Sponsors Link

6 Efek Samping Obat Demam Lewat Dubur – Wajib Tahu

Sponsors Link

Jika penanganan demam tak kunjung turun pada penderita cacar air maka ada berbagai macam obat untuk mengatasinya, dan terkadang jika panas terlalu tinggi maka dokter akan memberikan obat demam lewat dubur. Obat ini tentunya berkhasiat cukup tinggi dan segera meredakan demam pada tubuh, namun di satu sisi juga mudah terdapat efek samping obat demam lewat dubur.

ads

Karena itu jika diberikan pengobatan tersebut sebaiknya pastikan benar bahwa obat bekerja dengan baik di tubuh dan minim efek samping. Karena jika tidak maka kondisi kesehatan penderita bisa saja malah bertambah parah. Walau demam turun namun justru timbul gejala yang lain.

Adapun kondisi penyebab tubuh menjadi demam yang terlalu tinggi memang tidak selalu dapat disembuhkan dengan obat penurun panas badan biasa. Dengan pemberian obat yang melalui dubur, maka reaksi obat bekerja langsung dalam hitungan menit menyebar ke seluruh pembuluh darah dan otot. Ini karena pusar saraf otot berada di tulang ekor dan memudahkan penyebaran untuk pereda sakit. Karena itu jika panas tinggi dokter segera memberi obat demam yang diberikan lewat dubur.

Namun sebaiknya perhatikan beberapa efek samping obat demam lewat dubur seperti berikut ini:

1. Gejala Alergi

Umumnya efek samping yang paling mudah terjadi yaitu terjadinya gejala alergi. Misalnya yaitu terjadi rasa gatal-gatal di tubuh, timbul ruam merah di sekujur tubuh maupun pembengkakan di wajah bahkan sesak nafas. Hal ini berarti tubuh alergi terhadap salah satu komposisi obat penyebab demam saat diare yang diberikan. Jika memang demikian sebaiknya hindari pemberian obat demam tersebut kembali.

2. Shock Atau Kejang

Pada beberapa kasus sangat mungkin terjadi shock maupun kejang demam. Hal ini karena timbulnya reaksi terhadap salah satu komposisi obat yang diberikan. Karena sifat obat demam lewat dubur cepat bereaksi, maka tubuh juga cepat memberikan tanda jika tidak tahan terhadap obat tersebut.

3. Resiko Wasir

Salah satu bahaya yang timbul jika penderita memiliki wasir. Karena saat obat dimasukkan lewat dubur dapat melukai wasir dan menyebabkan wasir bisa pecah atau bertambah parah. Karena itu selalu konsultasikan dengan dokter tentang kondisi badan yang sebenarnya.

4. Mual Dan Muntah

Bisa jadi salah satu reaksi yang terjadi setelah pemberian obat demam tinggi pada orang dewasa yaitu penderita justru mengalami mual dan muntah. Hal ini karena tidak tahan pada komposisi obat. Jika pasien mengalami muntah berat segera berikan cairan infus. Atau berikan banyak air putih untuk menghindari resiko terjadinya dehidrasi.

5. Rasa Pusing

Sangat umum jika efek samping obat diare dan demam pada anak berupa rasa pusing atau sakit kepala. Hal ini karena bisa jadi komposisi obat mengandung sedikit senyawa alkohol. Jika tubuh tidak dapat menerima maka resikonya akan pusing.

6. Jantung Berdebar

Yang cukup berbahaya yaitu jika timbul gejala berupa jantung berdebar. Karena berarti jantung penderita tidak kuat menahan reaksi obat pada tubuh. Terutama jika terjadi pada penderita jantung, maka denyut nadi akan makin cepat dan berbahaya untuk kesehatan.

Demikian beberapa efek samping obat demam lewat dubur. Sebaiknya tanyakan pada dokter tentang efektifitas obat beserta resikonya. Sehingga sebelum pemberian obat penurun panas badan telah yakin benar. Supaya sesudahnya tidak timbul efek samping yang tidak diinginkan. Serta penderita akan cepat pulih dan dapat sehat seperti sedia kala.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan