Sponsors Link

Jamu Demam Tinggi yang Terbukti Ampuh dan Aman

Sponsors Link

Sebagai salah satu gejala penyakit yang paling umum, datangnya demam memang tidak dapat diprediksi. Demam juga bermacam jenisnya. Ada demam ringan yang bisa sembuh hanya dalam waktu 3 sampai 4 hari, ada pula demam yang sifatnya mengkhawatirkan karena tidak kunjung sembuh. Salah satu jenis demam tersebut adalah demam tinggi. Penyebab demam tinggi bermacam macam, bisa karena masuknya virus penyebab demam tertentu ke dalam tubuh atau bakteri yang menyebabkan terjadinya demam infeksi.

ads

Demam tinggi tidak boleh dibiarkan begitu saja karena efek demam tinggi yang berbahaya baik bagi bayi maupun orang dewasa. Ada banyak cara mengobati demam tinggi yang bisa dilakukan, termasuk dengan membuat jamu demam tinggi secara tradisional.

1. Temulawak

Salah satu obat penurun panas tradisional yang terkenal ampuh untuk mengobati demam tinggi adalah temulawak. Manfaat lain dari temulawak adalah untuk mengobati diare, meningkatkan nafsu makan, dan menyembuhkan penyakit kuning. Parut temulawak lalu seduh dengan air panas dan tambahkan madu. Minumlah 2 kali sehari sampai demam tinggi turun.

2. Daun Sambiloto

Daun sambiloto bisa dijadikan jamu demam untuk bayi dan orang dewasa. Untuk mendapatkan manfaat terbaik, gunakan daun sambiloto kering untuk mengobati demam tinggi. Daun sambiloto dapat direbus bersama dengan kunyit hingga air rebusan hanya tinggal separuhnya saja.

3. Daun Pegagan

Daun obat obatan yang satu ini mengandung zat seperti hydrocotyline, triterpenoid, saponin, dan vellarine. Tidak hanya menjadi obat panas dingin alami, daun pegagan juga bisa menyegarkan tubuh yang capek dan kelelahan. Daun pegagan aman untuk dikonsumsi bayi, anak anak, hingga orang dewasa.

Ambil 1 genggam daun pegagan yang masih segar, lalu rebus dengan 2 gelas air. Biarkan air mendidih hingga hanya tersisa 1 gelas saja. Diamkan hingga dingin. Bagi air rebusan menjadi 3 bagian untuk diminum dalam sehari.

4. Kunyit

Banyak manfaat kunyit untuk demam yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah dengan membuat jamu demam tinggi dengan kunyit. Kunyit memiliki kandungan anti inflamasi, anti oksidan, tumeron, kurkumin, minyak atsiri dan anti bakteri yang tinggi. Cara menurunkan demam dengan kunyit adalah dengan memarut kunyit segar lalu menyeduhnya dengan air dan langsung diminum. Untuk mengurangi rasa pahit, tambahkan madu atau gula sebelum jamu diminum.

Sponsors Link

5. Lempuyang Emprit

Lempuyang emrpit mengandung satu zat alami yang ampuh untuk menurunkan demam, yaitu minyak atsiri. Minyak atsiri inilah yang akan membantu seseorang sembuh dari demam tinggi. Gunakan rimpang lempuyang emprit yang pahit dan berwarna putih kekuningan. Parut umbi lempuyang emprit lalu seduh dengan air panas. Jika rasanya sangat pahit, tambahkan gula atau madu lalu minum sebanyak 2 sampai 3 kali sehari hingga demam sembuh.

6. Daun Kemangi

Daun kemangi biasanya digunakan sebagai lalapan atau jamu untuk mengurangi bau mulut. Belum banyak yang tahu manfaat daun kemangi untuk demam. Cobalah untuk menggunakan daun kemangi sebagai jamu demam tinggi.

Cara membuat jamu demam tinggi dari daun kemangi adalah dengan merebus 20 lembar daun kemangi bersama dengan jahe yang sudah diparut. Biarkan hingga mendidih dan air hanya tinggal separuhnya saja. Tambahkan madu murni, lalu minum secara teratur.

7. Daun Pepaya

Satu lagi daun daunan yang dapat menurunkan demam tinggi dengan ampuh. Kandungan zat dan vitamin di dalam daun pepaya membuat manfaat daun pepaya untuk demam sangat besar. Selain menurunkan demam tinggi, daun pepaya juga membantu mengurangi gejala lain yang datang bersama dengan demam tinggi seperti mual, diare, dan nafsu makan menurun.

8. Cuka Sari Apel

Selain dengan obat obatan, cara menurunkan demam anak dapat dilakukan dengan cuka sari apel. Bukan diminum atau diseduh, cuka sari apel dicampur dengan beberapa liter air hangat dan digunakan untuk mandi. Berendam di dalam larutan air cuka sari apel membantu menurunkan demam dengan sangat baik. Cuka sari apel bisa didapatkan di supermarket atau toko bahan makanan terdekat.

Sponsors Link

9. Jahe

Bukan rahasia lagi bahwa jahe adalah salah satu bahan jamu tradisional yang sangat baik untuk kesehatan. Selain memberikan sensasi hangat pada tubuh dan membuat tubuh terasa segar kembali, jahe juga bisa menjadi obat demam alami bagi tubuh. Anak anak maupun orang dewasa dapat mengonsumsi jamu yang terbuat dari jahe ini. Cara membuatnya sederhana, yaitu dengan memarut jahe segar lalu diseduh dengan air panas. Diamkan selama beberapa menit, lalu tambahkan madu sebelum diminum.

10. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda terkenal akan khasiatnya untuk menetralkan segala jenis racun yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi air kelapa muda secara rutin bahkan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Cara menurunkan demam dengan air kelapa muda adalah mengonsumsi air kelapa muda sebanyak 2 kali sehari. Sesuaikan takaran air kelapa muda yang diminum sesuai dengan usia.

Itulah beberapa macam jamu demam tinggi yang bisa dibuat sendiri di rumah dengan mudah. Tetap jaga kesehatan dan hindarkan diri sebisa mungkin dari serangan penyakit ya. Selalu ingat bahwa kesehatan lebih bernilai daripada apapun. Jangan pernah menyepelekan datangnya penyakit, terutama demam tinggi.

Semoga bermanfaat ya!

Sponsors Link
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal