Sponsors Link

7 Gejala Demam Dengue yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Demam dengue atau demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang oleh salah satu dari empat virus dengue. Virus ini berhubungan dengan virus yang sering menyebabkan infeksi West Nile ataupun demam kuning. Virus penyebab demam dengue sendiri biasanya ditularkan oleh gigitan nyamuk. Demam dengue bisa menyebabkan kematian jika tidak kalian tangani dengan serius.

ads

Gejala utama demam dengue akan muncul pada hari ketiga selama 15 hari semenjak kalian digigit nyamuk. Demam dengue bisa dialami mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Gejala demam dengue sendiri bukanlah hal yang sulit untuk dikenali. Berikut gejala demam dengue yang harus kalian waspadai.

1. Sakit Perut Parah

Salah satu gejala yang sering dialami pada saat dengue adalah sakit perut parah. Bahkan seringkali disertai muntah secara terus-menerus. Sakit perut ini bisa disebabkan oleh gastritis dengan. Selain itu kalian akan merasa mual serta feses yang berwarna hitam.

2. Bintik-Bintik Merah

Tentu kalian sering mendengar jika pada saat deman dengue akan membuat munculnya bintik-bintik merah. Bahkan terkadang muncul ruam kemerahan pada kulit. Ruam serta bintik-bintik sendirk merupakan pendarahan yanh terjadi dibawah kulit atau ptekie. Bahkan terkadang ruam ini bisa berwarna merah kehitaman.

3. Perdarahan

Jika gejala demam dengue sudah cukup parah bisa terjadi pendarahan pada hidung atau gusi. Biasanya ini dimulai dengan pendarahan seperti bintik-bintim merah serta mimisan. Bahkan seringkali kalian akan mengalami syok serta menarik diri dari keramaian. Ini juga biasanya diserta dengan kondisi suhu tubuh yanh dingin terutama pada bagian tangan serta kaki. Nadi yang terasa cepat tapi lemah, serta kesadaran yang menurun.
4. Lemas

Saat kalian terkena demam berdarah, kalian akan merasa letih dan lemas. Sehingga kalian membutuhkan lebih banyak untuk menjalani kegiatan sehari-hari. Untuk membuat tubuh lebih berenergi, sangat disarankan untuk memakan buah naga. Karena didalam setiap 100 gram buah naga memiliki 9 – 14 gram karbohidrat. Inilah yang akan berfungsi menjadi suplemen energi alami. Bahkan kalian akan merasa sering mengantuk.

5. Demam

Pada saat kalian terkena deman dengue kalian akan mengalami demam berkepanjangan. Ini karena biasanya pada saat demam  menyebabkan suhu tubuh cepat panas. Bahkan sering membuat tubuh sering kekurangan cairan. Ini yang membuat kalian menjadi lemas dan sering mengonsumsi obat penurun demam panas. Biasanya demam bisa mencapai 40°C yang sering diserta dengan badan panas dan berkeringat dingin .

6. Sakit Kepala

Salah satu gejala yang paling sering dialami pada saat demam virus dengue adalah sakit kepala parah. Bahkan kalian akan merasakan nyeri pada daerah belakang bola mata. Ini juga sebagai akibat karena suhu yang meningkat dan menyebabkan kalian kehilangan banyak cairan dalam tubuh.

Sponsors Link

7. Dengue Shock Syndrome

Jika demam panas dengue sudah memasuki tahap parah, kalian akan mengalami DSS (Dengue Shock Syndrome). Biasanya gejala ini akan disertai kesadaran yang menurun bahkan bisa mengalami koma. Selanjutnya nadi terasa sangat lemah bahkan sampai tidak bisa terdeteksi.

Sangat dianjurkan untuk segera melakukan penangana sedari dini. Akan lebih baik juga jika kalian segera mengobatinya sebelum memasuki stadium pertama.

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan