Sponsors Link

3 Manfaat Kompres Demam yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Demam merupakan sebuah kondisi dimana suhu tubuh berada di atas suhu normal sehingga tubuh menjadi tidak nyaman. Penyebab demam ada bermacam-macam. Namun kebanyakan terjadi karena infeksi yang menyerang tubuh. Demam ditandai dengan kenaikan suhu tubuh di atas 37,5 derajad celcius dan sering juga diiringi dengan gejala lain seperti sakit kepala, pilek, nyeri sendi, dan sebagainya.

ads

Manfaat Mengompres Tubuh yang Demam

Secara tradisional, salah satu cara yang dilakukan untuk menurunkan suhu tubuh adalah dengan menggunakan manfaat kompres demam. Dan Cara Menurunkan Panas dengan Kompres menurut para ahli kesehatan yang paling tepat adalah dengan menggunakan air hangat suam kuku, bukan air es. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari kompres saat demam.

  1. Membuat tubuh merasa lebih nyaman

Ketika demam, tubuh memang sering kali menjadi tidak nyaman atau tidak enak badan. Hal ini wajar karena memang demam adalah kondisi dimana daya tahan tubuh sedang berusaha melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh. Salah satu manfaat kompres demam adalah bisa membantu melancarkan aliran darah, sehingga dengan demikian, tubuh akan menjadi lebih nyaman.

  1. Membuka pembuluh darah tepi

Tujuan Kompres Penurun Panas tubuh ketika demam memang adalah untuk membantu menurunkan suhu. Hal ini bisa dicapai jika pembuluh darah tepi lebih terbuka sehingga suhu panas yang ada di dalam tubuh cepat keluar. Dan inilah yang menyebabkan suhu demam segera turun. Hal itu bisa didapatkan dari mengompres tubuh menggunakan air hangat suam kuku. Sehingga suhu tubuh akan cepat turun.

  1. Memicu produksi keringat

Salah satu tanda demam akan segera sembuh adalah jika tubuh mulai melakukan produksi keringat. Ternyata salah satu manfaat kompres demam juga bisa membantu produksi keringat tersebut. Jika keringat sudah diproduksi, maka suhu tubuh akan menurun sendiri secara alamiah sehingga demam pun bisa segera turun.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari mengompres tubuh ketika demam. Ketahui juga Nama Kompres Penurun Panas yang aman untuk anak dan bayi.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Walau mengompres tubuh merupakan salah satu cara tradisional yang direkomendasikan untuk bisa membantu menurunkan suhu yang demam, akan tetapi, saat demam jangan hanya mengandalkan kompres demam. Berikut ini hal-hal yang perlu dilakukan agar demam bisa segera sembuh.

Sponsors Link

  • Mengetahui penyebab demam dengan berkonsultasi ke dokter. Hal ini penting mengingat ada banyak jenis demam yang bisa terjadi.
  • Memenuhi asupan cairan secara cukup untuk mencegah dehidrasi dan membantu menurunkan suhu tubuh dari dalam.
  • Bagi bayi, tetap asupi kebutuhan ASI secara cukup, bahkan jika perlu lebih banyak dari biasanya.
  • Jaga ruangan agar tetap nyaman suhunya.
  • Mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter.
  • Hindari menggunakan pakaian yang terlalu tebal.
  • Konsumsi makanan yang bernutrisi dengan beberapa Menu Makanan Untuk Anak Sakit Panas yang bisa dikonsumsi anak maupun dewasa.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat kompres demam yang perlu diketahui. Ketahui juga beberapa jenis Plester Kompres Demam Untuk Anak yang efektif untuk membantu menurunkan suhu demam. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan