Sponsors Link

Apakah Boleh Memandikan Bayi Saat Demam?

Sponsors Link

Panas atau demam bisa dikatakan menjadi gangguan kesehatan yang paling sering dialami bayi. Demam menjadi tanda jika tubuh sedang berjuang untuk melawan infeksi yang terjadi di dalam tubuh bayi. Ini merupakan respon sistem kekebalan tubuh namun cukup membuat orang tua merasa sangat khawatir ketika melihat buah hati mereka terkena demam. Namun sebenarnya, demam yang terjadi pada bayi memang membutuhkan penanganan khusus dan salah satunya adalah dengan memandikan bayi saat demam memakai air hangat. Akan tetapi, apakah sebenarnya memang diperbolehkan untuk memandikan bayi ketika sedang demam dan apa mandi bisa menurunkan demam pada bayi?.

ads

Bayi Mandi Saat Demam

Sebetulnya, memang tidak ada larangan untuk memandikan bayi saat demam. Bahkan para ahli terdahulu juga merekomendasikan supaya bayi mandi pada saat demam sebagai cara mengatasi demam pada bayi. Akan tetapi pendapat tersebut tidak sama lagi untuk sekarang sebab apabila memang diperlukan, maka bayi bisa dimandikan ketika sedang demam dan juga bisa saja tidak dimandikan. Bayi yang sedang demam bisa dimandikan namun dengan syarat jika air yang digunakan harus air hangat. Jangan pernah memandikan bayi yang sedang terkena demam memakai air dingin karena bisa menyebabkan bayi menggigil. Selain itu, air yang digunakan juga tidak boleh terlalu panas sebab bisa melukai kulit bayi dan juga menyebabkan bayi menggigil sesudah mandi.

Apabila bayi memang terlihat menggigil saat mandi, maka sebaiknya hentikan perawatan demam pada bayi ini dan segera keluarkan dari bak mandi kemudian kenakan pakaian hangat namun jangan berlapis dan jangan terlalu tebal. Hindari juga memandikan bayi terlalu lama saat demam hingga bayi terlihat menggigil karena bisa meningkatkan suhu tubuh bayi dan bukan menurunkan demam tersebut. Sedangkan cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membasuh bayi memakai waslap hangat untuk memandikan bayi.

Apakah Bisa Menurunkan Demam Bayi?

Meski banyak orang dulu percaya jika mandi bisa menurunkan suhu tubuh yang panas pada bayi agar kembali ke suhu normal tubuh manusia, namun pada kenyataannya, ini bukanlah cara terbaik yang bisa dilakukan. Bayi bisa saja mengalami menggigil ketika mandi sehingga sebaiknya berikan obat penurun panas lebih dulu sebelum memandikan bayi dengan air hangat seperti contohnya ibuprofen atau paracetamol. Konsultasikan juga dengan dokter dan baca petunjuk pemakaian obat dengan baik agar sesuai.

Sesudah diberikan obat penurun panas yang bagus, bayi kemungkinan tidak lagi menggigil sesudah dimandikan. Untuk itu kombinasi dari obat penurun panas dan juga mandi air hangat bisa sangat membantu menurunkan demam pada bayi. Sedangkan bayi yang tidak diberikan obat penurun panas sebelum mandi kemungkinan akan menggigil sebab tubuh akan berusaha untuk meningkatkan suhu kembali sehingga hanya akan memperburuk demam.

Kapan Harus Diperiksa ke Dokter?

Apabila bayi masih berumur sangat muda dimana sistem kekebalan tubuh mereka belum matang, maka sebaiknya segera periksakan bayi ke dokter saat sedang demam dan jangan mencoba untuk memandikan bayi atau memberikan antibiotik untuk demam. Demam pada bayi yang masih berumur muda bisa mengkhawatirkan sehingga tidak bisa diatasi sendiri di rumah. Apabila suhu tubuh bayi sudah mencapai suhu berikut ini, maka sesegera mungkin bawa buah hati anda ke dokter. 

Sponsors Link

  • Bayi yang berusia kurang dari 3 bulan dengan suhu tubuh 38 derajat celcius atau lebih.
  • Bayi yang berusia 3 hingga 6 bulan dengan suhu tubuh 38.3 derajat celcius atau lebih.
  • Bayi yang berusia lebih dari 6 bulan dengan suhu tubuh 39.4 derajat celcius atau lebih.

Dari ulasan diatas bisa disimpulkan jika memandikan bayi ketika sedang demam sebetulnya diperbolehkan. Namun pastikan untuk tidak menggunakan air dingin karena bisa menyebabkan bayi menggigil dan tidak berguna untuk menurunkan demam. Gunakan air hangat atau suam suam kuku untuk menurunkan demam pada bayi yang sebelumnya sudah diberikan obat penurun panas.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan