Sponsors Link

Mekanisme Demam Karena Sakit Gigi yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Sakit gigi merupakan salah satu jenis sakit yang sering terjadi pada orang-orang dengan gangguan gigi dan mulut. Namun seringkali sakit gigi disebabkan oleh gigi berlubang. Sakit gigi tidak hanya menyebabkan rasa sakit di area mulut saja, namun juga bisa menyebar ke bagian tubuh lain. Bahkan sakit gigi juga sering diikuti dengan demam, karena Hubungan Demam dengan Sakit Gigi memang cukup erat.

ads

Bagaimana sakit gigi bisa menjadi Penyebab Demam Tinggi Pada Orang Dewasa dan anak? Berikut beberapa penjelasan mengenai mekanisme demam karena sakit gigi yang perlu diketahui.

Proses Terjadinya Demam akibat Sakit Gigi

Seperti yang sedikit dijelaskan di atas, sakit gigi merupakan salah satu jenis gangguan yang terjadi pada daerah rongga mulut. Sakit gigi disebabkan oleh adanya peradangan atau infeksi yang ada di gigi berlubang. Sehingga penyebab sakit gigi pada dasarnya adalah infeksi bakteri. Sebagaimana infeksi bakteri lainnya, maka sakit gigi juga bisa menyebabkan demam. Mekanisme demam karena sakit gigi adalah sebagai berikut.

  1. Bakteri menginfeksi gigi

Mekanisme Demam saat Sakit Gigi tidak jauh berbeda dengan Mekanisme Demam Karena Infeksi. Proses pertama dari demam akibat sakit gigi adalah infeksi bakteri yang terjadi di area gigi berlubang, gusi, atau bagian mulut lainnya. Namun kebanyakan keluhan sakit gigi terjadi akibat gigi berlubang yang sudah cukup parah sehingga bakteri mudah menginfeksi di sana.

Bakteri akan perlahan-lahan melakukan aktivitas dan mengeluarkan racun. Tidak hanya itu, bakteri pun mungkin akan berkembang biak dan semakin menyebabkan gigi terasa sakit.

  1. Racun dari bakteri dilawan oleh sistem imun tubuh

Seperti yang diektahui bersama bahwa tubuh memiliki sistem pertahanan tubuh yang juga sering disebut sebagai sistem imun. Ketika ada infeksi yang menyerang ke bagian gigi, dan bakteri menyebarkan racun atau zat toksin, maka sebagai pertahanan diri, sistem imun tubuh akan memerintahkan tentara pertahanan tubuh untuk menyerang bakteri dan racunnya.

Tentara tersebut bisa berupa limfosit, leukosit, atau makrofarg. Tentara ini akan mengeluarkan zat kimia dengan nama pirogen endogen sebagai senjata untuk menyerang infeksi.

  1. Penyerangan terhadap bakteri mempengaruhi pengaturan suhu

Senjata dari sistem imun tadi ternyata bisa merangsang sel-sel endotel di hipotalamus. Hipotalamus sendiri adalah satu bagian di otak, dimana di dalamnya terdapat termostat untuk mengatur suhu tubuh. Saat mekanisme pertahanan diri terjadi, hipotalamus akan terangsang untuk mengeluarkan asam arakhidonat. Asam ini akan keluar dengan bantuan enzim fosfolupase A2.

Sponsors Link

Selanjutnya, asam arakhidonat juga akan memacu pengeluaran prostaglandin. Prostaglandin inilah yang mempengaruhi termostat di hipotalamus. Sehingga Demam Infeksi pun terjadi saat sakit gigi.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai mekanisme demam karena sakit gigi yang perlu diketahui. Jika terjadi demam saat sakit gigi, berarti itu menandakan bahwa infeksi yang ada sudah cukup serius. Ada baiknya jika Anda menghubungi dokter agar keluhan itu bisa diatasi dengan baik. Penyebab sakit gigi memang harus diketahui dan ditangani agar infeksi dan demam tidak terulang di kemudian hari. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pra Demam