Sponsors Link

5 Manfaat Alang Alang Untuk Demam dan Cara Mengolahnya

Sponsors Link

Alang alang yang lebih dikenal sebagai tumbuhan atau rumput liar sangat mudah tumbuh dimana saja tanpa harus ditanam dan dirawat. Tumbuhan ini juga sangat mudah tumbuh karena ketika benih terbawa angin, maka sudah bisa menghasilkan alang alang yang baru. Meski alang alang sering dianggap sebagai gulma oleh para petani, namun sebenarnya tanaman ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan seperti manfaat alang alang untuk demam. Dalam alang alang mengandung beberapa nutrisi penting seperti flavonoid, alkaloid, saponin, fenol, tanin, terpenoid dan juga cardiac glycosides yang bisa digunakan untuk mengatasi diare, sakit kepala, saluran usus, sakit kulit termasuk juga untuk menurunkan demam secara cepat.

ads
  1. Memiliki Sifat Anti Radang

Dari Journal of Medical Food edisi tahun 2010 menyebutkan jika air rebusan dari alang alang bisa mengurangi peradangan penyebab demam. Dalam studi tersebut ditemukan jika kandungan flavonoid dalam alang alang bisa menurunkan kadar nitrit oksida sehingga peradangan penyebab demam berkepanjangan bisa lebih cepat disembuhan. Untuk itu, air rebusan alang alang ini bisa digunakan untuk menyembuhkan banyak penyakit peradangan seperti sakit tenggorokan, sakit perut, asam urat dan lain sebagainya.

  1. Menghambat Agregasi Trombosit

Rimpang alang alang mengandung imperanene yang bisa menghambat agregasi trombosit atau sel pembuluh darah sehingga bisa memberikan efek yang sama seperti asam asetil salisilat untuk mencegah pembekuan dari penderita infark jantung dan juga penyakit lain penyebab segala jenis demam.

  1. Memiliki Sifat Antipiretik

Dari sebuah penelitian juga membuktikan jika manfaat alang alang untuk gejala demam juga bisa didapat dari efek antipiretik akar alang alang yang bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan parasetamol. Dalam akar alang alang mengandung zat flavonoid sehingga bisa menghambat pembentukan prostaglandin yang berperan penting dalam proses terjadinya demam dan peningkatan suhu tubuh. Jika prostaglanding ini tidak dihambat, maka suhu tubuh bisa meningkat dan akhirnya demam bisa terjadi.

  1. Mengatasi Infeksi

Berbagai kandungan yang ada dalam akar alang alang juga sangat penting untuk meredakan infeksi. Infeksi karena bakteri, kuman, virus ataupun jamur menjadi salah satu faktor penyebab demam panas terjadi pada tubuh anak, remaja maupun orang dewasa. Beberapa infeksi yang bisa menyebabkan demam diantaranya adalah batuk, campak, influenza dan lain sebagainya. Dibandingkan minum obat penurun demam, minum air rebusan akar alang alang ini juga bisa memberikan efek serupa namun tanpa efek samping seperti yang terjadi ketika seseorang minum obat penurun demam. 

Sponsors Link

  1. Membunuh Virus

Salah satu penyebab demam yang sering terjadi berikutnya adalah demam virus yang membuat sistem kekebalan tubuh mengalami gangguan sehingga akhirnya demam terjadi. Kandungan antioksidan tinggi dalam akar alang alang sangat baik dikonsumsi untuk mengatasi virus penyerang tubuh yang menyebabkan demam dengan cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, maka virus penyebab demam tersebut bisa lebih mudah disingkirkan dari dalam tubuh dan demam bisa diturunkan lebih cepat.

  1. Memiliki Kandungan Nutrisi Tinggi

Ketika tubuh kekurangan nutrisi, maka hal ini meningkatkan risiko penyebab gampang demam. Kandungan nutrisi tinggi dalam akar alang alang bisa nantinya bisa mengatasi beberapa penyakit tertentu yang menghambat penyerapan nutrisi dalam tubuh. Sedangkan kandungan antioksidan tinggi dalam akar alang alang ini nantinya bisa membantu tubuh untuk meningkatkan imun tubuh untuk melawan penyakit penyebab demam.

Cara Mengolah Alang Alang

Untuk mengolah alang alang sebagai obat demam panas, anda bisa membeli yang sudah siap jadi dalam kantong teh atau juga bisa membuatnya sendiri di rumah memakai alang alang segar.

  • Siapkan beberapa akar alang alang yang sudah dicuci sampai bersih.
  • Rebus akar alang alang tersebut dengan air secukupnya hingga tersisa setengah bagiannya saja.
  • Tunggu hingga dingin lalu tambahkan dengan gula merah atau gula aren dan minum secara teratur hingga demam bisa diturunkan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal