Sponsors Link

4 Cara Tepat Mengobati Demam Berdarah Tanpa Opname

Sponsors Link

Demam berdarah dengue atau DBD adalah penyakit yang terjadi karena virus dengue dari nyamuk Aedes aegypti yang biasa terjadi di daerah tropis dan subtropis. Untuk demam berdarah ringan biasanya akan disertai dengan demam tinggi mendadak, sakit kepala hebat, sakit di sendi dan belakang mata, menurunnya nafsu makan, mual dan juga timbul ruam di permukaan kulit. Sementara untuk demam berdarah parah atau dengue hemorrhagic fever bisa menyebabkan pendarahan yang serius, tekanan darah menurun secara tiba tiba atau shock dan juga bisa menyebabkan kematian. Merawat dan mengobati demam berdarah tanpa opname sebenarnya bisa dilakukan untuk menghindari komplikasi dan meminimalisir gejala yang ditimbulkan dan akan kami ulas secara lengkap dalam artikel berikut ini.

ads

Perawatan Demam Berdarah Tanpa Opname

Untuk perawatan dan mengobati gejala demam berdarah tanpa opname sebenarnya bisa dilakukan di rumah untuk menggantikan perawatan rumah sakit sehingga bisa dipulihkan lebih cepat sekaligus mengurangi gejala yang ditimbulkan. Ini bisa terjadi karena sebenarnya belum ada penanganan spesifik untuk DBD dan biasanya penderita akan pulih sendiri dalam waktu dua minggu. Apabila anda atau anggota keluarga mengalami gejala demam berdarah ringan, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan agar penyakit tersebut tidak semakin bertambah parah dan kronis.

  1. Minum Banyak Cairan

Pasien demam berdarah harus selalu mendapatkan asupan cairan yang cukup dari mulai minum air putih sampai jus buah. Ini sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi yang disebabkan demam panas sekaligus sangat membantu untuk menurunkan demam lebih cepat. Minum banyak cairan juga bias mengurangi gejala demam berdarah seperti kram pada otot dan sakit kepala karena dehidrasi. Cairan juga sangat membantu untuk menghilangkan racun di dalam tubuh yang akan dikeluarkan bersama dengan urine.

  1. Minum Obat Pereda Nyeri dan Demam

Paracetamol menjadi pilihan terbaik untuk meringankan nyeri sekaligus membantu menurunkan demam panas penderita demam berdarah. Untuk hasil terbaik, anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui jenis obat apa saja yang sebaiknya dikonsumsi penderita demam berdarah.

  1. Makan Jambu Biji dan Makanan Mudah Dicerna

Ketika anda ke rumah sakit, maka dokter biasanya akan merekomendasikan makanan yang mudah dicerna seperti buah buahan, sayuran hijau dan juga makanan yang direbus sebagai makanan terbaik penderita demam berdarah. Salah satu jenis buah terbaik yang bisa dikonsumsi ketika demam berdarah adalah jambu biji sebab kandungan vitamin C tinggi dalam buah ini bisa meningkatkan produksi trombosit baru. Penderita demam berdarah umumnya akan mengalami penurunan kadar trombosit, sehingga mengkonsumsi jambu biji yang mengandung trombinol ini sangat baik untuk merangsang trombopoietin supaya lebih aktif sehingga tubuh bisa menghasilkan trombosit lebih banyak dalam waktu cepat seperti manfaat daun pepaya untuk demam berdarah

Sponsors Link

Selain itu, buah jambu biji juga mengandung quercetin tinggi yakni senyawa kimia alami yang juga ditemukan di beberapa jenis buah dan sayur lain yang penting untuk menghambat pertumbuhan segala macam virus penyebab demam termasuk virus dengue tersebut.

  1. Istirahat Total

Bed rest atau istirahat total juga harus dilakukan penderita jenis demam berdarah apapun karena bisa mempercepat proses pemulihan penyakit sehingga sangat penting untuk dilakukan.

Mengobati demam berdarah tanpa opname di rumah merupakan perawatan yang sebenarnya bersifat tambahan sebagai pengganti dari opname di rumah sakit sekaligus mencegah komplikasi demam berdarah. Hal yang harus diperhatikan adalah tidak boleh dilakukan secara sembarangan dan disesuaikan dengan kondisi penderita. 

Sponsors Link

Mencegah Demam Berdarah

Pencegahan sebenarnya menjadi langkah paling efektif yang harus dilakukan sebab tidak ada vaksin yang bisa melindungi tubuh dari virus demam berdarah. Beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah bahaya demam berdarah diantaranya adalah:

  • Pakai obat pengusir nyamuk setidaknya 10% DEET atau lebih tinggi.
  • Pakai pakaian tertutup seperti celana dan baju lengan panjang serta kaos kaki khususnya saat berkunjung ke daerah tropis.
  • Jangan pakai sabun beraroma sebab bisa menarik nyamuk untuk datang dan hindari juga pemakaian parfum.
  • Hindari keluar rumah saat dini hari, sore dan juga malam.
  • Tutup pintu dan jendela saat sudah sore.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan