Sponsors Link

8 Gejala Demam Rematik yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Demam rematik merupakan salah satu peradangan hati, sistem saraf, kulit, serta persendian. Demam ini biasanya terjadi karena adanya infeksi bakteri. Demam rematik sendiri bisa menimbulkan komplikasi seperti strep throat ataupun demam scarlet jika tidak kalian tangani. Penyakit ini bukanlah penyakit yang menular, tapi bakteri yang menginfeksi bisa menular

ads

Demam rematik bisa dialami oleh siapapun bahkan pada usia berapapun. Tapi demam ini biasanya terjadi pada anak-anak berusia di bawah 18 tahun. Berikut gejala demam rematik yang seringkali timbul dan perlu kalian ketahui.

Gejala Demam Rematik

Gejala virus penyebab demam rematik wajib kalian ketahui, agar pada saat kalian memiliki beberapa gejala ini kalian tidak mengabaikannya. Tapi langsung mencari bantuan dan berobat ke dokter. Berikut gejala demam rematik yang perlu kalian ketahui

1. Demam

Salah satu yang paling sering dialami pada saat terkena demam rematik adalah meningkatnya suhu tubuh cepat panas. Ini karena adanya perlawanan dari tubuh untuk melawan infeksi bakteri. Biasanya suhu kalian akan meningkat tajam dan harus segera kalian tangan dengan menggunakan cara menurunkan demam pada orang dewasa

2. Napsu Makan Berkurang

Selain badan panas dan berkeringat dingin ini rematik lainnya adalah nafsu makan yang berkurang. Pada saat kalian terkena demam rematik akan membuat kalian merasa hambar pada saat makan. Walaupun begini, kalian harus memastikan jika kalian tetap makan. Karena tubuh yang kekurangan stamina akan membuat juga gejala demam rematik semakin parah.

3. Muncul Ruam Ringan

Seringkali muncul ruam ringan pada beberapa bagian tubuh. Ini biaa menjadi salah satu gejala dari demam rematik. Untuk itu disarankan untuk menggunakan pakaian lengan panjang pada saat terserang demam rematik agar tidak memperparah keadaan. Walaupun begitu, ruam yang muncul tidak akan menimbulkan rasa sakit maupun rasa gatal.

4. Muncul Bentol-Bentol

Selain ruam, terkadang muncul bentol-bentol bawah kulit. Biasanya bentol ini muncul pada daerah bertulang. Bisa muncul di tangan, siku, pergelangan tangan, maupun di jari-jari. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena gejala ini akan berangsur menghilang jika kalian segera mengobatinya.

5. Peradangan Sendi 

Pada saat demam panas rematik seringkali menimbulkan rasa sakit, pembengkakan, serta terasa panas. Bahkan menimbulkan radang sendi yang seringkali terjadi pada pergelangan tangan dan kaki, lutut, serta siku.

Sponsors Link

6. Karditis

Gejala yang paling parah pada saat kalian terkena demam virus rematik adalah karditis. Karditis atau yang dikenal dengan peradangan jantung seringkali diikuti dengan timbulnya batuk yang terus menerus. Serta dada yang terasa sakit, napas yang pendek, detak jantung lebih cepat, serta merasa kelelahan. Gejala ini seringkali menyerang anak-anak serta menimbulkan resiko fatal.

7. Sydenham Chorea

Salah satu gejala parah lainnya adalah sydenham chorea. Gejala ini ditandai dengan munculnya peradangan pada sistem saraf. Gejala ini akan menimbulkan sentakan atau kedutan yang tidak terkendali. Adanga gangguan keseimbangan serta emosi yang meledak-meledak. Serta perilaku yang tidak biasanya, seperti perubahan mood.

Demam rematik dapat menimbulkan komplikasi serius jika tidak segera ditangai. Untuk itu segera bawa anak kalian ke dokter jika mengalami gejala demam  rematik.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan