Sponsors Link

Demam Saat Hamil 2 Bulan – Penyebab, Pengobatan dan Pencegahan

Sponsors Link

Ibu hamil memiliki resiko mengalami demam saat hamil 2 bulan. Hal ini dapat terjadi karena beberapa penyebab selama masa kehamilan. Oleh sebab itu dibutuhkan cara yang tepat untuk mencegah maupun mengobati kondisi tersebut. Jangan sampai akibat demam kelenjar pada dewasa, maka janin yang di dalam perut juga mengalami efeknya dan tumbuh dengan tidak sempurna akibat dari demam yang diderita. Untuk lebih jelasnya, maka berikut ini akan diberikan beberapa informasi mengenai kondisi demam saat hamil 2 bulan. Termasuk penyebab, cara mencegah maupun cara mengobatinya.

ads

Penyebab Demam

Ibu hamil yang mengalami demam umumnya dapat mengalami hal tersebut akibat beberapa penyebab. Biasanya secara umum virus penyebab demam selama masa kehamilan adalah sebagai berikut:

  • Daya tahan tubuh yang menurun, sehingga kondisi ibu hamil rentan terkena penyakit. Hal ini bisa saja karena setelah kehamilan berusia 2 bulan maka ibu mulai susah mengambil posisi tidur yang nyaman. Akibatnya ibu kurang tidur dan daya tahan tubuhnya melemah. Akibatnya maka ibu hamil akan mudah sakit dan mudah terserang demam.
  • Dehidrasi akibat kekurangan cairan. Ini adalah salah satu penyebab yang juga cukup umum dialami oleh ibu yang sedang hamil. Karena sebagian cairan akan terserap oleh air ketuban. Akibatnya ibu hamil kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi yang salah satu resikonya yaitu mengalami gejala demam panas.
  • Perubahan hormone selama masa kehamilan juga beresiko menyebabkan terjadinya demam pada ibu hamil. Oleh sebab itu jika terjadi demam ringan bisa jadi bahwa demam sebenarnya terjadi akibat hormone pada tubuh ibu hamil yang mengalami perubahan.

Cara Mencegah Demam

Untuk mencegah terjadinya demam pada ibu hamil maka dapat diambil beberapa langkah penting, yaitu di antaranya sebagai berikut:

  • Perbanyak minum air, karena masa kehamilan membutuhkan banyak cairan baik untuk mencegah dehidrasi maupun untuk air ketuban janin. Karena itu minum sedikitnya delapan gelas air putih dalam sehari.
  • Makan makanan bergizi yang kaya kandungan vitamin dan mineral. Supaya daya tahan tubuh lebih maksimal dan resiko terkena penyakit dapat lebih minim. Dengan demikian maka resiko mengalami gejala demam tulang otomatis juga akan berkurang.
  • Istirahat lebih banyak, supaya stamina ibu hamil terutama di masa kehamilan trimester kedua ini lebih baik. Dengan memperbanyak istirahat maka kemungkinan mengalami demam maupun infeksi penyakit akan lebih kecil.

Cara Mengobati Demam

Jika terlanjur mengalami demam maka ada beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk mengobati demam secara alami. Hal ini dimaksudkan supaya tidak terjadi efek samping berbahaya pada janin yang sedang dikandung akibat pemakaian obat demam dari dokter. Karena itu untuk amannya minum obat demam alami berikut:

  • Gunakan uap minyak kayu putih supaya demam disertai sesak nafas dapat turun secara alami dan berangsur-angsur tanpa menimbulkan resiko bagi janin.
  • Pakai olesan bawang merah di sekitar punggung agar demam mereda sedikit demi sedikit dengan sendirinya.
  • Gunakan kompres penurun panas pada dahi baik memakai handuk basah maupun kompres instan.
    Sponsors Link

Demikian penjelasan singkat mengenai kondisi demam saat hamil 2 bulan. Sangat penting untuk mengetahui apa saja penyebab demam tersebut. Sehingga dapat melakukan tindakan pengobatan yang sesuai. Yang paling penting yaitu dengan melakukan tindakan pencegahan dupaya demam tidak perlu timbul kembali. Dengan demikian maka janin yang berada di perut ibu tidak mengalami efek samping baik akibat demam maupun pengobatan demam tifoid itu sendiri.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pra Demam