Sponsors Link

25 Makanan Untuk Orang Demam Tinggi yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Demam panas atau demam tinggi tidak selamanya harus meminum obat kimia atau datang ke dokter. Karena sesungguhnya demam adalah mekanisme tubuh yang wajar. Suhu tubuh akan meningkat jika terjadi sesuatu yang tidak normal dalam tubuh. Misalnya adanya virus / bakteri / jamur atau demam infeksi. Tidak ada obat yang benar-benar menyembuhkannya. Obat herbal atau obat dokter hanya mengatasi gejala yang menyertai demam dan mencegah terjadinya komplikasi.

ads

Gejala yang menyertai demam dapat diatasi dan dapat dengan cepat dihilangkan dengan meningkatkan kekebalan tubuh itu sendiri. Misalnya dengan istirahat dan makan yang bergizi. Makanan untuk orang demam tinggi, antara lain diuraikan di bawah ini.

1. Bubur

Bubur sangat bagus untuk orang yang sedang sakit. Bubur merupakan makanan yang mudah dicerna sehingga dengan cepat menghasilkan energi. Pengolahan bubur dapat dicampur dengan bawang putih yang merupakan anti radang dan anti oksidan.

2. Delima Merah

Delima merah termasuk kategori buah penurun panas dewasa. Kandungan airnya untuk mencegah dehidrasi sangat tinggi. Sementara kandungan vitamin C di dalamnya tidak kalah banyak.

3. Sayuran Dikukus

Kebanyakan sayuran banyak mengandung vitamin C dan antioksidan sehingga sangat cocok bagi orang demam tinggi. Olah dengan cara mengukusnya agar lebih mudah dicerna.

4. Cracker

Cracker termasuk makanan ringan dari gandum yang mudah dicerna. Sangat cocok sebagai alternatif makanan jika penderita sakit sulit makan.

5. Telur Rebus

Telur merupakan bahan makanan yang mengandung protein sempurna. Fungsi protein dalam tubuh adalah menggantikan sel-sel yang rusak. Orang yang sakit akan cepat pulih jika mengkonsumsi telur. Telur yang direbus lebih baik daripada digoreng.

6. Sandwich

Sandwich adalah roti lapis berisi sayuran dan daging. Kebanyakan roti terbuat dari gandum yan mudah dicerna. Campuran isi dengan san sayur menjadikannya bergizi lengkap untuk dikonsumsi orang yang amsa pemulihan.

7. Yogurt

Yogurt adalah hasil fermentasi susu yang baik untuk pencernaan dan metabolisme. Pastikan untuk mengkonsumsi yogurt dengan rendah gula dan lemak. Kandungan gula dan lemak termasuk makanan penyebab demam tinggi.

Sponsors Link

8. Makanan Pedas

Makanan pedas membuat tubuh banyak mengeluarkan panas. Selain itu, makanan ini memberi efek decongestan pada demam batuk pilek dan demam hidung tersumbat. Makanan pedas cocok untk penderita demam tinggi dewasa dan tidak bermasalah dengan pencernaan.

9. Sup Ayam

Sup ayam terkenal di dunia untuk demam selesma dan demam flu pada anak. Kaldu hangat yang dihasilkannya akan ikut menghangatkan tubuh. Apalagi jika sup ayam diberi bumbu lebih banyak jahe dan bawang putih, maka akan memberikan efek anti radang dan mempercepat pemulihan.

10. Sereal

Sereal juga terbuat dari gandum. Makanan yang terbuat dari gandum mudah dicerna sehingga cepat menghasilkan energi. Begitu pula dengan energi orang yang sakit. Hanya saja, makanan dari gandum tidak dapat dikonsumsi penderita autoimun. 

ads

11. Pisang

Pisang mengandung vitamin B6 dan Kalium. Orang yang sakit mengkonsumsi pisang akan mengurangi peradangan dan memberikan rasa nyaman. Setelah mengkonsumsi pisang umumnya orang sakit akan tidur lebih nyenyak.

12. Mangga

Mangga sangat membangkitkan selera untuk dikonsumsi. Mangga dapat dikonsumsi langsung atau dijadikan jus. Kandungan vitamin C nya yang tinggi membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

13. Jeruk Bali

Seperti umumnya manfaat buah jeruk untuk demam umumnya, jeruk Bali juga mempunyai kandungan vitamin C tinggi. Selain itu, jeruk ini juga mempunyai kandungan limunoid yang berfungsi menurunkan lemak tubuh dan peradangan.

14. Buncis

Sayur buncis yang direbus juga baik untuk demam tinggi. Buncis mengandung vilamin C dan Kaliun yang mempunyai efek sama dengan pisang jika dikonsumsi.

15. Canberry

Buah canberry sangat jarang ada di Indonesia. Buah ini dapat mengatasi demam karena mengandung antioksidan.

16. Ubi Jalar

Ubi jalar mungkin bukan makanan favorit orang kota. Tetapi ubi jalar mengandung vitamin C dan B6 yang dapat menurunkan kadar homosistein dalam tubuh. Akibatnya demam akan menurun.

17. Apel

Apel memang terkenal sebagai buah penangkal radikal bebas dan kandungan flavonoid. Tidak hanya untuk kecantikan, buah ini dianjurkan bagi demam naik turun.

18. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung banyak cairan dan vitamin C. Pada saat sakit menelan saat demam akibat radang tenggorokan, orang banyak mengonsumsi perasan jeruk nipis dicampurkan dengan kecap untuk mengurangi rasa masam.

19. Pepaya

Pepaya banyak mengandung vitamin C dan B seperti halnya buah lain. Selain itu, konsumsi buah pepaya diyakini mengatasi sembelit dan mengatasi demam dan sakit kepala pada demam thypoid atau demam tifus.

20. Jamur

Jamur dapat dikonsumsi bersama dengan sup ayam. Kandungan dalam jamur meningkatkan sel darah putih untuk melawan penyakit dan mengatasi rasa nyeri sendi yang sering menyrtai demam.

21. Bawang Putih

Bawang putih mengandung antibiotik alami. Sangat baik untuk demam infeksi karena bakteri. Dengan cara menurunkan panas anak dengan bawang putih untuk menurunkan panas, gejala sakit cepat hilang.

Sponsors Link

22. Daun Kemangi

Konsumsi daun kemangi termasuk daun penurun pana badans. khasiatnya bertambah jika sari daun kemnagi dikonsumsi dengan ditambah satu sendok makan madu. Kemangi juga dapat dikonsumsi secara langsung sebagai sayur.

23. Kurma

Kurma menghasilkan banyak energi dalam waktu singkat. Umumnya penderita demam berdarah atau demam dengggi dan demam tifus mengkonsumsi ini untuk memulihkan stamina.

24. Anggur

Jika ada kerabat sakit, anggur merupakan makanan yang rekomended untuk dijadikan buah tangan. Buah ini mengandung reservatrol, antosinini, guercetin, myrecetin, laemferol, vitamin C, B,1, B2, B6, Kalsium, dan mineral lain. Hampir semua zat yang dibutuhkan orang sakit ada pada anggur.

25.Oat

Makanan untuk orang demam tinggi lain adalah oat. Kandungan gizinya tinggi dan mempunyai zat anti bakteri.

Demikian makanan untuk orang demam tinggi. Masih ada beberapa makanan lain yang dapat dikonsumsi. Yang penting bukan makanan demam tinggi, mudah dicerna, dan bergizi tinggi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan