Sponsors Link

17 Cara Mengatasi Panas Pada Anak 4 Tahun Paling Efektif

Sponsors Link

Anak seringkali mengalami panas tubuh yang tinggi. Begitu pula dengan anak usia 4 tahun. Lebih dari rata-rata suhu tubuh normal.  Biasanya disebut panas atau demam jika suhu tubuhnya mencapai 37,5 derajat celcius.  Dan umumnya demam panas anak tidak berbahaya, karena ini merupakan mekanisme tubuh untuk melawan penyakit yang masuk. Oleh karena itu orangtua tidak perlu panik, namun segera mengambil langkah mengatasi panas pada anak 4 tahun. Kepanikan akan menyebabkan orangtua tidak bertindak cepat dan tepat. Padahal meskipun tidak berbahaya, gejala demam biasa perlu segera ditangani agar tidak berlarut-larut atau menjadi berbahaya.

ads

Langkah mengatasi panas pada anak 4 tahun dapat kita simak di bawah ini.

  1. Mengukur Suhu Tubuh

Mengukur suhu tubuh anak dengan thermometer merupakan hal yang harus dilakukan pertama kali ketika anak terlihat lesu dan tidak bergairah.  Mengukur suhu tubuh dengan meletakkan tangan di dahi atau leher, kurang tepat karena bisa dipengaruhi berbagai hal.

  1. Kompres Air Hangat

Langkah selanjutnya adalah dengan air hangat. Kompres penurun panas ini sangat dipercaya dapat menurunkan panas dengan cepat.  Atau paling tidak akan membuat anak merasa lebih nyaman.

  1. Plester Kompres

Jika merasa kompres dengan air hangat sangat tidak praktis, dapat menggunakan plester kompres demam untuk anak. Kompres dengan ini mempunyai khasiat yang hampir sama dengan kompres dengan air hangat.  Dan anak tidak perlu basah karena air yang menetes dari handuk.

  1. Kompres Herbal

Kompres herbal juga dapat dilakukan jika di sekitar lingkungan terdapat daun cocor bebek atau daun singkong.  Kedua daun penurun panas tersebut dapat ditumbuk halus dan ditempelkan pada dahi, ketiak, dan lipatan paha.  Kompres daun singkong sangat baik untuk demam anak disertai sakit kepala.

  1. Obat Penurun Panas

Umumnya orangtua zaman sekarang menyediakan obat penurun panas badan dari apotek atau toko obat di rumah.  Gunakan obat yang cukup aman bagi anak. Yang mengandung acetaminophen seperti paracetamol. Sanmol adalah salah satu obat turun panas mengandung paracetamol yang banyak dijual bebas.

  1. Memberi  Pakaian Tipis

Pakaian tipis yang dimaksud adalah cukup memberikan pakaian sehari-hari. Anak yang demam tidak perlu memakai baju tebal,  Baju tebal akan membuat panas terperangkap dalam tubuh. Efek obat penurun panas akan bekerja sebentar dan panas akan semakin meninggi.

  1. Selimut Tipis

Selimut Tipis bisa diberikan jika suhu tubuh panas tetapi anak kedinginan atau demam menggigil pada anak.  Selimut yang tebal akan menyebabkan efek yang sama dengan pakaian yang terlalu tebal.

Sponsors Link

  1. Minum Air Putih

Berilah anak banyak minum air putih, jika bisa air putih hangat. Air putih akan mencegah dehidrasi karena panas pada anak.  Selain itu, banyak minum air putih akan menyebabkan pembuluh darah terbuka dan panas menguap melalui keringat.

  1. Mandi Air Hangat

Meskipun anak panas, tetap bisa mandi dengan air hangat. Mandi dengan air hangat merupakan langkah yang cepat mengatasi panas pada anak 4 tahun. Efeknya juga memperlebar pembuluh darah di bawah kulit.

ads

  1. Buah Penurun Panas

Buah-buahan seperti  semangka, pisang, jeruk, melon, delima merah, dan ketimun dapat menjadi buah penurun panas anak yang efektif. Anak-anak akan menyukai rasanya. Buah-buahan ini banyak emngandung  vitamin C yang akan meningkatkan daya tahan tubuh.  Selain tiu kandungan air di dalamnya akan mencegah dehidrasi.

  1. Sup Ayam Hangat

Sup ayam hangat merupakan salah satu resep makanan untuk anak demam yang sangat cocok bagi anak-anak.  Rasanya enak dan terdiri dari banyak bahan bergizi. Selain itu, cairannya membantu mencegah dehidrasi. Yang terpenting kehangatannya akan memperlebar pembuluh darah dan melegakan pernapasan bagi demam flu pada anak dan demam batuk pilek pada anak.

  1. Bubur

Bubur juga merupakan makanan penurun demam. Dengan teksturnya yang halus, membuatnya mudah dicerna tanpa harus mengunyah.  Konsumsi bubur akan mudah dicerna dan  memberikan energi bagi anak sakit.

  1. Teh Jahe

Teh jahe atau wedang jahe dapat diminumkan sebagai obat herbal anak demam panas. Teh jahe mempunyai rasa lebih menghangatkan dan enak dibandingkan jenis rimpang lain. Sangat cocok bagi demam akibat radang tenggorokan dan demam selesma.

  1. Bawang Merah

Bawang merah juga merupakan obat herbal yang sangat baik untuk mengatasi panas pada anak 4 tahun. Bawang merah tidak perlu dikonsumsi. Kandungan atsirinya dapat dioleskan ke seluruh tubuh dengan mengiriis tipis dan mencampurkannya dengan minyak kelapa.

  1. Madu

Madu mempunyai rasa manis yang disukai anak-anak. Manfaat madu bagi demam anak sangat diakui sejak lama.  Lebih mudah sekarang ini bayak diproduksi madu anak dengan campuran bahan lain yang bagus untuk penyembuhan.

  1. Istirahat Cukup

Terkadang hanya demam anak di malam hari. Atau demam anak tidak terlalu tinggi. Sehingga anak tetap beraktivitas seperti biasa. Ajak anak untuk mengurangi aktivitasnya di luar rumah. Istirahat akan membantu menurunkan panas anak.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat berguna bagi demam batuk pilek dan demam radang tenggorokan. Untuk anak, jeruk nipis dapat diperas dan dicampurkan dengan setengah gelas air. Setelah itu dicampur dengan madu agar mengurangi rasa asam.

Mudah bukan mengatasi panas pada anak 4 tahun?  Yang terpenting orang tua tidak panik. Jika anak mempunyai riwayat kejang demam, demam berkepanjangan, anak demam naik turun, keluar bintik merah, maka harus segera di bawa ke dokter.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan