Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Mual Akibat Demam

Sponsors Link

Mual yang dialami ketika demam memang terasa sangat mengganggu. Badan terkadang juga disertai dengan menggigil, aroma makanan tidak enak dan suara yang seakan hilang. Mual tidak hanya terjadi ketika tubuh sedang demam atau terserang penyakit, namun bi sajuga terjadi karena efek mabuk baik karena perjalanan atau karena minuman. Ada beberapa perawatan alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi mual akibat demam baik taraf ringan sampai parah sehingga sangat membantu anda untuk beraktivitas kembali dengan normal.

ads
  1. Hidrasi Tubuh Dengan Baik

Apabila anda sedang demam panas, maka cara mengatasi mual akibat demam bisa dilakukan dengan mengembalikan cairan tubuh agar bisa merasa lebih baik. Ada banyak produk yang bisa dibeli dengan bebas tanpa resep seperti alka seltzer yang memang diformulasikan khusus untuk mempercepat pemulihan dehidrasi termasuk untuk mengatasi dehidrasi akibat minuman beralkohol.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh anda untuk mengatasi gastroenteritis atau radang pada lambung dan juga usus. Kuman atau flue perut bisa menyebabkan mual dan muntah dari ringan sampai parah dan biasanya juga disertai dengan sakit perut, gejala demam dan diare. Namun jika anda kesulitan menelan air, maka lakukan sedikit demi sedikit dan jangan langsung ditenggak.

  1. Gunakan Jahe dan Produk Jahe

Mengkonsumsi jahe dan juga produk dari jahe juga sangat baik dilakukan karena ampuh untuk mengatasi penyebab demam disertai mual akibat demam yang bahkan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain mengkonsumsi jahe secara langsung, permen jahe juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi mual. Perhatikan untuk tidak mengkonsumsi jahe saat perut masih kosong atau sebaliknya terlalu penuh.

  1. Minum Cola

Cola sudah sejak lama digunakan sebagai obat anti mual bahkan sebelum dijadikan sebagai minuman ringan sehingga baik dikonsumsi untuk menghilangkan mual ketika sedang demam panas. Meski cairan memang sangat penting dikonsumsi ketika sedang demam, namun ada beberapa minuman berbahaya yang sebaiknya dihindari seperti minuman beralkohol, minuman yang mengandung kafein dan juga minuman ringan berkarbonasi. Beberapa jenis minuman tersebut tidak berguna untuk mengatasi mual sebab hanya akan mengakibatkan masalah perut lebih lanjut. Apabila anda mual dan demam yang juga disertai dengan diare, maka sebaiknya hindari produk susu dan olahan susu lain sampai anda benar benar pulih agar tidak memperpanjang durasi diare.

  1. Hindari Menggerakkan Kepala

Hal penting lain yang sebaiknya anda hindari ketika sedang mual, demam disertai sakit kepala dan pusing adalah tidak menggerakan kepala. Sebaiknya bakin secara perlahan sesudah anda beristirahat untuk menghindari sensasi kepala berputar. Selain itu, gunakan juga kompres basah dan dingin pada area dahi anda karena banyak orang yang beranggapan jika ini bisa mengatasi rasa mual secara signifikan.

  1. Konsumsi Obat Bebas Resep

Untuk mengatasi mual akibat demam berikutnya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi obat obatan yang dijual bebas. Obat obatan tersebut sudah cukup ampuh untuk mengatasi mual ketika sedang demam, sakit perut dan juga mabuk perjalanan. 

Sponsors Link

  1. Hembuskan Nafas Dengan Perlahan

Jika anda tidak ingin minum obat atau makan sesuatu untuk cara mengatasi demam dan mual, maka cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah menarik nafas hingga sepenuhnya lalu hembuskan secara perlahan dari mulut. Tambahkan juga beberapa aroma menyenangkan di sekeliling anda seperti peppermint dan minyak jahe yang sangat baik untuk mengatasi mual. Meski memang belum didukung dengan penelitian, namun beberapa orang terbukti merasa lebih baik ketika menghirup aroma dari peppermint dan juga jahe tersebut.

  1. Rileks

Ketika anda demam dan terlalu cemas, maka juga bisa memperburuk rasa mual yang dirasakan. Untuk itu, cobalah untuk berhenti memikirkan tentang sakit yang sedang anda derita. Pastikan juga anda mendapat tidur yang cukup termasuk tidur siang agar tubuh bisa berkesempatan untuk istirahat. Jangan terlalu banyak memikirkan tentang demam yang sedang anda alami karena hanya bisa memperburuk kondisi demam tersebut. Cobalah untuk mempraktikan teknik pernapasan yang baik untuk mengatasi mual ringan yang sedang anda alami.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan