Sponsors Link

5 Obat Demam Alami yang Ada di Rumah

Sponsors Link

Seperti yang kita ketahui, demam sebenarnya bukan merupakan sebuah penyakit namun hanya menjadi reaksi imun tubuh terhadap penyakit, infeksi atau kondisi lain yang mendasari demam tersebut sehingga tidak membutuhkan obat penurun panas jika demam yang terjadi adalah demam biasa. Suhu tubuh juga akan menurun dengan sendirinya ketika beristirahat. Akan tetapi untuk mempercepat proses penyembuhan dan bisa beraktivitas seperti semula, maka ada beberapa obat alami yang bisa dengan mudah ditemukan di rumah untuk menurunkan demam tersebut.

ads
  1. Konsumsi Buah

Buah penurun panas demam seperti jambu biji, jeruk, pepaya, kiwi, stroberi, mangga dan juga nanas memiliki kandungan vitamin C tinggi yakni antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar infeksi bisa lebih cepat disembuhkan. Pisang sangat baik dikonsumsi untuk mengganti kalium dalam tubuh yang sudah hilang saat berkeringat, muntah dan juga diare jika memang demam diikuti dengan beberapa gejala tersebut. Pastikan untuk mengkonsumsi buah segar dan bukan jus buah kemasan atau buah kaleng karena sudah ditambahkan gula. Asupan gula terlalu berlebihan nantinya hanya bisa menghambat sistem kekebalan tubuh sehingga demam akan semakin sulit disembuhkan.

  1. Pakai Kaos Kaki Basah

Dari University of Maryland Medical Center mengatakan jika memakai kaos kaki basah sangat efektif untuk perawatan anak demam panas dan juga efektif dilakukan pada orang dewasa. Sebelum pergi tidur, rendam kaos kaki katun dalam air dan peras airnya kemudian tempelkan pada telapak kaki seperti kompres. Lanjutkan dengan memakai kaos kaki katun tebal atau kaos kaki wol kering untuk melapisi kaos kaki basah tersebut.

Ketika tidur memakai kaos kaki tersebut, maka tubuh akan melepaskan dan mengalirkan cairan getah bening serta darah yang lebih kencang ke ujung kaki untuk merangsang aktivitas sistem imun guna melawan ancaman suhu dingin dalam area tersebut. Ulangi cara ini selama 5 hingga 6 hari untuk menurunkan gejala demam.

  1. Perbanyak Minum Cairan

Seorang dokter dari Vanderbilt School of Medicine mengatakan jika salah satu obat demam alami paling ampuh adalah memperbanyak asupan cairan termasuk untuk mencegah tanda bayi dehidrasi karena demam. Istirahat dan minum air putih hangat atau minuman olahraga sangat penting dikonsumsi. Sedangkan teh hangat juga masih diperbolehkan yang bisa ditambahkan dengan madu dan irisan jahe serta juga bisa minum jus buah. Selain itu, kuah kaldu sayuran atau sup ayam juga menjadi beberapa jenis cairan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan demam.

  1. Mandi Dengan Air Hangat

Suhu tubuh yang terlalu tinggi melebihi suhu normal tubuh manusia terkadang membuat penderita merasa tidak nyaman dan kepanasan. Jika ini terjadi, maka jangan langsung menyiram tubuh dengan air dingin sebab bisa berbahaya. Seperti kompres dingin, menyiram tubuh dengan air dingin saat demam bisa mempersempit pembuluh darah yang akhirnya menghambat aliran darah ke lokasi peradangan. Selain itu, suhu panas tubuh yang bertemu dengan suhu dingin dari air bisa membuat suhu tubuh turun drastis sehingga membuat tubuh jadi menggigil. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mandi air hangat untuk menurunkan demam secara bertahap dan tentunya aman.

  1. Kompres Air Hangat

Kompres air dingin sudah biasa digunakan sejak dulu untuk mengatasi demam. Namun sebenarnya kompres dingin tidak benar benar bisa menyembuhkan demam sebab tubuh akan mengartikan suhu dingin tersebut sebagai ancaman sehingga akan membuat suhu tubuh semakin meningkat dan memperburuk kondisi demam panas

Sponsors Link

Kompres hangat menjadi kompres penurun panas paling efektif untuk menurunkan demam jika dibandingkan dengan kompres dingin. Melebarnya pembuluh darah ketika menggunakan kompres hangat nantinya bisa meningkatkan produksi keringat serta mempermudah untuk pengeluaran panas tubuh dan suhu akan menurun secara alami.

Sebenarnya beberapa obat alami demam yang sudah kami berikan diatas hanya bisa digunakan untuk meredakan demam namun tidak menyembuhkan. Satu satunya cara paling benar dan efektif adalah dengan mengobati penyakit penyebab demam. Untuk itu, sebaiknya segera konsultasikan tentang demam yang dialami dengan dokter sehingga bisa mendapatkan pengobatan terbaik. Selain itu, konsumsi juga beberapa obat penurun demam sesuai dengan petunjuk dokter. Apabila demam sudah sangat tinggi yakni di atas 38 derajat celcius, maka segera pergi ke rumah sakit secepatnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal