Sponsors Link

7 Obat Alami Rumahan Demam Tifoid

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui, sistem kekebalan yang kuat sangatlah penting untuk melindungi tubuh manusia dari berbagai penyakit. Dari antara berbagai penyakit akibat bakteri, demam tifoid dianggap sebagai penyakit yang cukup umum namun serius. Bagi anda atau orang terdekat anda yang kebetulan terkena penyakit ini, berikut akan kami berikan obat alami rumahan demam tifoid yang mudah dan efektif untuk dilakukan.

ads

1. Cuka Sari Apel

Obat alami rumahan demam tifoid pertama adalah cuka sari apel. Sifat asam dalam cuka sari apel bisa menarik keluar panas dari kulit yang tentunya bisa menurunkan suhu tubuh yang sedang tinggi. Dalam penelitian yang dilakukan di Pusat Nasional untuk Bioteknologi NCBI tahun 2017 menunjukan efisiensi cuka sari apel pada kekebalan sehingga juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi demam biasa.

  • Aduk ½ sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter dengan madu dalam 1 gelas air.
  • Konsumsi larutan ini sebelum makan selama 5 hingga 7 hari.

2. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antimikroba sehingga bisa membantu untuk melawan bakteri penyebab demam tifoid. Bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang sekaligus juga efektif untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh untuk mendorong proses pemulihan. Namun untuk anak kecil dan wanita hamil tidak disarankan untuk menggunakan cara ini.

Konsumsi 2 siung bawang putih dalam keadaan perut kosong dalam 2 minggu untuk mengatasi demam tifoid.

  • Cara lainnya, campur ½ sendok teh bawang putih yang dihancurkan dengan 4 gelas air dan 1 cangkir susu.
  • Rebus hingga tersisa ¼ bagian lalu konsumsi 3 kali sehari.

3. Cengkeh

Dalam minyak atsiri cengkeh mengandung sifat antibakteri yang kuat sehingga bisa membantu membunuh bakteri penyebab komplikasi demam tifoid sekaligus meredakan muntah dan diare yang merupakan 2 gejala umum dari kondisi ini.

  • Tambahkan 5 cengkeh dalam 8 gelas air dan rebus hingga tersisa ½ bagian saja.
  • Tutup dan biarkan dingin kemudian saring dna minum sepanjang hari.

4. Kemangi

Kemangi juga menjadi salah satu cara untuk mengatasi gejala demam tifoid karena sifat antibakteri dan antibiotik yang bisa membantu melawan bakteri. Selain itu, kemangi juga bisa menurunkan demam berkepanjangan, meredakan masalah lambung dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

  • Tambahkan sekitar 20 helai daun kemangi dan 1 sendok teh jahe yang dihancurkan dalam 1 gelas air.
  • Rebus hingga tersisa ½ bagian dan tambahkan madu kemudian konsumsi 1 kali sehari.

5. Pisang

Pisang bisa mengatasi bahaya demam tifoid sekaligus diare sehingga dianggap sebagai pengobatan efektif untuk demam tifoid. Bahkan, pisang juga mengandung serat larut yang disebut pektin yang bisa mendukung penyerapan cairan di usus untuk mengurangi diare. Selain itu, potasium dalam pisang bisa menggantikan elektrolitt yang hilang akibat demam dan diare.

  • Konsumsi 2 hingga 3 buah pisang matang dalam 1 hari sampai gejala tipes hilang.
  • Cara lainnya, campur 2 pisang yang dihaluskan dengan ½ cangkir yogurt dan 1 sendok teh madu dan konsumsi sebanyak 2 hingga 3 kali sehari dalam beberapa minggu.

6. Cranberry

Cranberry mengandung anti parasit sehingga juga baik dikonsumsi untuk mengatasi demam thypoid. Selain itu, mengkonsumsi jus crranberry juga sangat baik untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh anda.

  • Siapkan beberapa buah cranberry segar lalu haluskan dalam blender.
  • Tambahkan juga dengan yogurt untuk membuat smoothie yang lezat.

7. Jeruk

Jeruk mengandung begitu banyak vitamin dan mineral bersama dengan air sehingga ideal dikonsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan demam tifoid.

Sponsors Link

Jeruk juga bisa memberikan mineral esensial pada tubuh yang nantinya bisa membantu tubuh untuk melawan dehidrasi. Selain itu, jeruk juga mempunyai efek pendinginan yang bisa memberikan bantuan postif terhadap rasa tidak nyaman dan gelisah akibat demam tifoid.

  • Anda bisa langsung mengkonsumsi jeruk atau bisa diminum menjadi jus.
  • Cara lain, anda juga bisa mencampur jus jeruk nipis dalam 1 cangkir jus jeruk yang diminum 3 kali sehari.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan