Sponsors Link

3 Manfaat Kunyit Untuk Demam dan 4 Cara Mengkonsumsinya

Sponsors Link

Demam merupakan kondisi dimana suhu tubuh berada diatas normal yakni diatas 38.3 derajat celcius. Demam adalah indikasi respon sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi dan penyebab lainnya. Suhu tubuh manusia dikendalikan di bagian otak bernama hipotalamus. Sedangkan zat penyebab demam pirogen membuat sistem kekebalan tubuh memberi sinyal pada hipotalamus sehingga suhu tubuh akhirnya meningkat. Untuk mengatasi demam tersebut, salah satu cara alami yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit merupakan rempah yang tidak hanya bisa digunakan sebagai bumbu namun juga memiliki sifat terapeutik dan mengandung antioksidan alami yang sangat tinggi sehingga baik digunakan untuk mengatasi demam. Lalu, apa saja manfaat kunyit untuk demam?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads
  1. Agen Anti Inflamasi

Kunyit berguna sebagai agen anti inflamasi alami yang berfungsi sama dengan cara OAINS namun tanpa menyebabkan efek samping. Curcumin merupakan komponen dalam kunyit yang juga memiliki sifat analgesik sehingga sudah terbukti aman untuk dikonsumsi dalam menyembuhkan demam berkepanjangan. Peradangan merupakan salah satu penyebab umum dari demam dan curcumin dalam kunyit nantinya akan bertindak sama dengan cara NSAID untuk mengurangi demam.

  1. Meningkatkan Kekebalan

Manfaat kunyit untuk demam berguna sebagai agen imunomodulator sehingga bisa merubah respon imun. Dalam kasus peradangan atau infeksi nantinya bisa meningkatkan sistem kekebalan dan mendukung pelepasan mediator inflamasi untuk membunuh penyebab infeksi tersebut. Namun dalam kasus alergi atau penyakit autoimun dan kurkumin bisa mengekang respon tinggi dari sistem kekebalan tubuh sekaligus mengendalikan alergi dan gejala yang terkait. Kunyit nantinya bisa memodulasi kekebalan untuk membantu mengurangi demam sekaligus untuk membantu sistem kekebalan tubuh dalam memerangi penyakit penyebab segala jenis demam.

  1. Melawan Infeksi Penyebab Demam

Staphylococcus aureus merupakan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi kulit dan keracunan makanan. Gejala demam yang disebabkan karena infeksi tersebut bisa menyebabkan pelepasan mediator inflamasi seperti interferon, tumor necrosis faktor dan juga interleukin. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan untuk menyelidiki efek kunyit pada demam yang disebabkan karena infeksi ini membuktikan jika peningkatan kadar agen pro inflamasi terlihat pada infeksi aktif.

Nuclear faktor kappaB yakni kelompok protein yang mengontrol proses inflamasi dan respon imun akan aktif selama infeksi sedang terjadi. Kunyit diketahui bisa menghambat aktivitas faktor nuklir kappaB dan juga mengurangi tingkat mediator inflamasi sekaligus mengurangi demam yang disebabkan karena infeksi.

Lipopolisakarida merupakan zat yang terdapat pada dinding sel bakteri yang memicu demam biasa dan ini merupakan pirogen eksogen yang serupan dengan infeksi S.aureus yang menyebabkan meningkatnya pelepasan mediator inflamasi. Dalam studi yang dilakukan di Taiwan membuktikan jika efek antipiretik dalam kunyit bisa mengurangi tingkat zat pro inflamasi dalam darah dan mengurangi demam yang terkait infeksi tersebut. 

Sponsors Link

Cara Mengolah Kunyit Untuk Demam

Kunyit sudah biasa digunakan masyarakat India untuk mengatasi berbagai macam penyakit seperti demam panas. Bagi anda yang ingin menggunakan kunyit untuk mengobati demam, berikut akan kami berikan beberapa cara termudah yang bisa anda lakukan di rumah.

  • Campur susu panas: Minum susu panas di malam hari yang sudah dicampur dengan 1/2 sendok teh kunyit bubuk untuk mengontrol demam.
  • Panaskan 1 cangkir susu dengan 1/2 sendok teh kunyit bubuk, 3 lada hitam, 3 buah kapulaga dan 1/2 inch jahe cincang kemudian tambahkan sedikit madu dan minum selagi hangat untuk melawan demam.
  • Rebus 1 cangkir air dengan 1/4 sendok teh kunyit parut, 1/4 sendok teh jahe parut dan 1/4 sendok teh lada hitam bubuk. Saring dan biarkan dingin lalu tambahkan sedikit madu dan minum selagi hangat.
  • Teh kunyit: Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit bubuk dalam air mendidih dan diamkan selama 5 menit. Tambahkan madu atau gula secukupnya dan minum selagi masih hangat. 
    Sponsors Link

Manfaat kunyit untuk demam panas pada anak dan orang dewasa sangatlah luar biasa dan bisa digunakan sebagai penyembuhan demam yang sangat sederhana. Selain itu, kunyit juga penting untuk meningkatkan kekebalan dan membantu melawan infeksi atau akar penyebab dari demam yang terjadi di tubuh anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal