Sponsors Link

16 Obat Herbal Demam Berdarah Pada Anak Paling Ampuh

Sponsors Link

Demam berdarah sampai saat ini masih menjadi penyakit yang mengkhawatirkan karena jika terlambat ditangani akan mengakibatkan kematian. Apalagi jika demam berdarah diderita anak-anak yang belum bisa sempurna menjelaskan rasa sakitnya. Sehingga terkadang gejala demam denggi berdarah tidak cepat terdeteksi. Padahal gejala demam berdarah pada anak dan gejala demam berdarah orang dewasa pada dasarnya hampir sama, yaitu :

ads
  • panas tinggi selama sekitar 2 sampai 7 hari
  • demam gigil
  • nyeri di sendi dan otot
  • tubuh lemas dan tidak nafsu makan
  • setelah beberapa hari pemeriksaan darah menunjukkan kadar trombosit dalam darah semakin menurun drastis
  • ketika demam menurun, timbul ruam atau bintik merah
  • mual dan muntah
  • mimisan setelah demam turun
  • terjadi pendarahan di beberapa bagian tubuh atau organ dalam

Biasanya, ketika kadar trombosit darah sudah menurun drastis maka dokter akan menyarankan rawat inap dan konsumsi pengobatan dari dokter. Namun, ada beberapa orang yang masih tetap menggunakan obat herbal atau obat tradisional saat ini. Atau obat herbal digunakan ketika anak dicurigai memiliki bahaya demam denggi. Obat herbal demam berdarah pada anak, antara lain bisa dilihat di bawah ini.

  1. Daun Patikan Kebo

Daun ini digunakan pada penderita demam berdarah untuk mengurangi gejala seperti demam tinggi, flu dan batuk , serta sakit tenggorokan. Cara penggunaan daun patikan kebo juga sangat mudah. Hanya tinggal merebus 30 gram daunnya dan merebus dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Minumlah rebusan daun patikan kebo ini dua kali sehari sampai benar-benar sembuh.

  1. Meniran

Meniran yang mempunyai nama ilmiah Phyllanthus niruri sebenarnya memiliki banyak khasiat. Namun, sebagai obat herbal demam berdarah, meniran berfungsi sebagai anti virus. Kandungan flavonoid, tannin, triterpenoid, dan asam fenoleatnya dapat mengatasi gejala gastrointestinal, seperti mual, muntah, dan tidak nafsu makan. Sepuluh gram daun meniran dicampur dengan 10 gram pegagan dan direbus dengan 5 gelas air mendidih sampai tersisa setengahnya. Setelah itu, barulah minuman ini siap dikonsumsi 3 kali sehari sebanyak satu gelas.

  1. Angkak

Angkak sebenarnya merupakan hasil inokulasi beras. Berasal dari Cina. Salah satu obat tradisional yang paling banyak digunakan untuk penderita demam berdarah terutama untuk anak-anak. Angkak ini dianggap dapat mempercepat peningkatan kadar trombosit dalam darah. Cara konsumsi angkak tidak seperti umumnya obat herbal lain. Karena angkak adalah beras merah, maka dapat dikonsumsi bersama dengan sup ayam atau sup lainnya. Dengan cara konsumsi ini juga menyebabkan tambahan nilai gizi penderita.

Sponsors Link

  1. Jambu Biji

Jambu biji, baik buahnya maupun buahnya sangat bermanfaat bagi demam berdarah pada anak dan dewasa. Rebusan daun jambu biji atau ekstrak keringnya dapat mempersempit pembuluh darah yang melebar sehingga meningkatkan kadar trombosit dengan cepat sekaligus mengatasi pendarahan dan demam cirit birit. Buah jambu biji, terutama jambu biji merah juga diyakini dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah. Buahnya dapat dikonsumsi dalam bentuk jus atau sari buah, sehingga juga mengatasi dehidrasi.

  1. Daun Mahkota Dewa

Tanaman mahkota dewa yang awalnya hanya banyak di Pulau Papua, memiliki banyak manfaat sehingga sekarang banyak ditanam di rumah-rumah. Salah satu manfaatnya adalah sebagai obat herbal demam berdarah anak. Penderita dapat meminum rebusan 30 gram pada 5 gelas air hingga mendidih dan tinggal setengahnya selama beberapa kali sehari hingga kadar trombosit darah kembali naik dan normal.

Sponsors Link

  1. Sari Kurma

Sari kurma bagi penderita demam berdarah bermanfaat karena kandungan gizinya dan energi yang dihasilkan. Penderita demam berdarah anak yang meminum sari kurma satu sendok teh tiga kali sehari dapat lebih cepat pemulihannya.

Obat Herbal Demam Berdarah Pada Anak yang lainnya yaitu :

  1. Daun Kemangi
  2. Jus Buah Jeruk
  3. Daun Meniran dan Pegagan
  4. Air Kelapa
  5. Daun Nimba
  6. Goldenseal
  7. Dauh Buah Pepaya
  8. Fenugreek
  9. Daun Ketumbar
  10. Jus Delima

Masih banyak lagi obat herbal demam berdarah anak yang digunakan olah masyarakat. Di antaranya yaitu : daun kemangi, jus jeruk, air kelapa, daun nima, dan sebagainya. Enam obat tradisional di atas adalah yang paling banyak digunakan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan