Sponsors Link

4 Bahaya Kompres Demam dengan Alkohol yang Perlu Dihindari

Sponsors Link

Demam terjadi ketika suhu inti tubuh meningkat. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Demam yang paling sering terjadi adalah karena infeksi virus. Selebihnya bisa karena infeksi bakteri, demam setelah imunisasi, dan sebagainya. Kondisi demam juga seringkali terjadi pada anak-anak. Orang tua yang  mendapati anaknya demam pasti perlu berbuat sesuatu agar demam anak segera reda.

ads

Ada banyak teknik menurunkan demam tubuh yang mungkin sudah dikenali sejak lama, yaitu dengan Manfaat Kompres Demam. Mengompres tubuh yang demam memang cukup efektif meredakan demam. Mungkin Anda juga pernah mendengar atau bahkan pernah melakukan kompres demam dengan alkohol. Sebenarnya bolehkah melakukan kompres dengan alkohol? Berikut penjelasannya.

Bahaya Menggunakan Alkohol untuk Kompres Demam

Alkohol memang sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat sebagai bahan kompres yang cepat menurunkan panas. Hal ini karena sifat alkohol itu sendiri yang dingin dan bisa menyerap panas. Namun ternyata penggunaan alkohol untuk kompres demam sebaiknya tidak dilakukan. Berikut beberapa bahaya menggunakan kompres demam dengan alkohol yang perlu diketahui.

  1. Bisa membuat tubuh semakin menggigil

Ketika demam terjadi, suhu inti tubuh meningkat sementara suhu lingkungan tetap. Hal ini menjadikan tubuh menerima rangsangan suhu dingin dari lingkungan sekitar sehingga muncul rasa kedinginan walaupun tubuh sedang demam. Demam menggigil memang kerap kali terjadi terutama pada suhu demam yang tinggi.

Penggunaan alkohol dengan segala sifatnya sebagai bahan kompres tubuh memang bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh itu sendiri. Namun sifat alkohol yang menyerap panas ini justru bisa membuat tubuh semakin kedinginan dan menggigil. Padahal ketika suhu lingkungan lebih dingin lagi, hal ini akan mengirimkan sinyal ke pusat pengaturan suhu tubuh untuk kembali meningkatkan suhu tubuh untuk menghangatkan diri.

  1. Bisa menyebabkan keracunan

Tidak hanya itu, mengompres tubuh yang demam dengan menggunakan alkohol juga bisa menyebabkan keracunan. Hal ini dikarenakan alkohol adalah zat yang bisa diabsorbsi oleh sistem pernafasan dan juga kulit. Jika proses absorbsi terus terjadi, maka tubuh bisa menjadi keracunan alkohol.

Apalagi jika alkohol yang digunakan memiliki konsentrasi yang tinggi. Alkohol tersebut akan meresap ke tubuh dan menyebabkan kerusakan saraf. Akibat fatalnya, pasien bisa kehilangan nyawa jika keracunan ini terus terjadi dan tidak ditangani dengan cepat.

  1. Tidak terjadi evaporasi

Kompres demam dengan alkohol mekanismenya adalah mendinginkan tubuh dengan alkohol. Sedangkan tubuh yang sedang demam sebenarnya hanya perlu sirkulasi udara yang baik dan hidrasi yang baik. Maka demam nantinya akan turun dengan sendirinya. Namun, kompres demam tidak demikian.

Anak atau orang dewasa yang tersedang demam lalu dikompres dengan alkohol justru akan mempersempit pembuluh darah yang ada di sekitar kulit. Dan hal ini bisa menghambat penguapan atau evaporasi panas dari tubuh. Akibatnya, panas di tubuh akan terjebak di sana dan demam justru tidak akan mudah turun suhunya.

Sponsors Link

  1. Bisa menyebabkan lemas bahkan hipoglikemia

Bahaya berikutnya dari mengompres tubuh demam dengan alkohol adalah bisa menyebabkan tubuh menjadi lemas bahkan mengalami hipoglikemia. Hal ini terjadi jika uap alkohol terhirup oleh saluran pernafasan yang disebut dengan proses inhalasi. Tubuh bisa menjadi lemas karena hal tersebut.

Sedangkan hipoglikemia itu sendiri adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah turun atau rendah. Hipoglikemia ringan akan menunjukkan gejala-gejala seperti menggigil, denyut jantung menjadi cepat, tubuh tidak seimbang, mual, pandangan kabur, dan merasa bingung. Sedangkan hipoglikemia yang parah bisa menyebabkan kejang, hilang kesadaran, bahkan koma hingga kematian.

Itulah beberapa bahaya ketika menggunakan alkohol sebagai bahan untuk mengompres tubuh yang demam. Sehingga sebaiknya hindari kebiasaan tersebut untuk mengompres tubuh demam menggunakan alkohol. Sebaiknya gunakan Cara Menurunkan Panas dengan Kompres yang benar dan tidak berisiko.

Sponsors Link

Cara Mengompres yang Benar

Tubuh yang demam memang bisa diredakan gejalanya dengan mengompres asal cara yang digunakan tepat dan tidak memberikan efek samping berbahaya. Berikut beberapa cara yang direkomendasikan untuk mengompres tubuh yang demam.

  • Mungkin sering muncul pertanyaan seperti Kompres Demam Pake Air Hangat atau Dingin? Jawabannya adalah kompres menggunakan air hangat suam-suam kuku lebih aman dan efektif. Tujuannya adalah agar tubuh bisa beradaptasi dengan suhu kompres tersebut dan pembuluh darah tidak mengecil seperti efek samping dari kompres dingin dan alkohol. Tubuh juga akan merasa lebih nyaman dengan kompres hangat.
  • Mengompres di bagian tubuh yang tepat. Bagian tubuh yang tepat adalah di bagian lipatan ketiak dan lipatan paha. Mengompres di dahi kurang efektif karena terhalang dengan tulang tengkorak.
  • Anda juga bisa menggunakan kompres instan atau Plester Kompres Demam Untuk Anak maupun Plaster Kompres Demam Untuk Dewasa karena kompres instan bisa menyerap suhu tubuh dan kompres ini lebih nyaman untuk pasien. Namun selalu baca dulu instruksi yang tertera di kemasan.
  • Imbangi dengan pemberian cairan tubuh yang cukup, makanan bergizi, dan jika diperlukan bisa juga dengan memberikan obat penurun demam.

Demikianlah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai kompres demam dengan alkohol yang ternyata berbahaya. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan