Sponsors Link

15 Obat Herbal Anak Demam Panas Terbukti Ampuh

Sponsors Link

Obat herbal anak demam panas merupakan alternatif bagi anak yang sering mengalami demam. Meskipun obat alami ini mempunyai reaksi lebih lambat daripada obat kimia, namun cenderung lebih aman. Karena obat herbal ini tidak mengandung bahan kimia atau bahan sintetis. Obat ini disarankan bagi anak yang sering sakit karena memang daya tahan tubuhnya belum sempurna dan daya tahan tubuhnya kebetulan kurang. Obat herbal yang cocok anak anak demam panas antara lain di bawah ini.

ads
  1. Kunyit

Kunyit atau kunir merupakan tanaman khas Indonesia untuk bumbu dapur dan pewarna alami. Kerap digunakan untuk berbagai bahan ramuan untuk mengatasi masalah gangguan kesehatan, khususnya gejala demam biasa. Rimpang atau umbinya yang diparut halus dan dicampurkan air hangat, diambil airnya dapat dimimun beberapa kali sehari untuk menurunkan panas. Untuk memberikan rasa manis agar anak suka bisa ditambahkan sedikit gula aren.

  1. Bawang Merah

Bawang merah sejak dahulu dipercaya sebagai penurun panas tanpa dikonsumsi. Cukup iris tipis bawang merah dan balurkan ke seluruh tubuh anak atau tambahkan dengan minyak kelapa untuk memijat. Maka tak lama suhu badan anak yang panas akan turun.

  1. Lempuyang Emprit

Lempuyang emprit mirip dengan kunyit putih, namun rasanya agak pahit. Dengan cara yang sama dengan kunyit dapat digunakan sebagai obat penurun panas badan anak.

  1. Temulawak

Temulawak sepintas mirip kunyit karena warnanya sama. Di dalamnya terkandung xanthornizol, curcuma, dan germacrene sebagai penurun panas, anti inflamasi, dan anti bakteri. Cara penggunaannya juga sama dengan kunyit dan lempuyang emprit.

  1. Sambiloto

Bagian sambiloto yang digunakan untuk penurun panas adalah daunnya. Daun ini dapat direbus hingga air rebusan berkurang setengahnya dan didinginkan hingga siap diminum. Untuk penambah rasa, ketika siap diminum bisa ditambahkan madu.

  1. Bawang Putih

Bawang ini sudah dibudidayakan sejak 3000 tahun yang lalu sebagai obat tradisionalpenurun panas anak dan antibiotik. Bawang putih bisa diiris tipis dan digeprek dan langsung dikonsumsi untuk menghasilkan khasiat optimal. Namun, jika anak kurang suka dengan baunya, tambahkan bawang putih lebih banyak ke dalam makanannya.

  1. Pegagan

Daun pegagan yang berwarna hijau seperti kapas berkhasiat untuk penambah energi, penambah selera makan, menyejukkan, dan memperlancar peredaran darah. Dengan demikian rebusan daun yang dicampurkan air hingga sisa setengahnya sangat baik untuk anak demam.

Sponsors Link

  1. Mandi dengan Air Hangat

Tidak seperti yang dipercaya masyarakat, anak yang demam dianjurkan untuk mandi dengan air hangat. Mandi air hangat akan membuat tubuh mengeluarkan panas dan merangsang pengeluaran keringat. Jika diperlukan, anak dapat berendam selama beberapa menit.

  1. Kelapa Muda

Air kelapa muda sangat menyegarkan diminum saat panas terik. Begitu pula jika suhu badan meningkat. Dan ini cocok untuk segala usia termasuk anak-anak. Kandungan Kaliumnya membantu menggantikan cairan dan mineral yang hilang saat panas dan merangsang pengeluaran keringat sehingga panas turun.

ads

  1. Cocor Bebek

Tak banyak orang mengetahui bahwa cocor bebek berguna untuk kesehatan. Daun cocor bebek memiliki kandungan zat asam lemon, asam apel, asam malat, magnesium malat, vitamin C, dan lain-lain. Oleh karena itu, cocor bebek dapat digunakan untuk menghentikan pendarahan, mempercepat penyembuhan, mengurangi pembengkakan, dan menurunkan demam. Caranya mudah, tinggal menumbuk daun hingga halus dan menggunakannya sebagai nama kompres penurun panas.

  1. Daun Kembang Sepatu

Pohon kembang sepatu banyak kita temui di halaman rumah. Daunnya yang dipanaskan di atas api agar lemas dan diremas-remas. Setelah itu dicampurkan dengan minyak kelapa dan dikompreskan pada perut dan kepala. Cara ini akan menurunkan panas anak karena daun kembang sepatu mengandung flavonida, saponin, polifenol, dan minyak atsiri.

  1. Minum Air Putih

Anak yang demam umumnya tidak mau makan dan minum karena menahan rasa sakitnya. Bantulah anak agar banyak minum air putih. Air putih dapat mencegah dehidrasi dan mengeluarkan banyak keringat sehingga perlahan panas akan turun.

  1. Daun Singkong

Sama dengan daun kembang sepatu dan daun cocor bebek, daun singkong ini dapat digunakan juga sebagai kompres. Sangat cocok untuk demam disertai dengan sakit kepala.

  1. Meniran

Seluruh bagian meniran dapat digunakan untuk mengusir panas demam. meniran segar mengandung lignin, flavonoid, alkaloid, triterpenoid, tannin, vitamin C, dan lain-lain. Tinggal merebus segenggam meniran dengan 4 gelas air hingga tersisa setengahnya dan diambil sarinya. Rebusna kemudian diminumkan pada anak.

  1. Konsumsi Buah

Buah-buahan sebagian besar banyak mengandung vitamin C yang meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan meningkatkan daya tahan tubuh, maka penyakit akan lebih mudah dilawan. Beberapa buah penurun panas anak dan buah penurun panas demam  seperti semangka, melon, dan jeruk memberikan efek dingin pada tubuh dan mengandung banyak cairan yang mencegah dehidrasi.

Beberapa hal lain dapat dilakukan sebagai obat herbal anak demam panas, seperti istirahat, konsumsi makanan bergizi, dan lain-lain. Yang pasti, jika anak demam naik turun kontrol selalu suhu tubuh anak. Segeralah bawa ke dokter jika anak demam disertai kejang demam, demam lebih 5 hari, atau keluar bintik merah setelah demam pada anak. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan