Sponsors Link

8 Cara Alami Menyembuhkan Ruam Demam Dengue

Sponsors Link

Penyakit virus akut seperti demam berdarah umumnya terjadi pada saat nyamuk sebagai pembawa virus demam menggigit seseorang. Demam disertai bintik merah dan gatal bisa dilihat dari dua tahap berbeda yakni dari penyakit pertama selama onset demam dan kedua kalinya ketika demam sudah mereda. Wabah pertama berfungsi sebagai indikasi jelas dari penyakit, sedangkan wabah kedua kemungkinan tidak umum terjadi. Ruam yang terjadi karena demam dengue ini umumnya menimbulkan rasa gatal dan area di sekitar ruam tersebut terlihat kering dan mengelupas sesudah beberapa waktu. Perlu diketahui jika ruam yang terjadi karena demam dengue bisa menimbulkan komplikasi sehingga harus diatasi secara baik. Untuk menyembuhkan ruam dengue tersebut, ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan seperti beberapa bahan berikut ini.

ads
  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa tidak hanya bisa digunakan untuk mengatasi ruam karena infeksi yang menyebabkan rasa gatal, namun juga bisa digunakan untuk menyembuhkan ruam demam dengue. Anda hanya perlu menggosok beberapa tetes minyak kelapa secara langsung pada ruam. Namun jika ruam sudah menyebar ke seluruh tubuh, maka rendam terlebih dulu seluruh tubuh dengan air hangat kemudian tepuk kulit untuk mengeringkan dan aplikasikan minyak kelapa ini ke seluruh permukaan kulit.

  1. Lemon

Lemon tidak hanya sangat baik digunakan untuk memutihkan kulit karena kandungan vitamin C tinggi didalamnya namun juga menjadi solusi terbaik untuk perawatan demam dengue khususnya untuk ruam karena demam dengue. Dalam lemon mengandung minyak yang sangat mudah menguap berfungsi untuk mengatasi peradangan. Aplikasikan perasan lemon pada area kulit yang terkena dan biarkan hingga mengering kemudian bilas sampai bersih.

  1. Baking Soda

Baking soda menjadi cara alami dan mudah selanjutnya untuk mengatasi ruam karena demam dengue. Campur baking soda dengan air memakai perbandingan 3:1 dan aplikasikan pasta tersebut pada ruam. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah berendam dalam air hangat yang sudah ditambahkan dengan 1 cangkir baking soda untuk menyembuhkan ruam sekaligus mengatasi gatal yang terjadi akan tetapi sebaiknya jangan digunakan pada kulit yang sedang terluka.

  1. Kemangi

Pengobatan selanjutnya untuk ruam karena demam dengue bisa anda lakukan dengan memakai daun kemangi karena mengandung eugenol, timol dan beberapa zat lain yang sangat penting untuk mengurangi iritasi kulit seperti ruam karena demam dengue. Haluskan daun kemangi secukupnya lalu celupkan kapas kedalamnya dan aplikasikan pada kulit secara teratur.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti jamur, anti bakteri, anti radang dan emolien yang menjadi salah satu bahan alami terbaik untuk mengatasi ruam disebabkan demam dengue karena tidak hanya bisa menyembuhkan namun juga menenangkan kulit dan bisa memberikan bantuan untuk mengatasi kemerahan dan rasa gatal yang juga aman digunakan untuk ruam karena demam dengue pada anak

Sponsors Link

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel organik mentah menjadi obat terbaik selanjutnya untuk mengatasi ruam demam dengue sekaligus mengendalikan rasa gatal yang ditimbulkan. Kandungan asam asetat dalam cuka sari apel sangat ampuh untuk mengatasi infeksi kulit yang biasanya bisa memperburuk rasa gatal karena jenis demam tersebut.

  1. Kompres Dingin

Cara mudah selanjutnya untuk meredakan ruam bisa dilakukan dengan menempelkan kantong es batu atau kain yang sudah direndam dalam air es. Anda bisa membungkus kantong es dengan tisu dan ditempelkan pada ruam sekitar 20 menit lalu istirahatkan kulit lebih dulu sekitar 1 jam dan tempelkan kembali. Anda juga bisa membasahi kain dengan air dingin mengalir selama beberapa menit kemudian peras kelebihan airnya dan aplikasikan pada ruam. 

Sponsors Link

  1. Berendam Dengan Campuran Air Oatmeal

Oatmeal sudah sejak lama digunakan untuk meringankan masalah kulit yang terkena ruam atau gatal sejak berabad abad lalu termasuk untuk ruam merah pada bayi. Gluten yang terkandung dalam oatmeal ini memiliki sifat melembabkan dan bisa melapisi kulit anda untuk meringankan ruam sekaligus mengurangi warna kemerahan yang terjadi. Campurkan paket mandi oatmeal koloidal di toko obat dengan air hangat dalam bak mandi dan gunakan untuk berendam selama 20 menit.

Demikian ulasan singkat dari kami kali ini tentang beberapa cara alami menyembuhkan ruam demam dengue yang bisa anda lakukan di rumah. Semua bahan yang digunakan sangat aman bahkan untuk kulit sensitif sehingga menjadi pilihan terbaik untuk anda gunakan. Semoga bisa bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan