Sponsors Link

15 Obat Herbal Demam Meriang dan Panas Dingin Terampuh

Sponsors Link

Demam meriang adalah kondisi tubuh mengalami kenaikan suhu, namun terkadang merasa dingin. Demam ini sering disebut juga panas dingin atau badan demam tapi kedinginan. Dapat disebut sebagai gejala penyakit, namun dapat disebut juga sebagai penyakit itu sendiri. Demam meriang sebagai suatu penyakit, paling umum terjadi karena kelelahan, faktor pergantian cuaca, dan penurunan daya tahan tubuh yang mengakibatkan bakteri yang sudah ada dalam tubuh berkembang.

ads

Sedangkan demam meriang atau panas dingin atau demam gigil sebagai suatu gejala penyakit, mungkin merupakan gejala demam malaria, demam selesma, demam berdarah, dan demam batuk pilek.
Demam meriang, apapun penyebabnya harus diatasi segera agar tidak berkembang menjadi penyakit yang lebih serius. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan obat herbal demam meriang di bawah ini.

  1. Kunyit Putih

Tidak seperti kunyit biasa yang rimpangnya berwarna kuning, kunyit ini memang cenderung agak sulit ditemui. Namun, khasiatnya tidak kalah banyak. Kunyit putih yang dibersihkan dan diparut dapat diambil sarinya dengan cara merebusnya kemudian mencampur dengan sedikit madu. Dengan minuman ini, demam meriang biasanya segera teratasi. Kunyit putih juga diketahui mengandung zat anti oksidan.

  1. Konsumsi Makanan Mengandung Zinc

Makanan mengandung zinc, berdasarkan penelitian dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh yang kelelahan juga akan merasa lebih segar dengan konsumsi ini. Dengan demikian, penderita demam gigil dapat lebih banyak mengkonsumsinya. Contoh makanan yang mengandung zinc atau makanan penurun demam orang dewasa  di antaranya yaitu :

  • sayur bayam
  • jamur
  • kepiting
  • udang
  • dan lain-lain
  1. Daun Pepaya

Daun papaya memang belum banyak dipakai sebagai pengobatan meriang. Akan lebih berkhasiat jika diolah bersama kencur. Mencampurkannya cukup mudah, hanya degan mencampurkan beberapa helai daun papaya, segenggam kencur. Keduanya diiris halus dan direbus dengan 4 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah itu, diberi beberapa tetes jeruk nipis agar rasa dan aromanya menjadi enak dan siap diminum.

  1. Pegagan

Pegagan atau dalam dunia biologi disebut Centella asiatica merupakan tanaman Asia yang daunnya tumbuh menutupi tanah. Daun pegagan mengandung triterpenoid, saponin, hidrocotyline, dan vellarine yang dapat menurunkan panas tubuh, memperlancar peredaran darah, memperbaiki dan memperkuat jaringan tubuh, menambah tenaga, meyejukkan, dan menambah nafsu makan. Khasiat yang banyak, membuatnya sangat cocok untuk dijadikan obat demam meriang. Banyak orang sudah membuktikan obat tradsisional ini. Cara penggunannya mudah, seperti daun papaya.

Sponsors Link

  1. Kuning Telur

Telur mengandung berbagai zat gizi sangat cocok untuk penderita demam meriang dewasa. Dengan konsumsi kuning telur akan menambah energi penderita demam. Akan lebih enak jika diolah bersama madu dan kunyit. Ambillah kuning telur dan kocok hingga rata setelah ditambahkan beberapa tetes sari kunyit. Terakhir baru ditambahkan manfaat madu untuk panas dalam. Maka, obat herbal demam meriang siap diminum.

  1. Meniran

Meniran atau Phyllanthus niruri adalah tanaman yang seluruh bagiannya dapat dijadikan obat demam alami. Tanaman ini mengandung lignin, flavonoid, alkaloid, tannin, triterpenoid, vitamn C, dan sebagainya. Dengan merebus 1 genggan meniran seperti cara biasa hingga tersisa ekstraknya, maka demam dingin segera teratasi.

ads

  1. Bawang Merah

Bagi penderita yang tidak menyukai minum obat karena rasanya, maka manfaat bawang merahuntuk demam anak  dapat dijadikan alternatif. Irisan bawang merah yang kemudian dicampur dengan minyak kelapa, atau minyak atsiri, atau minyak lain dapat dibalurkan ke seluruh tubuh. Ini juga berkhasiat mengatasi demam meriang.

  1. Kunyit Kuning

Kunyit kuning terkenal sangat banyak khasiatnya dan mudah ditanam. Untuk demam, kunyit dapat meredakan panas dan melancarkan peredaran darah. Umumnya bisa diminum bersama dengan kuning telur atau dengan bahan lain seperti temulawak.

  1. Madu

Manfaat madu utnuk demam sejak dulu terkenal sebagai obat demam meriang dan penghasil energi. Bila demam menyerang, minum satu sendok teh madu dengan teratur akan meredakannya. Dapat juga dicampur dengan bahan herbal lain sebagai pemanis atau penambah rasa.

  1. Kencur

Kencur biasanya ditambahkan dengan beras dapat mengatasi rasa sakit akibat benturan. Artinya bahan ini dapat menjadi pereda nyeri. Ditambahkan dengan daun papaya, maka akan menjadi obat herbal demam panas dingin yang disertai sakit kepala.

  1. Jahe

Minum jahe akan memberikan efek menghangatkan tubuh karena kandungan di dalamnya memperlancar peredaran darah. Minuman atau wedang jahe sangat cocok dijadikan obat herbal demam meriang. Cara membuatnya mudah dan dapat diminum bersamaan dengan kencur sebagai pereda nyeri.

  1. Lempuyang Emprit

Lempuyang emprit juga merupakan tanaman yang diambil rimpangnya untuk obat herbal demam meriang. Warnanya putih seperti kunyit putih dan rasanya pahit. Untuk menghilangkan rasa, dibuat minuman dengan ditambahkan madu.

  1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dapat melegakan tenggorokan pada demam selesma dan demam batuk pilek pada anak. Umumnya, jika gejala sakit tenggorokan hilang, demam akan reda. Jeruk nipis bisa dicampurkan pada minuman daun pepaya atau dikonsumsi langsung dengan ditambahkan kecap pada perasannya untuk menghilangkan rasa masam.

Sponsors Link

  1. Air Garam

Air garam merupakan obat herbal yang digunakan untuk berkumur. Zat ini mempunyai kandungan anti bakteri dan anti virus serta pereda nyeri. Dengan berkumur air garam secara teratur, maka akan menurunkan panas demam sekaligus melegakan batuk pilek dan sakit tenggorokan.

  1. Temulawak

memang Indonesia kaya akan tanaman herbal. Temulawak salah satunya. Sebagai salah satu tanaman yang biasa dipakai sebagai bumbu dapur, juga dapat digunakan untuk pengobatan meriang. Caranya sama dengan kunyit dan sejenisnya. Minuman temulawak dapat dikonsumsi bersama bahan lain atau madu.

Selain obat herbal demam meriang, penderita harus istirahat cukup, banyak minum air putih, dan konsumsi makanan bergizi, makanan penurun panas demam dan menghindari makanan yang tidak boleh dimakan saat demam. Kombinasi dari semuanya dapat membuat pemulihan lebih cepat.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan