Sponsors Link

Apakah Benar Demam Tingkat Rendah Persisten Sebagai Gejala Kanker?

Sponsors Link

Demam merupakan gejala yang memang sangat umum berhubungan dengan banyak macam kondisi yang sebagian besar bersifat jinak. Peningkatan suhu tubuh paling sering menjadi respons biologis pada bakteri atau virus penyebab demam seperti ketika batuk atau tersumbat. Tubuh hanya akan meningkatkan suhu tubuh untuk membantu menghancurkan kuman yang sedang menyerang tubuh. Lalu, apakah benar jika demam tingkat rendah persisten sebagai gejala kanker benar adanya?, simak penjelasan lengkap yang akan kami berikan berikut ini.

ads

Hubungan Demam dengan Kanker

Dalam beberapa kasus, gejala demam tingkat persisten sebagai gejala kanker memang bisa terjadi namun tidak bisa dijelaskan bisa berhubungan dengan kanker. Leukemia dan limfoma contohnya merupakan dua jenis kanker yang biasanya bisa menyebabkan demam.

Leukemia merupakan kanker jaringan pembentuk darah di dalam tubuh. Sedangkan limfoma merupakan kanker pada sistem limfatik yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan satu jenis disebut dengan penyakit Hodgkin dan jenis lain disebut dengan limfoma non hodkin.

Perbedaan Utama Leukemia dan Limfoma

Ada beberapa hal yang membuat leukemia bisa berbeda dengan limfoma.Berikut ini adalah beberapa tanda utama demam panas terkait dengan kanker.

  • Ini merupakan demam berkepanjangan yang artinya bisa terjadi lebih dari 3 hari.
  • Bisa disertai dengan gejala lain atau terjadi tanpa gejala.
  • Gejala umum leukemia meliputi kelelahan, sering infeksi, kelemahan, memar di perut atau pendarahan yang terlalu berlebihan, nyeri sendi dan tulang, pembesaran kelenjar getah bening, tidak nyaman dan demam disertai sakit kepala.
  • Gejala umum limfoma termasuk berat badan menurun drastis, gatal di seluruh tubuh, sesak napas, lemah, keringat berlebihan di malam hari, tidak nafsu makan dan pembengkakan pada wajah dan leher.
  • Demam yang terjadi bisa tingkat rendah atau tingkat tinggi. Jika demam tingkat rendah atau tinggi sangat persisten, maka sangat penting untuk menemui dokter agar bisa menentukan penyebab dari demam yang terjadi.

Awasi suhu anda dengan teratur memakai termometer. Bahkan jika obat demam yang bagus dan dijual bebas seperti ibuprofen dan acetaminophen bisa meredakan demam, tetap penting untuk memeriksakan diri ke dokter jika demam terjadi lebih dari tiga hari.

Diagnosis Dokter

Demam yang tidak bisa dijelaskan bisa terjadi karena beberapa kondisi dan dokter mungkin akan mengajukan beberapa pertanyaan untuk membantu membuat diagnosis yang akurat seperti:

  • Sudah berapa lama demam terjadi.
  • Apakah ada gejala lain yang ditimbulkan.
  • Obat apa yang sedang dikonsumsi.
  • Menderita penyakit atau kondisi lain.
  • Seberapa sering demam terjadi dan apakah juga terjadi pada malam hari.
  • Memiliki abses gigi atau masalah gigi lain yang mungkin terinfeksi.
  • Melakukan perjalanan ke luar negeri dalam beberapa bulan terakhir.

Dokter kemungkinan akan memutuskan untuk melakukan beberapa tes rutin seperti pemeriksaan darah lengkap atau panel 7 kimia untuk melihat apa yang bisa terungkap untuk mendeteksi penyebab dari jenis demam yang dialami. Selain itu, urinalisis untuk menyingkirkan infeksi saluran kemih sebagai penyebabnya juga mungkin akan dilakukan.

Sponsors Link

Meski demam tingkat rendah persisten sebagai gejala kanker memang bisa terjadi, namun jangan panik dan ingat jika gejala kanker sangat umum dan juga tidak jelas. Ini bukan merupakan tanda yang berbahaya namun lebih kepada indikasi bagi dokter untuk menjalankan tes medis tertentu.

Namun untuk menghindari segala kemungkinan yang bisa terjadi, ada baiknya jika anda segera memeriksakan diri ke dokter sebab demam yang persisten bisa menjadi gejala dari banyak penyakit mulai dari yang ringan dan tidak berisiko menimbulkan komplikasi hingga penyakit kronis yang bahkan bisa sangat berbahaya dan mengancam nyawa.

Demikian ulasan dan informasi yang bisa kami berikan kali ini tentang demam persisten yang bisa menjadi salah satu gejala dari kanker. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi anda tentang kesehatan khususnya demam.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab