Sponsors Link

Cara Tepat Mengatasi Demam Sesuai Usia Penderita

Sponsors Link

Demam merupakan gejala dari banyak penyakit yang bisa terjadi pada anak anak maupun orang dewasa. Demam yang merupakan gejala penyakit ini bisa terjadi karena banyak hal, namun umumnya terjadi karena infeksi yang menyerang tubuh. Sedangkan untuk cara mengatasi demam sendiri tidaklah sama karena harus disesuaikan dengan kelompok umur. Lalu bagaimana sebenarnya cara mengatasi demam sesuai usia yang paling tepat?.

ads

Mengatasi Demam Secara Umum

Sebenarnya, demam yang terjadi merupakan cara tubuh untuk bertahan dan melawan infeksi yang sedang terjadi. Sebagian demam bisa terjadi karena penyakit infeksi, penyakit ringan dan juga penyakit berat. Demam bisa dikatakan tidak berbahaya jika terjadi pada seseorang yang tidak memiliki riwayat penyakit. Meski memang demam terlihat mengerikan, namun demam sebenarnya memberikan waktu pada sistem kekebalan tubuh supaya bisa bertambah kuat.

Seseorang bisa dikatakan demam jika suhu tubuh sudah melebihi batas normal yakni diatas 36 hingga 37 derajat celcius. Sementara untuk cara mengatasi demam sesuai usia secara umum yang bisa dilakukan diantaranya adalah:

  1. Pastikan Tubuh Terhidrasi

Minum air mineral menjadi salah satu cara terbaik untuk mengatasi demam kronis atau biasa. Cairan yang masuk ke dalam tubuh ketika demam nantinya akan dikeluarkan kembali lewat urin dan keringat sebagai cara untuk menurunkan suhu tubuh.

  1. Istirahat di Tempat Tidur

Umumnya, seseorang yang sedang mengalami gejala demam akan merasa lemas dan pusing. Untuk itulah, istirahat di tempat tidur menjadi hal wajib untuk dilakukan agar tidak memperburuk kondisi tubuh sekaligus membantu menurunkan demam dengan cepat.

  1. Jangan Memakai Selimut Tebal

Hal keliru yang sering dilakukan seseorang saat demam berkepanjangan adalah memakai selimut yang terlalu tebal. Ketika sedang demam, hindari memakai selimut yang terlalu tebal karena bisa menghambat suhu tubuh kembali normal kecuali jika demma memang disertai dengan gejala seperti menggigil.

  1. Pakai Handuk Basah

Handuk yang dibasahi dengan air dingin untuk kompres pada bagian tubuh bisa dilakukan untuk menurunkan demam. Namun jangan langsung mandi dengan air dingin atau memakai es batu sebagai kompres karena bisa menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

  1. Konsumsi Obat Penurun Demam

Hal berikutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi demam panas adalah dengan minum obat penurun demam seperti ibuprofen, paracetamol dan juga aspirin. Namun untuk mengatasi demam anak, sebaiknya hindari memberikan aspirin karena bisa berbahaya.

Mengatasi Demam Sesuai Usia

Tentunya, mengatasi demam panas yang terjadi pada bayi, anak anak dan juga orang dewasa membutuhkan penanganan yang berbeda beda. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami berikan ulasan selengkapnya sebagai panduan anda. 

Sponsors Link

  1. Demam Pada Bayi dan Balita

Bayi yang berumur di bawah tiga bulan belum mempunyai sistem kekebalan tubuh kuat dan sempurna sehingga lebih rentan terhadap infeksi yang bisa menimbulkan gejala demam. Apabila bayi anda yang berumur di bawah tiga bulan mengalami demam sampai diatas 38 derajat celcius, maka harus segera dibawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih mendalam.

Sementara untuk mengatasi demam pada bayi berusia tiga hingga enam bulan kemungkinan akan membutuhkan penanganan dokter ketika demam sudah mencapai 38.9 derajat celcius. Untuk bayi berumur enam bulan hingga satu tahun dengan suhu tubuh melebihi 38.9 derajat celcius sudah bisa diberikan obat penurun demam sesuai petunjuk dokter. 

Sponsors Link

  1. Demam Pada Anak dan Remaja

Untuk mengatasi demam panas pada anak usia 2 sampai 17 tahun kurang dari 39 derajat celcius, maka belum membutuhkan obat penurun panas dan tergantung dari kondisi yang dialami anak. Panas biasanya akan berkurang dengan istirahat cukup serta kompres badan saat demam. Akan tetapi jika demam sudah melebihi suhu 39 derajat celcius, maka obat penurun demam harus dikonsumsi dan jika sudah melebihi 3 hari, maka segera bawa anak anda ke dokter untuk pemeriksaan medis lebih lanjut.

  1. Demam Orang Dewasa

Untuk orang dewasa yang mengalami demam tidak melebihi 38.9 derajat celcius dan baru bisa dikonsumsi ketika suhu tubuh sudah melebihi 39 derajat celcius. Namun jika demam masih terjadi selama 3 hari dan obat penurun panas belum juga efektif untuk mengatasi demam, maka segera periksakan diri ke dokter sebab ada beberapa jenis penyakit berbahaya penyebab demam yang membutuhkan penanganan secepat mungkin.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan