Sponsors Link

10 Obat Herbal Demam dan Sakit Kepala Paling Ampuh

Sponsors Link

Seringkali saat kita mengalami demam dan sakit kepala, hal ini pastilah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan menyiksa. Walaupun demam dan sakit kepala merupakan penyakit yang sering dialami sama hal dengan sakit sariawan, sakit gigi, flu atau jerawat, namun jika dibiarkan maka dapat berakibat lebih buruk. Demam dan sakit kepala dapat menjadi gejala penyakit yang lebih serius, seperti demam kuning, demam berdarah, demam tulang, demam tifus, dan jenis demam lain. Seringkali kita menyebut penyakit-penyakit itu sebagai penyakit rakyat, namun tetap harus segera diobati agar tidak bertambah parah.

ads

Pengobatan penyakit demam dan sakit kepala pada umumnya dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia yang dapat dibeli di apotek dan toko obat secara bebas. Namun sebenarnya ada obat-obatan tradisional atau herbal yang memiliki manfaat yang sama dengan obat-obatan kimia. Obat herbal ini jauh lebih murah, mudah ditemukan dan tentunya minim resiko dan efek samping jika digunakan secara tepat. Berikut ini beberapa obat herbal yang dapat digunakan untuk mengobati demam dan sakit kepala :

  1. Bunga Matahari

Kebanyakan dari kita mengenal bunga matahari sebagai tanaman hias yang banyak tumbuh di halaman rumah karena penampilannya yang cantik. Namun dibalik penampilannya yang cantik, bunga matahari juga memiliki manfaat dalam menyembuhkan sakit kepala. Caranya dengan meminum air rebusan bunga matahari dicampur dengan telur ayam, sebanyak 2 kali sehari sehabis makan.

  1. Bunga Melati

Bunga yang harum dan termasuk jenis tanaman hias ini juga bermanfaat dalam mengobati demam dan sakit kepala dengan cara mengkompres air rendaman bunga melati di dahi.

  1. Teh

Ternyata ramuan yang berisi seduhan air teh dan diberi satu sendok air jeruk nipis juga satu sendok madu dapat menghilangkan sakit kepala yang kita alami dan membuat badan tetap segar.

  1. Teh Daun Alpukat

Walau terasa asing di telinga kita, namun teh daun alpukat ini dapat digunakan untuk menghilangkan sakit kepala, rasa nyeri syaraf, nyeri lambung, bengkak pada saluran napas juga haid yang tidak teratur.  Ini sangat cocok untuk penderita demam sakit kepala karena demam saat menstruasi dan demam nifas.

  1. Daun Kencur

Obat herbal yang satu ini lebih dikenal sebagai bumbu dapur, namun dibalik kegunaannya sebagai bumbu dapur juga bermanfaat dalam mengobati demam dan sakit kepala. Dengan cara menumbuknya hingga halus dan menempelkannya pada dahi.

  1. Daun Singkong

Daun yang banyak digunakan sebagai sayuran ini, juga dapat digunakan sebagai obat sakit kepala. Caranya dengan menumbuk hingga halus dan gunakan sebagai kompres di dahi.

  1. Bawang Putih

Obat herbal yang satu ini lebih sering digunakan sebagai bumbu dapur. Namun nyatanya bawang putih dapat juga mengobati demamdisertai sakit kepala dengan cara menumbuknya hingga halus dan ditempelkan di dahi.

Sponsors Link

  1. Pule Pandak

Obat herbal ini banyak digunakan untuk mengobati sakit kepala, kurang nafsu makan, demam, pusing, susah tidur, memar, digigit ular berbisa, sakit perut dan radang kandung empedu. Untuk mengobati demam dan sakit kepala, minumlah air rebusan akar pule pandak yang telah dingin setiap pagi hari dan sore.

  1. Bangle

Parutan rimpang bangle yang dibuat seperti adonan bubur dan ditempelkan di dahi, ternyata efektif dalam meringkan sakit kepala akibat demam.

  1. Temulawak

Obat herbal ini dari dulu terkenal efektif dalam mengatasi sakit kepala dan masuk angin. Yaitu dengan cara air rebusan rimpang temulawak sebanyak 3 kali sehari.

Itulah beberapa obat herbal demam dan sakit kepala. Sangat mudah dalam pengolahan juga banyak tumbuh di sekitar kita. Pengobatan harus diikuti dengan istirahat cukup, banyak minum air putih, dan konsumsi makanan bergizi, termasuk di dalamnya menghindari makanan penyebab demam tinggi dan makanan yang tidak boleh dimakan saat demam.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan