Sponsors Link

14 Gejala Demam Berdarah Pada Anak dan Pengobatannya

Sponsors Link

Karena anak-anak termasuk yang rentan terkena demam berdarah. Dengan daya tahan yang belum terlalu sempurna akan membuat anak-anak memigejala demam berdarah yang berbeda dibanding orangtua. Demam berdarah merupakan penyakit yang cukup berbahaya bagi anak-anak. Penyakit ini disebabkan virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk.

ads

Sebagian besar demam berdarah ringan dapat sembuh setelah mendapatkan perawatan selama satu minggu. Berikut  Berikut gejala demam berdarah pada anak yang wajib kalian ketahui.

1. Mendadak Demam Tinggi

Gejala yang akan muncul pada saat anak kalian terinfeksi virus demam dengue adalah demam tinggi. Bahkan mekanisme demam karena infeksi ini bisa terjadi berkepanjangan, pada saat anak mendadak terkena demam berdarah. Tubuhnya akan mengalami demam hingga mencapai 40°Celcius. Demam berkepanjangan ini bisa berlangsung selama 3 hari bahkan bisa lebih.

Walaupun demam ini akan sulit turun walaupun kalian sudah memberikan obat penurun panas, kalian jangan terlalu panik. Usahakan untuk selalu memastikan memantau suhu tubuh cepat panas agar tidak mengalami kejang-kejang.

2. Sakit Kepala

Sakit di belakang mata, nyeri sendi, otot, dan / atau tulang. Sakit kepala yang hebat. Salah satu gejala yang akan dikeluhkan oleh anak yang terkena demam berdarah adalah sakit kepala. Gejala ini hampir dialami oleh semua pasien. Biasanya, sakit kepala ini akan disertai dengan nyeri dibelakang mata, nyeri pada persendian, otot, bahkan tulang. Hal ini dikarenakan virus penyebab demam yang cukup tinggi akan mengganggu beberapa fungsi organ.

3. Muncul Ruam

Pada saat anak terkena penurun demam panas berdarah, tidak jarang timbul ruam kemerahan hampir diseluruh tubuh. Ruam ini biasanga disertai dengN bintik-bintik yang sebenarnya pendarahan yang terjadi dibawah kulit atau dikenal dengan nama ptekie. Bahkan terkadang, ruam yang muncul bisa berwarna merah kehitaman.

4. Pendarahan

Pada anak-anak yang memiliki daya tahan yang sedang berkembang, pendarahan bisa saja timbul pada saat mereka terkena demam virus berdarah. Biasanya terjadi perdarahan ringan pada hidung atau yang biasa dikenal dengan mimisan serta pendarahan yang terjadi di gusi.

5. Kulit Mudah Memar

Pada saat anak-anak terkenan demam berdarah, kulit menjadi lebih sensitif. Jadi kalian jangan terlalu panik jika kalian menemukan beberapa memar pada tubuh anak kalian. Ini karena pada saat demam berdarah, kulit anak kalian akan mudah memar bahkan kulit pada telapak kaki akan sering terasa gatal.

6. Tidak Nafsu Makan

Gejala demam berdarah yang akan membuat kalian lebih pusing adalah nafsu makan yang berkurang. Pada saat tubuh membutuhkan banyak energi untuk melawan penyakit, tapi tidak sejalan dengan nafsu makan yang justru berkurang. Untuk itu perlu kalian perhatikan atau memberikan mereka makanan favorit agar mereka mau makan. Jangan sampai kalian membiarkan mereka kekurangan asupan nutrisi.

Sponsors Link

7. Mual dan Muntah

Karena pada saat demam berdarah muncul masalah pencernaan. Jangan kaget jika anak kalian juga akan mengalami muntah-muntah. Bahkan muntah-muntah akan terjadi terus menerus. Ini dikarenakan anak kalian merasa perutnya penuh. Bahkan jika kalian perhatikan, perut anak-anak akan membesar dari biasanya.

Semakin cepat kalian tangani, semakin kecil resiko kematian akibat demam berdarah.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan