sedangkan untuk demam ringan tidak membutuhkan obat kecuali jika memang ada komplikasi lainnya. Sementara untuk demam sedang hingga tinggi maka harus diatasi dengan obat penurun panas seperti:

  • Acetaminophen: Bisa diberikan pada bayi dan batita namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
  • Iburofen: Ibuprofen bisa diberikan untuk anak yang sudah berumur diatas 6 bulan dengan dosis tepat. 
    Sponsors Link

Obat penurun panas untuk batita tersedia dalam bentuk cair dan juga suppository atau obat yang dimasukkan ke dalam dubur. Berikan obat dengan dosis tepat pada batita yang ditentukan berdasarkan umur dan juga berat tubuh anak.

  1. Berikan Antibiotik

Antibiotik untuk demam bisa diberikan untuk mengatasi infeksi bakteri namun tidak bisa diberikan untuk demam yang disebabkan karena infeksi virus. Penggunaan antibiotik sebaiknya tidak diberikan terlalu berlebihan sebab memang hanya dianjurkan untuk penggunaan seperlunya.

  1. Hubungi Dokter

Sebenarnya, demam tidak perlu selalu dikhawatirkan dan tidak membutuhkan perawatan anak demam panas yang terlalu berlebihan, namun juga tidak boleh diremehkan. Berikut ini akan kami berikan beberapa pedoman berdasarkan usia anak dan kapan waktu yang tepat untuk membawa batita anda ke dokter. 

Sponsors Link

  • 0 hingga 3 bulan: Demam 38 derajat celcius adalah tanda jika anda harus membawa bayi segera ke dokter meski tidak menimbulkan gejala.
  • 3 bulan hingga 2 tahun: Demam dibawah 38.9 derajat celcius bisa ditangani dengan pengobatan rumahan.
  • 3 bulan hingga 2 tahun: Demam diatas 38.9 derajat celcius membutuhkan penanganan medis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Demikian ulasan dari kami tentang cara meredakan demam batita yang kami harapkan bisa banyak membantu anda saat menghadapi demam pada anak. Sebaiknya, segera hubungi dokter jika anda kurang yakin apakah anak mengalami demam tinggi atau membutuhkan pengobatan lain sebelum nantinya anda menyesal.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan