Sponsors Link

Gejala Panas Dingin – Penyebab – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Selain demam, gejala yang ditunjukkan oleh tubuh saat sedang tidak sehat adalah panas dingin. Gejala panas dingin biasanya muncul saat kondisi tubuh sedang tidak sehat, disebabkan oleh kelelahan atau kondisi cuaca yang tidak baik. Panas dingin juga bisa disertai dengan gejala lain seperti mual, diare, dan pusing. Penyebab panas dingin dan pusing bisa jadi karena seseorang sedang mengalami kekurangan darah atau anemia.

ads

Panas dingin disebut juga dengan meriang. Kondisi ini berbeda dengan demam. Perbedaan demam dan meriang yang paling terlihat adalah suhu tubuh. Saat demam, suhu tubuh melebihi batas normal, yaitu di atas 36 derajat celcius. Sementara jika seseorang mengalami panas dingin, ia merasa kedinginan padahal tubuhnya panas.

Penyebab

Gejala panas dingin dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Flu

Flu menjadi penyebab panas dingin mendadak pada seseorang. Penyakit flu mudah menyerang saat cuaca sedang ekstrim, ditambah dengan kondisi tubuh yang tidak sehat. Daya tahan tubuh yang menurun akibat lemahnya kekebalan tubuh juga menjadi penyebab seseorang terkena flu. Obati penyakit flu dengan segera agar gejala panas dingin juga mereda.

2. Malaria

Malaria merupakan jenis demam yang disebabkan oleh virus yang dibawa nyamuk aedes aegypti. Nyamuk pembawa virus menularkan penyakit ini melalui gigitan, lalu masuk ke aliran darah dan menginfeksi tubuh. Salah satu gejala awal yang ditunjukkan oleh malaria adalah tubuh penderita menggigil dan panas dingin selama beberapa hari. Panas dingin ini kemudian diikuti dengan demam yang naik turun tidak menentu. Jika virus malaria tidak berhasil mneginfeksi tubuh, demam dan panas dingin akan reda dengan segera.

3. Gangguan Pada Kandung Kemih

Gejala demam yang dialami seseorang serta gejala panas dingin yang muncul menunjukkan adanya gangguan kesehatan pada organ tubuh, salah satunya adalah kandung kemih. Panas dingin yang muncul sebenarnya adalah upaya dari dalam tubuh untuk melawan bakteri yang masuk agar tidak menimbulkan infeksi atau penyakit lainnya. Demam akan mereda setelah virus berhasil dikalahkan oleh sistem imun.

4. Tifus

Demam tifoid atau tifus adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri jenis Salmonella typhi yang ditularkan melalui udara atau makanan. Bakteri ini tumbuh di tempat yang kotor seperti sampah, atau bisa juga ada pada makanan yang tidak diolah secara higienis. Gejala lain yang menyertai penyakit tifus adalah mual, muntah, diare, susah buang air besar, dan demam tinggi.

5. Infeksi

Infeksi dapat menyerang luka yang terbuka. Luka ini meradang dan semakin parah, sehingga mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Infeksi yang terjadi pada seseorang disertai panas dingin dan demam bisa juga disebut dengan demam infeksi. Infeksi pada tubuh harus segera ditangani dan disembuhkan agar tidak semakin meluas dan menjadi lebih parah.

Sponsors Link

6. Sinusitis

Sinusitis adalah penyakit yang menyerang jaringan sinus di dalam hidung. Sinus muncul karena pilek yang tidak kunjung sembuh, hingga tubuh mengalami panas dingin. Demam disertai pilek bukanlah demam biasa yang bisa disepelekan. Segera obati gejala panas dingin disertai dengan pilek agar tidak menjadi sinusitis.

ads

7. Demam Berdarah

Salah satu penyakit berbahaya karena panas dingin tak kunjung sembuh adalah demam berdarah. Demam berdarah, sama seperti malaria, juga disebabkan oleh virus yang dibawa penyakit aedes aegypti. Penyakit yang menyerang darah ini diawali dengan gejala sederhana seperti panas dingin dan demam yang naik turun tidak menentu.

Cara Mengatasi

Agar tidak menjadi demam atau penyakit lain yang lebih parah, gejala panas dingin harus segera diatasi dengan cara berikut:

1. Banyak Minum Air Putih

Minum air putih adalah cara menurunkan demam dalam sehari dan mencegah tubuh dari bahaya dehidrasi. Kondisi panas dalam tubuh bisa menyerap cairan di dalam tubuh dan membuatnya menguap. Dehidrasi bisa sangat berbahaya dan harus dicegah.

2. Cukup Istirahat

Sebenarnya obat meriang untuk dewasa dan anak anak sangat sederhana, yaitu dengan istirahat cukup. Panas dingin juga bisa muncul karena tubuh mengalami kelelahan.

3. Minum Wedang Jahe

Cara mengobati panas dingin secara alami, mudah, dan aman adalah dengan wedang jahe. Jahe memberi sensasi hangat pada tubuh dan membuat tubuh segar kembali. Ambil jahe segar, kemudian seduh dengan air hangat. Konsumsi wedang jahe juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Kunyit Putih

Obat tradisional lain yang bisa dijadikan cara menurunkan demam meriang secara alami adalah kunyit putih. Seduh kunyit putih dengan air hangat untuk memulihkan kondisi tubuh. Tidak seperti kunyit biasa, kunyit putih agak susah dicari dan banyak dijual di toko obat tradisional.

5. Kompres Air Hangat

Manfaat kompres demam dengan air hangat tidak boleh disepelekan. Kompres yang diberikan saat panas dingin dapat membantu suhu tubuh kembali normal dengan menyerap suhu panas dari dalam tubuh.

Itulah penjelasan tentang gejala panas dingin dilihat dari penyebabnya, dan bagaimana cara mengatasi panas dingin agar segera reda. Panas dingin adalah gejala penyakit ringan yang bisa disembuhkan dalam waktu singkat. Oleh sebab itu saat gejala panas dingin mulai muncul, segera tangani secara aman dan tepat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Penyebab