Sponsors Link

11 Minuman Penurun Panas Demam Terbukti Efektif

Sponsors Link

Panas demam merupakan tanda jika suhu tubuh sedang naik yang menyebabkan penderita berkeringat terlalu berlebihan. Hal inilah yang menyebabkan penderita sering mengalami dehidrasi sebab ada banyak cairan dan ion yang terbuang dari dalam tubuh. Untuk itulah, seseorang yang sedang demam harus mengkonsumsi banyak minuman penurun panas demam seperti yang akan kami ulas dalam artikel berikut ini.

ads

1. Air Putih

Air putih menjadi salah satu minuman penurun panas demam pertama yang baik dikonsumsi bahkan harus diminum lebih banyak ketika sedang mengalami demam panas. Semua jenis demam yang sedang dialami, sangat disarankan untuk banyak minum air putih sebab bisa menetralkan kembali suhu tubuh serta mencegah keluhan gejala lain yang menyertai demam seperti sakit tenggorokan dan sakit kepala.

2. Susu

Susu yang dicampur dengan madu tidak hanya baik dikonsumsi saat sedang demam panas namun juga memberikan rasa segar. Susu baik dalam keadaan hangat atau dingin tidak hanya menurunkan suhu tubuh namun juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sebaiknya dikonsumsi saat sedang demam khususnya untu anak anak.

3. Air Kelapa

Seperti yang kita ketahui, air kelapa sudah dikenal sejak lama sebagai minuman yang kaya akan manfaat. Air kelapa bisa dijadikan penawar racun alami dan juga mencegah bahaya dehidrasi serta menggantikan ion tubuh yang hilang saat sedang demam biasa atau akut. Air kelapa juga berguna untuk menyeimbangkan elektrolit yang terganggu di dalam tubuh serta mengatur suhu tubuh secara efektif.

4. Jus Jeruk

Jeruk dikenal sebagai salah satu buah penurun panas pada anak atau orang dewasa, sehingga sari buah jeruk juga baik dikonsumsi untuk menurunkan demam secara efektif. Agar khasiatnya lebih maksimal, anda bisa mencampur jus jeruk dengan delima dan melon orangye yang diminum sebanyak 4 jam sekali agar demam lebih cepat turun.

5. Air Kapulaga

Selain berguna untuk menambah rasa, namun air kapulaga ternyata juga baik diminum ketika sedang demam khususnya saat mengalami macam macam panas dalam. Air kapulaga memiliki khasiat untuk menurunkan panas tubuh secara alami tanpa efek samping berbahaya dan bahkan bisa meningkatkan imun tubuh karena banyak kandungan didalamnya.

6. Jus Pisang

Dalam buah pisang mengandung kalium tinggi yang tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan otot dan persendian, namun juga ampuh untuk menurunkan demam sehingga termasuk dalam salah satu buah penurun panas demam. Anda bisa mengolah 100 gram pisang matang dengan 30 ml air dan tambahkan juga dengan 75 gram jeruk manis. Campur semua dalam blender lalu tambahkan dengan satu sendok makan madu lalu minum secara teratur untuk meredakan panas demam.

7. Jus Semangka

Semangka adalah buah yang cocok untuk orang sakit karena mengandung banyak air sehingga sangat menyegarkan dan ampuh untuk mengatasi kekurangan cairan tubuh ketika sedang demam. Jus semangka juga sangay baik diminum saat sedang demam karena bisa menurunkan suhu tubuh dalam waktu cepat secara alami dan efektif.

8. Teh

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika minum teh seperti contohnya teh hijau untuk demam pilek dibandingkan dengan kopi seperti salah satunya untuk menurunkan demam. Kombinasi cairan dan jumlah kafein yang tepat di dalam teh merupakan campuran yang baik untuk mengatasi demam. Anda hanya perlu menyeduh kantong teh dengan air panas selama beberapa menit. Selain itu, teh juga mengandung beberapa vitamin yang sangat dibutuhkan ketika sedang demam seperti salah satunya teh bunga linden.

9. Air Lemon

Jika anda tidak suka minum putih dan ingin tambahan rasa, maka air lemon menjadi pilihan baik untuk dikonsumsi saat sedang demam. Air lemon bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kaya akan vitamin C. Selain itu, lemon juga kaya akan serat yang dinamakan pektin yakni probiotik yang membantu kesehatan usus dengan memberi makan bakteri usus yang sehat. Bahkan, minum segelas air lemon hangat setiap pagi juga sering disarankan oleh dokter.

Sponsors Link

10. Teh Jahe

Secangkir teh jahe yang diminum saat sedang demam bisa menenangkan dan menghangatkan tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung banyak mineral dan vitamin termasuk kromium yang bisa membantu mencegah flu dan demam. Jahe juga berguna untuk mengatasi batuk kronis atau sakit tenggorokan. Secara menyeluruh, teh jahe ini sangat baik diminum untuk memecah racun sekaligus membersihkan tubuh.

11. Teh Tomat

Meski terdengar masih asing di telinga, namun sebenarnya teh tomat sudah banyak dikonsumsi masyarakat luar negeri untuk penyembuhan dan memberi banyak nutrisi termasuk menyembuhkan beberapa jenis demam. Untuk membuat teh tomat ini, anda hanya perlu mencampur 2 cangkir jus tomat tanpa tambahan gula dengan 2 sampai 3 siung bawang putih yang sudah dihancurkan. Tambahkan dengan sedikit cabai rawit dalam wajan dan panaskan hingga hangat. Selain itu, anda juga bisa menambahkan cuka sari apel atau jahe jika suka yang dikonsumsi sepanjang hari hingga demam sembuh.

Sponsors Link
, , ,